in ,

Tempat Wisata Pulau Tidung yang Memanjakan Mata dan Bikin Bahagia

 

Baca juga : Launching Bus Trans Jogja Baru, Liburan ke Kota Gudeg Lebih Seru

Buat Anda yang tinggal di sekitar ibu kota Jakarta, memang tak banyak pilihan wisata yang bisa dilakukan saat liburan singkat. Ya, Kepulauan Seribu menjadi tujuan terbaik untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam tanpa perlu menempuh perjalanan terlalu jauh. Di Kepulauan Seribu, ada banyak lokasi yang wajib Anda datangi salah satunya adalah Pulau Tidung.

Terkenal dengan jembatan cintanya yang menghubungankan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil, lokasi ini ternyata menyimpan berbagai objek menarik lainnya. Hanya ditempuh sejauh sekitar 3 jam perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke, dijamin diburan Anda di Pulau Tidung akan sangat menyenangkan!

1. Agrowisata Pulau Tidung

Melihat makin banyaknya wisatawan lokal mampun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Tidung, pemerintah tak tinggal diam. Kini ada tempat wisata Pulau Tidung baru yang bisa dituju sebagai alternative liburan Anda. Tempat bernama Agrowisata Pulau Tidung Kecil ini bisa dimasuki dari Pulau Tidung Kecil, kemudian Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 40 meter dengan melewati tanggul. Di lokasi ini juga terdapat jogging track untuk Anda yang ingin berolahraga.

Agrowisata Pulau Tidung
Agrowisata Pulau Tidung [via twitter]
Di tempat wisata Pulau Tidung ini Anda juga bisa berkunjung ke penangkaran ikan paus yang terdampar pada tahun 2012. Di tempat ini, dipajang tulang ikan paus sebesar 6×12 meter yang ditemukan tewas di pantai Pulau Tidung. Ada juga penangkaran ikan hiu yang menjaga hiu dari kepinahan. Anda bisa lho, berenang langsung bersama para hiu! Ada juga wisata alternatif lain seperti pembuatan biogas dari kotoran sapi serta perkebunan buah naga. Nah, banyak sekali hal yang bisa dilakukan saat berlibur ke pantai, kan?

2. Saung Cemara Kasih

Kalau Pulau Tidung utama terlalu padat pengunjung, Anda bisa bergeser ke Saung Cemara Kasih yang terletak di sebelah timur Pulau Tidung. Meski bisa ditempuh dengan berjalan kaki, namun perjalanan akan lebih menyenangkan jika Anda bersepeda. Menggunakan sepeda, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Saung Cemara Kasih
Saung Cemara Kasih [via instagram]
Meski perjalanan cukup jauh, namun Anda tak akan merasa bosan karena sepanjang perjalanan ada pemandangan indah dari hutan-hutan kecil dan juga pada rumput. Di saung ini juga ada pantai yang sangat bersih dengan beberapa ayunan kayu yang terikat di pepohonan pinus. Lautnya juga bersih dan bisa digunakan untuk bermain air karena memiliki kedalaman hanya sebetis orang dewasa.

3. Pantai Tanjung Barat

Kalau masih ingin menyepi dan menikmati keindahan Pulau Tidung yang tidak terlalu padat wisatawan, sebaiknya hindari datang ke Pantai Tanjung Timur. Lokasi ini biasanya dipenuhi pengunjung karena terdapat banyak penginapan, rumah penduduk, dan juga restoran yang berjajar. Sebaliknya, Pantai Tanjung Barat jauh lebih sepi karena minim fasilitas sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati laut dan pantai Pulau Tidung secara maksimal.

Pantai Tanjung Barat
Pantai Tanjung Barat [via instagram]
Karena jarang didatangi, Pantai Tanjung Barat jauh lebih alami dan pemandangannya pun sangat memukau. Anda disarankan menikmati matahari terbenam di tempat ini karena tidak akan terganggu oleh riuhnya wisatawan lain. Di pagi hari, manfaatkan waktu untuk snorkeling dan menikmati keindahan pemandangan bawah laut Pantai Tanjung Barat.

4. Pantai Saung Perawan

Kalau Anda lelah mengelilingi tempat wisata Pulau Tidung, sudah mencoba melompat dari jembatan cinta, dan bahkan telah mengitari seluruh pulau dengan bersepeda, saatnya bersantai di Pantai Saung Perawan. Di pantai ini banyak pepohonan sehingga suasananya lebih teduk dan sejuk, ditambah lagi banyak saung bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Pantai Saung Perawan
Pantai Saung Perawan [via instagram]
Tak hanya itu saja, di tempat ini Anda juga bisa mengisi perut karena banyak penjual makanan dan minuman. Jangan sia-siakan juga keindahan pantai yang berpadu dengan cantiknya saung bambu untuk berfoto bersama keluarga atau sahabat liburan Anda.

5. Taman Nasional Bawah Laut Kepulauan Seribu

Saat berkunjung ke komplek Kepulauan Seribu, wisata bawah lautnya tentu saja tak boleh Anda lewatkan. Di Pulau Tidung, Anda bisa menikmati olahraga air seperti snorkeling dan diving untuk melihat keindahan pemandangan bawah laut Pulau Tidung. Terumbu karang berwarna-warni dan ratusan spesies ikan akan memanjakan mata Anda.

Taman Nasional Bawah Laut Kepulauan Seribu
Taman Nasional Bawah Laut Kepulauan Seribu [via instagram]
Untuk melakukan snorkeling dan diving, Anda bisa menyewa peralatan di Pulau Tidung. Namun kalau ingin lebih hemat, membawa sendiri peralatan Anda bisa jadi solusi terbaik. Bagi yang belum pernah melakukan diving dan snorkeling, ada juga petugas yang akan membantu dan menemani Anda hingga ke laut.

Untuk berlibur ke Pulau Tidung, Anda bisa mencari paket perjalanan yang banyak menawarkan paket wisata di Kepulauan Seribu. Biasanya tidak hanya di sekitar Pulau Tidung saja, tapi Anda juga akan diajakn menikmati keindahan pulau-pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Pari, dan juga Pulau Payung.

Biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Pulau Tidung cukup bervariasi. Untuk berangkat menggunakan kappa dari pelabuhan, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu. Kapal biasanya berangkat hanya satu kali sehari di pagi hari. Untuk penginapan di Pulau Tidung, harganya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung fasilitas serta banyaknya orang yang menginap. Sedangkan peralatan snorkeling dan diving bisa disewa dengan harag Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu per jam.

  Next

ramadan

Written by andi

andi

Yuk, Nikmati Keindahan ‘Laut Mati’ Versi Indonesia di Pantai Tureloto

Awas, Liburan Rawan Bikin Gendut. Ini Cara Hindarinya!