in

Daftar Tempat Wisata di Jalur Pantura, Traveler Bisa Mudik Sambil Berwisata

Masjid Agung Semarang [image source]

Travelingyuk mengumpulkan setidaknya ada 8 kota yang punya tempat wisata menarik untuk disinggahi saat melewati Jalur Pantura. Mulai dari Cirebon hingga Surabaya, inilah tempat wisata di sepanjang Pantura yang bisa dijadikan tempat beristirahat selama mudik lebaran.

Baca juga : Cepat Capek Saat Jalan Kaki Ketika Liburan? Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit ini

1. Batang Dolphin Center, Batang

Batang Dolpin Center [image source]

Batang Dolphin Center adalah pusat pelestarian lumba-lumba sekaligus menjadi destinasi wisata. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu rupiah, pengunjung akan dihibur dengan berbagai atraksi lumba-lumba yang imut. Berkunjung ke tempat seperti ini terkadang menjadi cara jitu untuk membuat anak-anak tidak jenuh dan rewel. Lokasi Batang Dolphin Center ini berada di dekat alun-alun Batang.

Lokasi : Klidang Lor, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

2. Pantai Widuri, Pemalang

Panti Widuri [image source]

Pantai Widuri memiliki fasilitas permainan berupa waterslide atau perosotan air setinggi 13 meter lengkap dengan waterboom dan kolam renang di dalamnya. Tiket masuknya pun tergolong murah meriah yang tidak sampai ratusan ribu. Kalau mudik saat puasa khawatir batal jika bermain air maka kamu bisa bersantai di pinggir pantainya dengan menyaksikan deburan ombak dan menikmati semilir angin sambil istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Lokasi : Jl. Laksada Yos Sudarso, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengh

3. Wisata Bahari Lamongan, Lamongan

WBL [image source]

Di Jalur Pantura Surabaya-Tuban terdapat Wisata Bahari Lamongan yang punya banyak wahana seru. Pengunjung di WBL ini bisa memilih untuk berkunjung ke zona seperti Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

Lokasi : Jl. Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

4. Wisata Batik, Pekalongan

Ilustrasi Batik [image source]

Sebenarnya tidak sulit untuk mencari oleh-oleh di Kota Batik. Hampir di setiap sudut kota banyak ditemukan toko kain batik. Dari sekian banyak kawasan ada beberapa tempat yang paling direkomendasikan untuk berbelanja yaitu di Kampung Batik seperti Pesindon, Kauman, Binagriya, Buaran dan Degayu. Di kampung-kampung batik tersebut traveler bukan hanya bisa membeli kain saja namun juga belajar dan melihat bagaimana proses pembuatan kain batik itu sendiri.

Lokasi : Pesindon, Pekalongan, Jawa Tengah

5. Pantai Alam Indah, Tegal

Pantai Alam Indah [image source]

Pantai Alam Indah memang memiliki alam yang keren walaupun warna pasirnya tidak putih. Pantai ini punya pemandangan yang fotogenik apalagi saat senja hari, cobalah untuk berjalan di dermaga kayunya hingga ke tengah dan ambil gambar dari posisi tersebut. Dijamin kamu bakal mendapatkan gambar yang ciamik.

Lokasi : Jl. Bali, Martoloyo, Mintaragen, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah

6. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid Agung Semarang [image source]

Mudik lewat Pantura pasti melewati Semarang. Keuntungan yang didapat dari sana adalah traveler bisa singgah di beberapa tempat menarik yang ada di kota Loenpia ini. Yang pertama datang ke Masjid Agung Jawa Tengah yang punya arsitektur khas Timur Tengah lengkap dengan payung besar seperti di Masjid Nabawi.

7. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Batik Trusmi [image source]

Saat musim mudik lebaran seperti sekarang, banyak sekali yang berkunjung ke destinasi wisata Cirebon satu ini yaitu Kampung Batik Trusmi, khususnya mereka yang hendak mudik ke kampung halaman. Kebanyakan corak batik yang ditampilkan adalah corak pesisir dengan kisaran harga antara 25 ribu hingga Rp. 300 ribu rupiah. Harga yang terjangkau tentu pas untuk dijadikan oleh-oleh keluarga besar di kampung.

Lokasi : Jl. Trusmi Kulon No.148, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat

Lokasi : : Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah

Itulah sekelumit tempat wisata yang bisa disinggahi pemudik yang melintasi jalur Pantura. Jika kamu punya rekomendasi lain bisa menuliskannya di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

10 Makanan Dari Berbagai Negara yang Wajib Dicicipi Ramadan Ini!

Instalasi Seni Berupa Dermaga Apung yang Sangat Keren di Italia