in

Awas, Liburan Rawan Bikin Gendut. Ini Cara Hindarinya!

Liburan memang menjadi waktu terbaik untuk melepaskan diri dari segala kepenatan aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu saja, bisa terbebas dari pekerjaan juga membuat Anda leluasa menikmati berbagai tempat liburan terbaik lengkap dengan makanannya yang menggugah selera. Sayangnya, banyak yang kebablasan dan justru menjadikan liburan sebagai ajang balas dendam untuk makan sepuasnya.

Baca juga : Banyak Pungli di Tempat Wisata, Ini Cara Ampuh Menghalaunya

Hati-hati, ya! Berlibur memang boleh, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan hanya untuk kesenangan sesaat. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah peningkatan berat badan selama liburan:

Jalan, jalan, dan jalan

Jangan manja saat liburan. Sedikit-sedikit naik kendaraan untuk menuju satu tempat ke tempat lainnya menjadi kebiasaan buruk yang bisa memicu peningkatan berat badan. Terlebih lagi, selama liburan Anda tak punya waktu untuk berolahraga dan membebaskan diri untuk mengonsumsi setiap makanan yang dijumpai.

Jalan kaki
Jalan kaki [via travelsense]
Memperbanyak jalan kaki bisa jadi solusi terbaik untuk membakar kalori berlebih sekaligus menjadi pengganti olahraga yang akan membuat tubuh tetap terasa bugar selama liburan. Toh sambil berjalan kaki Anda bisa menikmati lebih banyak pemadangan di lokasi liburan. Tentu lebih menyenangkan, bukan?

Biasakan untuk sarapan

Ketika berlibur di tempat baru, Anda tentu lebih mudah tergiur dengan aneka makanan dan minuman yang dijual di sana. Akibatnya, tanpa pikir panjang Anda pun akan lebih banyak makan dengan pemikiran kesempatan semacam itu tak akan datang 2 kali. Tapi hati-hati lho, Anda tak tahu kan berapa banyak kalori dan lemak yang masuk ke tubuh?

Biasakan sarapan
Biasakan sarapan [via waldringfieldbc]
Untuk mencegah lapar mata selama berlibur, pastikan selalu sarapan sebelum meninggalkan hotel atau penginapan. Dengan perut yang terisi penuh, Anda akan pikir 2 kali untuk jajan sembarangan makanan dan hanya memilih kudapan tertentu.

Membawa bekal

Saat berada di tengah perjalanan dan kelaparan, Anda pun akan lebih ceroboh memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Tak peduli itu junk food atau hidangan manis, Anda tetap akan melahapnya untuk memuaskan rasa lapar. Hal ini tentu saja memicu berat badan naik secra drastis.

Bawa bekal
Bawa bekal [via howstodo]
Untuk menghindarinya, cobalah membawa bekal saat menempuh perjalanan jauh. Snack sehat rendah kalori berupa potongan buah segar bisa jadi alternatif camilan terbaik. Jangan lupa juga selalu membawa sebotol air mineral untuk menemani liburan.

Waspada dengan menu all you can eat

Di setiap kota atau negara tentu ada restoran all you can eat yang selalu jadi favorit para wisatawan. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, pembeli pun bisa mengisi perut sepuasnya tanpa perlu malu-malu. Tapi untuk Anda yang tetap ingin menjaga berat badan, restoran seperti ini harus dihindari.

Hindari buffet
Hindari buffet [via dailynews]
Lebih baik carilah restoran yang menjual menu vegetarian karena Anda akan mengonsumsi makanan berbahan dasar sayur yang tentu lebih sehat. Atau kalau Anda tinggal di hotel dan penginapan yang memberikan fasilitas dapur, belilah bahan makanan segar di pasar tradisional dan olah sendiri menjadi menu favorit. Hal ini jauh lebih sehat dan juga bersahabat dengan kantong.

Jangan jadikan waktu liburan Anda sia-sia dengan mengorbankan kesehatan. Justru, jadikan momen berlibur untuk menambah kebugaran dan semangat baru dalam beraktivitas. Next

ramadan

Written by andi

andi

Tempat Wisata Pulau Tidung yang Memanjakan Mata dan Bikin Bahagia

11 Tempat Wisata di Kabupaten Lombok Utara untuk Liburan yang Berwarna