in , ,

Kota Amman di Yordania Tertua dan Teraman di Dunia

Kota Amman tertua dan teraman di dunia

fi kota amman di yordania

Negara yang berbatasan dengan Arab Saudi sebelah timur ini, mempunyai ibu kota tertua dan salah satu kota teraman di dunia. Kota Amman di Yordania merupakan jantung peradaban kuno pada zaman dahulu. Yuk simak perjalanan berikut ini.

Baca juga : Bosan ke Batu? Yuk Menjelajah Sejuknya Pegunungan di Trawas, Mojokerto

Penduduk Mayoritas Muslim

penduduk mayoritas muslim
Ilustrasi via instagram sahem.haddadin

Yordania negara yang memiliki penduduk mayoritas beragama muslim, Bahasa Arab menjadi bahasa utama, namun tak banyak juga menggunakan Bahasa Inggris. Beribu kota di Kota Amman dengan jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa. Ketika memasuki kota ini akan sangat terasa negeri Timur Tengah karena gaya arsitektur bangunannya.

Dengan ciri khas bangunan beratap kotak terbuat dari limestone. Hal ini erat hubungannya dengan sejarah peradaban di sana, wilayah Amman mulai dibangun sejak era 7250 sebelum masehi. Ketika zaman kekuasaan Ammonites, Amman dikenal sebagai Rabbat-Ammon. Kemudian dikuasai oleh Graeco-Romawi dikenal dengan nama Philadelphia.

Ibu Kota Tertua

ibu kota tertua
Ilustrasi via pexels Abdallah Maqboul

Kota Amman masuk dalam daftar kota-kota tertua di dunia, namun hanya Amman yang menjadi ibu kota suatu negara. Meskipun kota tua, kehidupan di sini sudah modern. Penduduknya juga ramah terhadap para wisatawan serta terkenal dengan toleransi, hampir tidak ada kasus dengan latar belakang agama di sini.

Salah Satu Kota Paling Aman

kota paling aman
Ilustrasi via instagram capitalamman

Selain itu kota Amman juga menjadi salah satu kota paling aman di dunia, sehingga seringkali menjadi lokasi perundingan negara-negara yang terlibat konflik. Indonesia juga pernah menggunakan ibu kota ini untuk pelantikan konsul kehormatan RI di Palestina.

Wisata yang Harus Dikunjungi

wisata yang harus dikunjungi
Ilustrasi via pexels Hisham Zayadnh

Kota Amman terdiri dari 19 bukit, wilayahnya terbentang sepanjang 1.680 km persegi. Kaya akan peninggalan sejarah, Amman menawarkan beragam destinasi wisata. Salah satunya ada Kuil Hercules, Teater Roma, Gereja Bizantium abad ke 6, hingga sisa-sisa bangunan masjid dan ruang tunggu para khalifah.

Kemudian tak jauh dari Citadel ada masjid Al Hussein bergaya Ottoman, bekas masjid tua dibangun oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 640 Masehi. Ada juga makam Bilal bin Rabah, sahabat nabi yang terkenal dengan kemampuan azannya. Lalu ada gua diyakini oleh masyarakat Yordania sebagai gua tujuh orang tertidur, diceritakan dalam AL Quran surah Al Kahfi.

Demikian perjalanan menuju Kota Amman di Yordania, kota tertua dan memiliki sejarah peradaban yang menarik. Next

ramadan
Gunung Prau

Menikmati Golden Sunrise Cantik di Gunung Prau

fi oleh-oleh jepara

4 Oleh-oleh Khas di Jepara, Kota Kelahiran Raden Ajeng Kartini