in ,

Inilah 5 Kota dengan Penghuni Satu Orang, Kok Bisa?

Deretan Kota di Dunia Dengan Penduduk Satu Orang Saja

Kota dengan penduduk satu orang

Apa yang Teman Traveler bayangkan ketika mendengar kata ‘Kota’? Kawasan luas dengan ratusan atau bahkan ribuan penduduk? Well, buang jauh-jauh bayangan tersebut karena rupanya ada fenomena unik kota dengan penghuni satu orang saja.

Baca juga : Aitoliko, Pantai Penuh Laba-Laba di Yunani

Ada beberapa alasan mengapa deretan kota tersebut punya penduduk dengan jumlah minimal. Masing-masing punya kisah unik, yang mungkin bisa Teman Traveler gali lebih dalam andai suatu saat berkesempatan berkunjung ke sana. Namun sebelum itu, mari kita simak deretan kota dengan penghuni satu orang berikut ini.

1. Jordan River

Jordan River
Jordan River (c) CBC

Sepintas kota di Kanada ini terlihat sebagai tempat tinggal sempurna. Teman Traveler juga bakal menemukan pantai dengan pemandangan indah.

Namun di balik semua keindahan tersebut, Jordan River dikabarkan menyimpan banyak masalah. Selain polusi, kawasan ini juga kerap dilanda erosi, gempa bumi, hingga fenomena naiknya permukaan laut. Para penduduknya pun memutuskan pindah ke kota lain.

Hugh Pite adalah satu-satunya orang yang memutuskan tetap tinggal. Sosok berusia 72 tahun tersebut kini resmi tercatat sebagai warga tunggal Jordan River.

2. Villa Epecuen

Villa Epecuen
Villa Epecuen (c) The Atlantic

Sekitar 600 kilometer dari Buenos Aires, ibu kota Argentina, terdapat sebuah kawasan bernama Villa Epecuen. Berada tak jauh dari Pantai Lago Epecuen, wilayah ini dulunya merupakan kawasan wisata unggulan dan dipadati ratusan hotel dan restoran.

Namun dua kali bencana besar menimpa Villa Epecuen. Pada 1970-an, seluruh wilayahnya terkena dampak luapan air pegunungan akibat curah hujan tinggi. Kejadian serupa kembali terjadi pada 1985, hingga mengakibatkan bendungan di sekitar sana jebol.

Pasca seluruh penduduk dievakuasi, kondisi Villa Epecuen tak kunjung membaik hingga 2009. Ketika itu air mulai surut dan seorang warga bernama Pablo Novak memutuskan kembali. Sosok berusia 81 tahun pun jadi satu-satunya penghuni kawasan tersebut.

3. Tomioka

Salah satu sudut Tomioka
Salah satu sudut Tomioka via Wikipedia

Gempa dan tsunami yang menghantam Jepang pada 2011 silam menyebabkan beberapa kota terpaksa dievakuasi. Pemerintah setempat mengkhawatirkan dampak kebocoran PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) terhadap warganya.

Tomioka jadi salah satu yang terkena kebijakan tersebut. Radius 20 kilometer di sekitar PLTN Tomioka pun dinyatakan sebagai area terlarang. Hal ini menyebabkan para penduduk asli sana memutuskan berpindah domisili ke kawasan lain. Pengecualian untuk satu orang, Naoto Matsumura, yang memilih kembali.

4. Cass

Cass di Selandia Baru
Cass di Selandia Baru via ericandleahnz

Kota di Selandia Baru ini hanya punya satu penduduk bernama Barrie Drummond. Awalnya ia mendapatkan tawaran pekerjaan berdurasi dua tahun di kota yang masuk Distrik Selwyn tersebut. Namun usai menyelesaikan kewajibannya, Barrie justru merasa betah dan memutuskan tinggal.

Keputusan Barrie sempat mengundang perhatian media. Ia kemudian menyatakan sama sekali tak khawatir kesepian atau terasing meski harus tinggal seorang diri.

5. Monowi

Monowi
Monowi (c) Atlas Obscura

Monowi berada di Nebraska, Amerika Serikat. Sebelumnya kota ini punya dua penduduk, pasangan suami istri – Rudy dan Elsie Eiler. Namun Rudy harus berpulang pada 2004 silam dan Elsie kini jadi satu-satunya penduduk di Monowi.

Entah apa yang jadi alasan Elsie untuk tetap tinggal, namun yang jelas ia sepertinya tak terlalu khawatir meski tak punya tetangga satu pun. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mengunjungi Elsie?

Itulah sederet kota dengan penghuni satu orang dari seluruh penjuru dunia. Adakah di antara Teman Traveler yang tertarik jalan-jalan ke sana suatu saat nanti? Next

ramadan

Cantiknya Orchid Forest Saat Musim Hujan, Sensasi Dingin dan Romantisnya Kabut Bikin Betah Meski Basah

Asyik dan Instagenic, Galeri Seni di Jogja Ini Bakal Bikin Rencanamu Keliling Kota Gudeg Tambah Sempurna!