in ,

Asyik dan Instagenic, Galeri Seni di Jogja Ini Bakal Bikin Rencanamu Keliling Kota Gudeg Tambah Sempurna!

Jalan-jalan ke Galeri Seni di Jogja, Ketika Liburan di Kota Gudeg Diisi dengan Mengagumi Banyak Karya

Berencana untuk liburan ke Jogja akhir tahun ini? Jangan lupa pertimbangkan cuaca juga ya. Pasalnya, memasuki akhir tahun ini, sebagian besar wilayah Indonesia mulai sering diguyur hujan. Agar rencana liburanmu ke Kota Gudeg tetap jalan, pilih beberapa destinasi yang aman. Salah satunya adalah galeri seni di Jogja. Sebagai salah satu kota budaya, Jogja memiliki galeri seni yang asyik serta instagenic, terutama kalau Teman Traveler tahu cara-cara mengambil gambar yang tepat. Penasaran? Berikut ulasannya!

Baca juga : The Omah Londo, Resort Instagenic ala Eropa di Batu

1. Ruang MES 56

 

Keseruan di Ruang MES 56 Jogja via Instagram/ ruangmes56

Ruang MES 56 merupakan wadah yang lahir dari kerjasama yang baik antara para seniman. Mereka bersama komunitas mengelola sebuah rumah untuk digunakan sebagai studio kerja, ruang bermain, kelas belajar dan hunian. Berdiri pada 2002, Ruang MES 56 fokus pada pengembangan fotografi serta seni kontemporer. Di sini sekaligus merupakan tempat diskusi yang asyik.

Salah Satu Spot Foto Menyenangkan di Ruang MES 56 via Instagram/ krazykosmickid

Teman Traveler yang mengikuti perkembangan seni, pastilah betah lama-lama berada di sini. Jika tertarik untuk berkunjung, Rumah MES 56 ada di Jln. Mangkuyudan No. 53, Mantrijeron, Kota Jogja.

2. Sangkring Art Space

Ruangan yang Luas di Sangkring Art Space Bisa Jadi Spot Foto Menarik via Instagram/ awan_columbus

Berlokasi di Jln. Nitiprayan No. 88, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, salah satu galeri seni di Jogja ini diresmikan pada 2007 lalu. Ruangan-ruangan yang ada di Sangkring Art Space biasa digunakan sebagai galeri pamer untuk karya-karya seni seperti lukisan, patung dan seni instalasi. Teman Traveler bisa berfoto di ruangannya yang luas. Diambil dari sisi yang tepat, hasil foto akan sangat instagenic!

3. Jogja Gallery

Bagian yang Khas dari Jogja Gallery via Instagram/ nandasucipto

Hujan tapi ingin tetap jalan dan liburan ke Jogja, Jogja Gallery wajib masuk itinerary. Pada 1929, Jogja Gallery adalah Gedung Teater Suboharsono, baru pada 2006 lalu, galeri seni di Jogja ini diresmikan. Peresmiannya langsung dilakukan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Siapa Bilang di Galeri Seni Nggak Bisa Seru-seruan? via Instagram/ jerompret

Sudah puluhan pameran seni diselenggarakan di tempat ini sejak pertama kali diresmikan. Salah satunya Yogyakarta International Art Festival yang dilaksanakan pada 2017 lalu. Jogja Gallery khas dengan desain bangunan yang masih sangat bernuansa tradisional. Instagenic!

4. Cemeti Art House

Cemeti Art House via Instagram/ paskaprilas

Selanjutnya galeri seni di Jogja lainnya yang asyik dan instagenic adalah Cemeti Art House. Didirikan secara mandiri oleh Mella Jaarsma dan Nindityo Adipurnomo pada 31 Januari 1988, galeri seni ini juga banyak digunakan oleh para seniman kontemporer Indonesia dan luar negeri untuk memamerkan karyanya.

Beragam Kesenian di Cemeti Art House via Instagram/ mmuuffiidd

Beberapa kreator terkenal yang pernah memamerkan karyanya di sini antara lain Agung Kurniawan, Anusapati dan Ugo Untor. Untuk datang ke Cemeti Art House, Teman Traveler langsung saja menuju Jln. Mayjen D.I Pandjaitan No. 41, Mantrijeron, Kota Jogja.

5. Museum Affandi

Masukan Museum Affandi Sebagai Destinasi Liburan via Instagram/ shanthygrace

Bukan lagi galeri seni, lokasi ini adalah museum seni yang menyimpan berbagai macam lukisan karya salah satu pelukis terkenal Indonesia, Affandi. Bertempat di Jln. Laksda Adisucipto No. 167, Papringan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Jogja, Museum Affandi adalah tempat dari segala bentuk aspek kehidupan sang pelukis. Dari mulai statusnya sebagai pelukis dunia hingga Affandi sebagai manusia biasa. Terdapat sekitar 300 karya lukis yang dipajang di museum ini.

6. Langgeng Art Foundation

Mari Datang ke Langgeng Art! via Instagram/ kemalezedine

Galeri seni di Jogja selanjutnya adalah Langgeng Art Foundation. Ia merupakan sebuah lembaga seni rupa kontemporer yang memfasilitasi penciptaan presentasi dan diskusi. Lembaga ini didirikan oleh Deddy Irianto pada 2010. Terdapat tiga ruang galeri di Langgeng Art Foundation. Juga, tersedia taman dan panggung yang bisa digunakan untuk pertunjukan musik.

Galeri seni di Jogja bakal bikin betah Teman Traveler yang memang punya ketertarikan khusus pada seni. Tetapi, datang untuk menikmati beragam karya seni juga takkalah asyik, yang penting menikmati. Setuju? Kalau begitu, siapa yang akan Teman Traveler ajak menjelajahi satu galeri ke galeri yang lain? Next

ramadan

Inilah 5 Kota dengan Penghuni Satu Orang, Kok Bisa?

Es pisang ijo di Makassar

Es Pisang Ijo di Makassar, Tujuan Jalan-jalan dengan Citarasa Cetar