in ,

4 Oleh-oleh Khas di Jepara, Kota Kelahiran Raden Ajeng Kartini

Oleh-oleh khas di kota kelahiran RA Kartini

fi oleh-oleh jepara

21 April diperingati sebagai Hari Kartini pejuang emansipasi wanita yang berasal dari Kota Jepara. Berikut ada 4 oleh-oleh khas di Jepara, kota kelahiran Raden Ajeng Kartini. Makanan yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke Kota Ukir ini. Yuk simak ulasan di bawah.

Baca juga : Rumah Turi, Oase Hijau di Tengah Solo

1. Kacang Jepara

kacang jepara
Ilustrasi via instagram nunorahman

Pertama ada kacang jepara yang mempunyai keunikan pada cara memasaknya yaitu digoreng menggunakan pasir. Sebelumnya kacang akan dibumbui dengan bawang putih, bawah merah, jinten hitam, dan ketumbar. Menghasilkan cita rasa gurih, ada juga varian rasa manisnya lho!

Biasanya kacang jepara ini dijual kiloan tetapi ada juga kemasan kecil seukuran seperempat kilo, dengan harga mulai Rp 20.000 saja. Teman Traveler bisa membelinya pada pusat oleh-oleh di Jepara.

Salah satunya di Pusat Oleh-oleh Khas Kacang Jepara berlokasi di Jalan Bapangan Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 08.26-19.00 WIB, buka setiap hari.

2. Carang Madu

carang madu
Ilustrasi via instagram carangmadu

Selanjutnya ada carang madu camilan legit yang dahulu hanya dikonsumsi oleh keturunan Tionghoa di Jepara, kemudian diadopsi oleh masyarakat Jawa dan dijadikan hidangan wajib pada acara hajatan.

Carang madu sendiri memiliki arti sarang madu, di mana bentuk camilan ini berupa sarang terbuat dari tepung beras, santan dan gula. Rasanya manis legit seperti madu, dengan harga sangat terjangkau mulai Rp 10.000.

Teman Traveler bisa membeli oleh-oleh ini di Carang Madu Bu Ripah berada di Bantrung RT.II, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

3. Kerupuk Bawang

kerupuk bawang
Ilustrasi via instagram maennys_

Berikutnya ada kerupuk bawang mempunyai perbedaan dengan kerupuk bawang lainnya. Kerupuk ini memiliki cita rasa gurih bawang dan ada sentuhan kaldu ikan yang menambah kelezatannya. Agar lebih awet Teman Traveler bisa membeli kerupuk mentahannya, harganya sekitar Rp 40.000 per kilo.

Teman Traveler dapat membelinya di Rizza Kerupuk Bawang berlokasi di Purwogondo II, Purwogondo, Kec. Kalinyamatan, Kebupaten Jepara, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 07.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

4. Kerupuk Tenggiri

kerupuk tenggiri
Ilustrasi via instagram hasilpiknik

Berada pada pesisir utara Pulau Jawa, Jepara kaya akan hasil lautnya. Salah satu olahan laut yang wajib dicoba adalah kerupuk tenggiri. Terbuat dari daging tenggiri, adonan tepung tapioka, bawang, garam, dan gula. Cita rasa gurih ikan laut akan membuat ketagihan. Satu bungkus kerupuk dijual dengan harga mulai Rp 22.000.

Teman Traveler dapat membelinya di Toko Kerupuk Tengiri Sie Mo Tjwan berlokasi di Jalan Diponegoro No.1, RT.1/RW.1, Jobokuto II, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 07.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian daftar 4 oleh-oleh khas di Jepara yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke kota kelahiran RA Kartini ini. Next

ramadan
fi kota amman di yordania

Kota Amman di Yordania Tertua dan Teraman di Dunia

Wisata Kuliner Surabaya

Food Junction Pakuwon yang Menarik Hati