in ,

Ingin Tahu Tempat yang Tidak Pernah Terkena Hujan Sama Sekali? Ternyata di Sini Lho

Cuaca bisa jadi sangat ekstrem dan tak bisa ditebak. Ada kalanya hujan datang seperti tak mau berhenti, kadang juga panas matahari menyengat hingga beberapa hari dan membuat rasa haus tak tertahankan. Ini membuat sebuah pertanyaan muncul, ada tidak ya tempat yang hanya disinari matahari saja dan tidak pernah terkena hujan sama sekali?

Baca juga : Deretan Bukit Warna Warni di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Ternyata ada loh, namun bukan di Indonesia melainkan di Amerika Selatan. Tempat ini adalah sebuah gurun. Ingin tahu seperti apa tempatnya dan apa ya yang membuat gurun ini tak pernah memiliki hujan?

Foto via Travel Talk Tours

Gurun Atacama adalah salah satu dari beberapa gurun terluas di dunia, yang terletak di Cile, Amerika Selatan. Gurun ini dikenal karena kekeringan yang ekstrem, kondisi iklim yang luar biasa, dan tidak ada hujan yang terjadi di sana selama ratusan tahun. Oleh karena itu, Gurun Atacama telah dianggap sebagai tempat yang paling tidak terkena hujan di dunia.

Gurun Atacama terletak di ujung utara Cile, dimulai di Tepat dan berakhir di Peru di sebelah utara. Panjang Gurun Atacama sekitar 600 mil dan lebarnya sekitar 60 mil. Gurun ini memiliki berbagai kondisi geografi yang unik dan menarik, mulai dari dataran rendah yang disebut Pampa, puncak gunung berapi yang tinggi, dan panorama luar biasa yang disebut Valle de la Luna.

Foto via Bloomberg

Gurun Atacama juga menyimpan berbagai macam flora dan fauna yang unik. Beberapa spesies tumbuh di gurun ini, termasuk kaktus, bromeliad, ikan, burung, dan reptil. Ada juga beberapa spesies burung yang dikenal sebagai burung endemik Cile, termasuk burung kastanyolo dan burung gorreto. Dalam beberapa spesies tanaman di gurun ini, yang paling populer adalah kaktus dan pohon ikat.

Foto via Howlanders

Gurun Atacama telah menjadi tempat yang tidak pernah terkena hujan selama lebih dari 500 tahun. Meskipun demikian, gurun ini masih memiliki sumber air, terutama salah satu sungai yang terletak di gurun ini, yaitu Rio Loa. Air ini berasal dari gunung di sekitarnya.

Gurun Atacama juga menjadi tempat favorit bagi para peneliti dan pecinta alam. Banyak para peneliti yang datang ke sini untuk mencari tahu lebih banyak tentang ekologi gurun ini. Bahkan, banyak peneliti yang tinggal di sini selama beberapa bulan untuk melakukan penelitian.

Foto via Sweet Little Journey

Gurun Atacama juga menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Banyak turis datang ke sini untuk berkemah, berjalan kaki, melihat burung, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Tempat-tempat yang menarik di gurun ini termasuk Salar de Atacama, Valle de la Luna, dan Gunung Toco.

Gurun Atacama adalah salah satu tempat terindah di dunia yang tidak pernah terkena hujan. Meskipun kondisi iklimnya ekstrem, gurun ini tetap memiliki keindahan alam yang tak tertandingi. Gurun ini juga menyimpan berbagai jenis flora dan fauna yang unik. Dengan begitu banyak yang bisa dilakukan di gurun ini, tidak heran jika banyak orang menyukai Gurun Atacama. Next

ramadan
Baju Kamuflase akan berakibat fatal bila kenakan dinegara negara tertentu

Dianggap Teroris, Hindari Pakai Baju Kamuflase di Negara Ini!

Bebek Item Mas Wanto

Bebek Item Mas Wanto, Sajian Kuliner Khas Jawa Timur yang Hadir di Kota Kembang