in ,

Unik! Masuk ke Dragon Tiger Pagodas Taiwan, Harus Lewat Mulut Naga, Berani?

Pusat Kebudayaan Budha dan Konfusius Ini Punya Banyak Pagoda, Salah Satunya Berpintu Masuk Unik

Pagoda Unik di Kaohsiung, Taiwan
Pagoda Unik di Kaohsiung, Taiwan

Taiwan memang punya pagoda yang tersebar ke penjurunya. Ada satu yang cukup unik, yaitu bernama Dragon Tiger Pagodas. Untuk memasukinya, Teman Traveler harus melalui mulut naga. Sedang keluarnya, akan melewati mulut harimau. Penaran seperti apa?

Baca juga : 7 Hari Jelajah Jepang, Menyusuri Indahnya Negeri Sakura

Berlokasi di Lotus Pond

Berlokasi di Tengah Lotus Lake via Instagram @globejetting
Berlokasi di Tengah Lotus Pond via Instagram @globejetting

Dragon Tiger Pagodas ini berada di tengah-tengah Lotus Pond, Distrik Zuoying Kaohsiung, Taiwan. Danau buatan manusia ini dibuka pada tahun 1951, semenjak saat itu menjadi destinasi wisata populer. Sebab terdapat banyak atraksi menarik lain seperti the Spring and Autumn Pavilions, the Confucius Temple, dan kuil lainnya.

Masuk Melalui Mulut Naga, Keluar dari Mulut Harimau

Masuk Mulut Harimau via Shutterstock
Masuk Mulut Harimau via Shutterstock

Pagoda yang punya pintu masuk dan keluar unik ini masih satu area dengan Cihji Palace yang letaknya tepat di seberangnya. Istana ini merupakan rumah bagi orang-orang suci pelindung daerah tersebut, yaitu Baosheng Dadi bersama dengan para dewa lainnya.

Pada tahun 1974, Baosheng Dadi memerintahkan pengikutnya untuk membangun Dragon Tiger Pagodas. Dua pagoda tujuh tingkat tersebut rampung tahun 1976.

Filosofi Dibalik Pintu Naga dan Harimau

Atraksi Menarik di Sekitarnya via Shutterstock
Cihji Palace via Shutterstock

Dalam budaya Tionghoa, naga menyimbolkan kekuasaan dan kekuatan, dapat mengontrol unsur air termasuk hujan dan banjir. Pada tradisi Tionghoa kuno, para kaisar. menggunakan naga sebagai simbol. Dapat dilihat di jubahnya, dijuluki ‘jubah naga’.

Orang-orang Tiongkok percaya bahwa orang yang lahir di tahun naga lebih pintar dan diberkati daripada lainnya. Harimau menggambarkan kecakapan, kebajikan, dan keselarasan. Orang-orang Tiongkok percaya bahwa harimau merupakan raja hutan.

Dragon Tider Pagoda via Shutterstock
Dragon Tiger Pagodas via Shutterstock

Pengunjung diharuskan masuk melalui mulut naga, kemudian keluar dari mulut harimau. Dipercaya dapat menyingkirkan nasib buruk dan meningkatkan keberuntungan. Konon, apabila salah jalur malah akan membawa kesialan bagi diri sendiri.

Berkunjung ke Dragon Tiger Pagodas

Pei Chi Pavilion via Instagram @deedottres

Di dalam tubuh naga dan harimau terdapat lukisan yang menggambarkan beragam karakter serta cerita Budha dan Taois. Ada juga kisah-kisa kuno mengenai surga dan neraka. Kalau ingin berkunjung menyaksikan keindahan serta keunikannya langsung saja berangkat dengan kendaraan umum. Salah satunya bus umum dari stasiun Zuoying menuju Lotus Pond.

Teman Traveler yang menjelajah kawasan ini, langsung bisa singgah ke beberapa pagoda dan kuil sekaligus. Bisa juga mengetahui kultur Budha dan Taois. Kapan rencana liburan ke sini? Next

ramadan

Best Beachfront Resorts in Bali under USD50

Keindahan Kawasan Pantai Bingin

Pantai Bingin, Kepingan Surga Tersembunyi di Pelukan Tebing Pecatu