in , ,

Pulau Tegal Mas Lampung, Secantik ‘Maladewa’ dengan Kearifan Nusantara

Pulau Tegal Mas adalah kawasan pantai baru yang terus meroket pengunjungnya. Hal ini dikarenakan keeksotisan yang dilengkapi dengan puluhan cottage untuk penginapan para pengunjung layaknya resort. Pantai ini sangat cocok untuk segala situasi, seperti berlibur semester anak kuliah maupun sekolah, bersantai ria dengan keluarga, atau bahkan berbulan madu untuk yang baru menikah. Simak ulasannya berikut!

Baca juga : Liburan Sambil Bernostalgia di Pantai Indah Popoh Tulungagung

Lokasi yang Strategis

img_20190810_wa0014_CrW.jpg
Suasana dari pesisir (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Destinasi baru ini berlokasi di seberang Pantai Sariringgung, tepatnya di Jl. Teluk Lampung, Pidada, Kecamatan Panjang atau sekitar 35-50 menit dari pusat kota. Setelah pengunjung memarkirkan kendaraannya di Pantai Sariringgung, kemudian menyeberang ke Pulau Tegal Mas selama 5-7 menit, sampailah di lokasi wisata Pulau Tegal Mas.

Sebenarnya ada jalur lain untuk menuju pulau ini, bisa menyeberang ke Pulau Tegal Mas dari Hutan Bakau Desa Gebang dekat Pantai Dewi Mandapa. Tergantung Teman Traveler lebih suka dengan jalur yang mana.

Fasilitas yang Disediakan

img_20190810_wa0006_kDQ.jpg
Pesona istimewa pantai (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Karena tempat ini memang diperuntukkan bagi orang yang ingin berwisata
lebih dari sehari/ menginap, maka tempat ini pun memiliki banyak fasilitas. Di antaranya adalah kafe dan restoran, gazebo di tepi pantai, musala, hingga penyewaan alat snorkeling ataupun diving. Di sini juga tersedia aneka sarana hiburan, seperti banana boat, sky boat, hingga sepeda pancal.

Budget yang Terjangkau

Walaupun memiliki konsep yang sama dengan Maldives, namun sobat tenang saja, karena budget yang dikeluarkan cukup ramah untuk kantong kalian. Karena Penulis berada cukup dekat dengan lokasi, maka waktu itu Penulis lebih memilih untuk seharian saja disana tanpa harus menginap. Tiket masuk pulau sebesar Rp40.000 per orang, penyewaan perahu pulang-pergi ke Pulau Tegal Mas sekitar Rp300.000 per orang.

Tips Sebelum Masuk Pulau

img_20190810_wa0008_kyw.jpg
Cantik ya! (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk
  • Jasa Paket wisata

Sebenarnya sudah banyak jasa pelayanan wisata untuk umum ke Pulau Tegal Mas, harganya pun bervariasi, mulai dari Rp150.000-300.000 per hari. Waktu itu, saya mendapat rekomendasi dari teman yang sering berwisata kesana untuk menggunakan jasa lokal agar tidak pusing-pusing lagi untuk negoisasi dengan birokrasi ribet di sana.

Semuanya sudah termasuk snorkeling set, photo underwater, CD Dokumentasi, serta stiker khas destinasi favorit. Tapi, berhubung saat itu rombongan kami hanya 8 orang, memakai sepeda motor, sedangkan paket itu minimal untuk 15 orang, alhasil kami lebih memilih melakukannya sendiri.

  • Backpackeran
pantai_tegal_mas_2_gc6.jpg
Gerbang Kampoeng Lombok Mas (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler berniat berwisata ke sini tanpa memakai kendaraan pribadi, lebih baik sobat mengambil jasa tur seperti di atas, karena sepengalaman teman saya, kalau memakai bis/angkutan umum, kalian hanya akan diantarkan sampai gerbang masuk Pantai Sariringgung.

Padahal, jarak dari gerbang masuk ke titik penyeberangan menuju Pulau Tegal mas sejauh hampir 2 kilometer. Jauh bukan? Sedangkan kalau pakai jasa tur, biasanya kalian hanya perlu bertemu di Terminal Induk Rajabasa, atau bahkan ada yang dijemput di tempat menginap, jika berada di sekitar Kota Bandar Lampung.


Harga masuk

pantai_tegal_mas_Znt.jpg
Sudut pantai (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Harga masuk mulai dari transit Pantai Sariringgung, penyewaan boat penyeberangan sampai penyewaan alat diving selalu berubah-ubah tergantung seberapa pintar Teman Traveler bernegosisasi dengan pihaknya. Misal untuk penitipan kendaraan sepeda motor ada yang dikenakan Rp10.000, Rp30.000, bahkan Rp50.000.

Berlaku juga untuk penyewaan kapal dan sebagainya di sana. Kalau kalian negoisator ulung, mungkin bisa lebih murah dari harga miring. Bagaimana? Sudah matang persiapan liburannya? Yuk segera siapkan dirimu! Next

ramadan

Marina Boom Beach Banyuwangi, Pantai di Timur Jawa Yang Instagramable

5 Destinasi Dark Tourism di Jepang, Kisah Kelamnya Bikin Bulu Kuduk Berdiri