in ,

Tips Berburu Kuliner Halal di Jepang, Bikin Liburan Lega

Kulineran di Jepang Bisa Temukan yang Halal

Kuliner Halal Jepang
FI Kuliner Halal Jepang

Berwisata ke Jepang tentu tidak bisa melewatkan mencicip kulinernya. Buat Teman Traveler yang mencari kuliner halal mungkin akan menemukan sedikit tantangan. Sebab di sana lebih sering menggunakan babi maupun alkohol. Namun tidak perlu khawatir, berikut ada tips berburu kuliner halal di Jepang. Yuk, disimak.

Baca juga : Ingin Liburan Lebih Berkesan, Museum-Museum Terbaik Ini Layak Masuk Daftar Kunjungan!

Ketahui Istilah Penganan Mengandung Babi

Tonkatsu via shutterstock

Babi dalam bahasa Jepang disebut buta, sehingga sebagian makanan yang menggunakan dagingnya pun mengandung kata tersebut. Sehingga Teman Traveler setidaknya mengetahui istilah yang digunakan.

Misalnya saja butadon yaitu nasi putih dengan irisan daging babi. Namun ada pula yang menggunakan istilah lain seperti tonkatsu ialah daging babi goreng yang dibalut tepung. Sedangkan tonkotsu ramen adalah ramen dengan topping irisan daging babi (char-siu).

Pastikan Kaldu Ramen Sebelum Pesan

Ramen via shutterstock

Jepang kini sedang mengembangkan wisata ramah Muslim, sehingga beberapa tempat makan khas Jepang sudah mulai memasang tanda halal. Namun bila tidak dapat menemukannya di sekitar tempat menginap, Teman Traveler yang pengin cobain ramen bisa menanyakan dulu kaldu yang digunakan.

Pastikan juga tidak menggunakan bahan yang mengandung babi lainnya seperti minyak. Namun harus tetap bertanya dengan sopan, ya.

Gunakan Situs dan Aplikasi Panduan Wisata Halal Jepang 

Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Wisata Halal via shutterstock

Nah, berhubung sudah ada wisata halal walau belum menyebar ke seluruh penjuru Jepang. Setidaknya ada beberapa situs dan aplikasi yang dapat Teman Traveler gunakan untuk panduannya. Di antaranya Halal Gourmet Japan, Halal Food in Japan, Halal Navi Japan, dan Halal Media Japan.

Agar Lebih Aman Pilihlah Seafood 

Ilustrasi Seafood via shutterstock

Jika benar-benar tidak dapat menemukan tempat makan yang ada tanda halalnya, lebih aman memang memilih makanan berbasis seafood, sebut saja sushi. Untuk olahan penganan laut lainnya, mungkin saja tidak menggunakan daging maupun kaldu babi. Oh ya, untuk restoran yang mempunyai logo halal. Biasanya tempat untuk makan halal dan tidaknya dibedakan, loh.

Cari Makanan di Sekitar Masjid Terdekat

Kuliner Halal Jepang
Masjid di Jepang via shutterstock

Umumnya restoran atau booth makanan halal banyak ditemukan di sekitar masjid. Walaupun mungkin ada beberapa kuliner khas Jepang yang tidak dapat ditemukan. Namun berburu makanan yang tidak jauh dari masjid juga harus memperhatikan logo halal, ya.

Buat Teman Traveler yang berencana berburu kuliner halal di Jepang, semoga tips di atas dapat membantu, ya. Jadi sudah siap liburan ke Negeri Sakura? Next

ramadan
Sajian ayam geprek di Kedai Ubud

Kedai Ubud, Nikmat Anti Bangkrut di Kawasan Wisata Terkenal

Makanan Khas Halloween di Berbagai Negara