in

3 Alasan Jangan Pakai Sandal Saat Naik Pesawat, Bukan Sok Eksklusif

Pernahkah kalian mendengar anjuran tidak pakai sandal saat naik pesawat? Barangkali hal ini terkesan eksklusif, tapi sebenarnya lebih kepada keselamatan dan efisiensi di perjalanan. 

Baca juga : Tempat Sewa Motor Murah dan Terpercaya di Malang

Pakai sandal memang merupakan puncak kenikmatan beralas kaki, tapi lihat-lihat waktu dan tempat juga ya. Dalam penerbangan via pesawat misalnya, kenapa jarang kita lihat orang memakai sandal? Ternyata secara protokoler sebenarnya hal ini sudah benar. 

Ketika sudah dekat waktu take off

Ilustrasi saat terburu-buru di bandara. Foto via Wowkeren,com

Saat perjalanan memang sebaiknya kita menggunakan alas kaki yang ergonomis. Bisa untuk berjalan, berlari dan aman dari benturan maupun gesekan dari luar. Dalam hal ini, sepatu flat untuk olah raga atau sehari-hari akan sangat membantu. Misalnya sepatu slip on yang tak mengharuskan kita bertali temali apabila harus pemeriksaan menyeluruh. 

Utamanya kalau kalian tipe yang sering kejar-kejaran dengan jadwal pesawat, alias sering terburu-buru check in di bandara. Sepatu lebih anti-slip, tidak cepat capek dan tidak belibet untuk kita gunakan di bandara yang begitu luas dan panjang jalurnya.

Mempermudah evakuasi di saat darurat

Memudahkan di kondisi emergency. Foto via BBC News Indonesia

Meski menjadi moda transportasi paling cepat dan aman, tapi sesekali ada beberapa kondisi darurat yang bisa terjadi. Dalam proses evakuasi seperti ini, seorang mantan pramugari, Tony Kuna, menjelaskan bahwa urgensi menggunakan sepatu selama penerbangan sangat bisa membantu. 

Kita tidak tahu bagaimana jalur yang harus dilewati, sehingga sepatu dengan bahan yang cukup keras dan menutup seluruh bagian kaki akan lebih aman. Misalnya dari pecahan material, percikan api, sisi benda tajam dan lainnya. 

Melindungi kondisi badan kita

Ilustrasi sakit di pesawat. Foto via suara.com

Kaki adalah letak begitu banyak syaraf dan termasuk sensitif terhadap suhu. Dalam pesawat, seringkali kita tidak menduga akan sedingin apa selama penerbangan. Belum lagi ketika pesawat tidak bisa langsung mendarat. Selain sepatu, juga ada anjuran untuk menggunakan kaos kaki sebagai perlindungan ganda. 

Dengan menggunakan sepatu, mencegah kaki jadi dingin sehingga memicu berbagai penyakit yang kerap menyertai saat kita sedang dalam perjalanan. Mulai dari masuk angin, sakit perut, hingga angin duduk. 

Jangan lepaskan alas kaki di pesawat

Jangan lepaskan sepatu. Foto via harianhaluan.com

Selama penerbangan, jangan lepaskan sepatu kecuali benar-benar keharusan. Selain faktor kenyamanan bersama, juga perlu kita sadari bahwa pesawat mungkin saja sudah melalui beberapa kali flight dan ratusan penumpang.

Sedangkan kulit kaki kita tetap bisa menjadi pembawa kuman dan kotoran bila sempat menginjak lantai pesawat tanpa alas. Sebenarnya, bukan hanya sepatu. Ada beberapa anjuran berpakaian dalam penerbangan yang tujuannya menjaga kita tetap nyaman selama penerbangan. Meski terlihat sepele, tapi hal ini jadi penting. 

Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena kita tidak tahu bagaimana medan perjalanan. Terlebih di masa setelah pandemi ini. Stay safe kalau kamu mau mulai kembali traveling ya.  Next

ramadan
FI Rujak Es krim

Rujak Es Krim Pak Nardi, Kuliner Jadul Jogja Sejak 80-an

Nikmatnya Nasi Megono, Kuliner Khas Pantura Jawa Tengah