in ,

5 Destinasi Dark Tourism di Jepang, Kisah Kelamnya Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Bikin merinding!

Jepang tidak hanya terkenal dengan kimono, sumo, sushi, ataupun robot-robot keren. Negeri Sakura ini juga memiliki sederet potensi dark tourism yang kental dan membuat bulu kuduk merinding. Penasaran? Yuk simak 5 destinasi dark tourism di Jepang berikut ini!

Baca juga : Wisata Hemat, Murah dan Menyegarkan Pikiran di Telaga Biru Cicerem Kuningan

1. Aokigahara Forest

Image may contain: tree, plant, outdoor and nature, destinasi dark tourism di Jepang
Aokigahara Forest via Instagram/jackkiea

Hutan ini terletak di sebelah barat laut Gunung Fuji. Berusia sekitar 1200 tahun, kawasan ini dikenal sebagai tempat populer untuk melakukan bunuh diri. Tercatat sejak tahun 1988, terdapat 100 kasus bunuh diri tiap tahunnya. Itu sebabnya tempat ini terkenal angker. Saat ini pemerintah setempat memasang banyak plakat dan tulisan persuasi agar orang-orang yang datang ke sini mengurungkan niat untuk bunuh diri.

2. Hashima Island

Image may contain: plant, sky, cloud, tree and outdoor, destinasi dark tourism di Jepang
Hashima Island via Instagram/jordymeow

Berdiri sejak 1890-an, pulau ini awalnya dijadikan tempat penambangan batu bara. Seiring berjalannya waktu, aneka gedung bangunan dan fasilitas umum dibangun untuk menunjang kehidupan keluarga penambang. Sayang, dengan munculnya minyak bumi dan makin berkurangnya stok batu bara, pulau ini perlahan ditinggal penduduknya hingga kosong. Sekarang hanya tersisa puing dan reruntuhan bangunan.

3. Atomic Bomb Dome, Hiroshima

Image may contain: sky, cloud and outdoor, destinasi dark tourism di Jepang
Atomic Bomb Dome via Instagram/tsumizo

Ketika bom atom Amerika dijatuhkan di Hiroshima 6 Agustus 1945, semua gedung hancur dan rata dengan tanah. Uniknya, satu-satunya gedung yang tersisa hanyalah bangunan ini. Padahal gedung ini berjarak hanya beberapa meter dari titik jatuhnya bom atom. Saat ini, di sekitar gedung didirikan Hiroshima Peace Memorial Park sebagai penanda memori kelam yang menewaskan puluhan ribu jiwa di masa itu.

4. Okunoin Cemetery

Image may contain: tree, plant, sky, outdoor and nature
Okunoin Cemetery via Instagram/ihrebestatterin

Destinasi ini sebenarnya tidak semenakutkan yang dikira. Malah, kawasan ini merupakan sebuah makam Kobo Daishi atau juga dikenal dengan sebutan Kukai. Ia adalah pendiri Shingon Buddhism dan salah satu orang yang paling dihormati dalam sejarah agama Jepang.

Maka, pemakaman Okunoin bisa dikatakan adalah spot sakral di Negeri Sakura. Namun karena suasananya yang dipenuhi pohon-pohon tinggi seperti memunculkan aura menyeramkan.

5. Old Chusetsu Tunnel, Fukuoka

Siapa yang berani memasuki lorong paling menyeramkan di Jepang ini? Berlokasi di Fukuoka, terowongan ini konon jadi tempat kasus pembunuhan terbanyak di Jepang. Pantas saja, banyak orang yang masuk ke sini merasakan hawa negatif dan sangat menyeramkan. Itu sebabnya sekarang terowongan ini tertutup untuk umum.

Itulah tadi sederet destinasi dark tourism di Jepang. Tertarik untuk menguji nyali di tempat-tempat tersebut? Next

ramadan

Pulau Tegal Mas Lampung, Secantik ‘Maladewa’ dengan Kearifan Nusantara

Pantai Lariti, Laut Terbelah di Timur Laut Kota Bima