in ,

Hindari Lakukan 5 Hal Ini di Jepang, Jika Tak Ingin Dicuekin

Tips Traveling di Jepang

Jepang memang negara yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dari budaya yang masih kental dan dipertahankan, hingga gaya fashion yang unik. Namun karena budaya yang masih terjaga tersebut, masyarakat Jepang memiliki etika tersendiri dalam berinteraksi. Kalau kamu akan menghabiskan waktu libur akhir tahunmu ke Jepang, hindari hal-hal di bawah ini ya.

Baca juga : Mengenal Giethoorn, Desa Tanpa Jalan di Belanda

Perhatikan Posisi Sumpit Ketika Makan

Taruh di samping wadah [image source]
Jika kamu lihai menggunakan sumpit, hal itu pasti akan membuat orang Jepang terpukau. Tapi jangan sampai kamu menempelkan sumpit dengan posisi vertikal ke dalam semangkuk nasi, karena hal ini membuat acara makanmu menjadi seperti ritual pemakaman. Jika kamu ingin menaruhnya, lebih baik letakkan pada sisi mangkuk.

Posisi meletakkan sumpit yang benar [image source]

Lepas Alas Kaki Saat Masuk Rumah

Lepas alas kaki ketika masuk ke dalam rumah [image source]
Orang Jepang memiliki kebiasaan yang hampir sama dengan masyarakat Indonesia, yaitu melepas alas kaki ketika masuk ke dalam rumah. Jadi jika datang ke rumah, restoran, maupun kuil dan menemukan sepatu-sepatu yang berjajar di depan itu menandakan kamu harus melepas alas kakimu dan menggantinya dengan alas kaki indoor.

Ganti dengan alas kaki untuk di dalam rumah [image source]

Jangan Makan Sambil Jalan

Kedai makanan yang banyak tersedia [image source]
Walaupun banyak kedai makanan cepat saji  dan mesin minuman yang tersedia di banyak lokasi, orang Jepang umumnya tak melakukan makan dan minum sambil berjalan. Biasanya mereka langsung mengonsumsi di dekat kedai atau mesin minuman, baru kemudian melanjutkan perjalanan. Begitu pun dengan makan atau minum di alat transportasi umum. Kecuali untuk jarak jauh.

Vending machine yang banyak tersebar [image source]

Perlihatkan Gestur yang Menghormati

Gestur saat memberikan atau menerima barang [image source]
Di Jepang, gestur termasuk salah satu hal yang harus di perhatikan. Kamu harus menggunakan kedua tangan saat memberi atau menerima barang, termasuk benda kecil seperti kartu nama. Dengan melakukan hal ini, gerakanmu memberikan pesan bahwa kamu sedang menghormati lawan bicara. Juga hindari menunjuk wajah orang lain.

Biasakan lakukan dengan dua tangan [image source]

Jangan Pernah Memberikan Tip

Karena tips bisa dianggap sebagai penghinaan [image source]
Jepang tidak memiliki budaya tip. Lebih ekstrem lagi, memberikan uang lebih kepada seseorang bisa dianggap sebagai penghinaan. Hal-hal seperti pembayaran restoran hingga taksi, akan benar-benar menolak pemberian tip. Maka itu hindari kebiasaan ini di Jepang, bisa-bisa kamu dianggap merendahkan kedudukan seseorang.

Jangan pernah memberi tips [image source]
Hindari hal-hal yang telah disebutkan  di atas ya, agar liburanmu di Negeri Sakura tetap berjalan lancar. Sudah memiliki rencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun? Next

ramadan

Bakso Unik dari Bentuk Tumpeng Hingga Kuburan, Bikin Ngiler!

Kafe Hits di Mojokerto, Sah Jadi Tempat Nongkrong dan Kongkow