in ,

Menelusuri 5 Hutan Bawah Air Terindah di Dunia, Indonesia Juga Punya Loh

Menelusuri aneka ragam hutan di dunia

Pernah mendengar hutan di dasar air? Mungkin terdengar aneh, namun fenomena alam ini terjadi di beberapa belahan dunia, loh! Ada banyak faktor, mulai dari banjir hingga memang sengaja dibangun oleh manusia. Untuk lebih lengkapnya, simak 5 hutan bawah air terindah di dunia berikut ini!

Baca juga : Curug Gondoriyo, Destinasi Wisata Baru di Semarang Tampilkan Air Terjun Bercahaya

1. Kaindy Lake, Kazakhstan

Kaindy Lake via Shutterstock

Danau ini berlokasi di Kazakhstan dan berada pada ketinggian 2000 mdpl. Menariknya, kawasan ini terbentuk akibat gempa bumi besar yang terjadi pada tahun 1911. Goncangan ini menyebabkan daerah ini ambles hingga sedalam 30 meter di bawah tanah, termasuk pohon yang tertanam di sana.

Seiring berjalannya waktu, hujan dan air dari atas bukit turun dan mengisi celah amblesan hingga membentuk danau seperti sekarang. Jika Teman Traveler coba menyelam, kalian akan menemukan akar pohon dan ranting-ranting berhiaskan lumut hijau yang cantik.

2. Kampong Phluk, Kamboja

Kampung Pluk via Shutterstock

Pada dasarnya, Kampong Phluk adalah kumpulan dari 3 desa yang dibangun di atas dataran banjir Danau Tonle Sap. Berada di tengah hutan mangrove, rumah penduduk sengaja dibangun bergaya panggung setinggi 6 hingga 8 meter. Tujuannya agar ketika musim hujan tiba, mereka tidak kebanjiran.

Danau Tonle Sap sendiri mengalami fenomena alam yang unik. Saat musim hujan tiba, sungai di sekitarnya akan turun dan mengisi volum danau hingga membanjiri dataran di sekitarnya. Penyebabnya karena meningkatnya ketinggian air di Sungai Mekong sebagai akibat mencairnya salju dari pegunungan.

Saat peristiwa tersebut terjadi, Teman Traveler akan melihat banyak hutan tenggelam dan menyisakan daun-daunnya saja. Fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

3. Caddo Lake, Texas

Caddo Lake via Shutterstock

Jika dilihat sekilas, danau yang satu ini nampak menyeramkan dan cocok dibuat sebagai lokasi syuting film horor. Bagaimana tidak? Pepohonan siprus berusia ratusan tahun mengelilingi kawasan danau dengan akarnya yang menjuntai sampai ke dasar perairan.

Danau ini dinamakan ‘Caddo’ sesuai dengan nama suku pribumi Amerika yang sudah mendiami kawasan ini sejak 10 ribu tahun sebelum Masehi. Di sini Teman Traveler bisa menemukan aneka hewan-hewan langka, termasuk ikan purba yang konon sudah dianggap punah jutaan tahun lalu.

4. Recanto Ecologico Rio da Prata

Kondisi Rio da Pranata via Youtube

Sebenarnya, kawasan ini merupakan hutan biasa pada umumnya. Namun semua berubah sejak terjadinya hujan lebat disertai banjir besar pada pertengahan Agustus 2018. Debit air sungai Olho D’Agua yang berada di sebelah lokasi hutan meluap hingga menenggelamkan kawasan wisata ini.

Bukannya menakutkan, peristiwa alam ini malah menambah daya tarik pengunjung yang penasaran. Mereka bisa mencoba sensasi snorkeling sekaligus hiking di dasar air, sambil melihat aneka tanaman dan fasilitas publik seperti jembatan yang terendam air. Seperti berada di Bikini Bottom, ya!

5. Teluk Bintuni, Papua

Hutan Mangrove Papua via Shutterstock

Papua memiliki kekayaan alam yang begitu banyak. Salah satunya adalah hutan mangrove seluas 200 hektar yang tertanam di Teluk Bintuni.

Meskipun semuanya tertanam secara alami, namun konservasi dan pengelolannya diurus langsung oleh pemerintah daerah setempat. Hal ini membuat kawasan hutan tertata rapi dan terlihat asri, begitu juga dengan airnya. Teman Traveler bahkan bisa snorkeling di sini, loh!

Itulah tadi aneka hutan bawah air terindah yang berhasil dihimpun Travelingyuk. Tertarik buat pergi ke destinasi cantik ini? Next

ramadan

Traveling Bawa Kendaraan Sendiri? Ini Tips Parkir yang Aman

Kagumi Keindahan Pesisir dan Bawah Laut di Pantai Nglambor Jogja