in ,

Selain Cingur, Ini Rujak Paling Enak di Indonesia Tahun 2017

10 Kuliner Rujak Paling Enak

Rujak Enak di Indonesia

Rujak cingur adalah salah satu kuliner khas Jawa Timuran, khususnya Surabaya, yang banyak disukai. Terdiri dari campuran timun, kerahi, lontong, sayuran, cingur, serta petis udang, hidangan ini memang nikmat disantap saat siang hari. Tapi ternyata Indonesia tak hanya punya rujak cingur saja, lho! Ada banyak kulineran rujak yang tak kalah nendang di lidah. Berikut beberapa contohnya!

Baca juga : 7 Cokelat Asli Indonesia, Kenikmatannya Memang Pantas untuk Dicoba

1. Seperti namanya, rujak satu ini tidak diuleg tapi di bebeg atau ditumbuk menggunakan lesung. Isinya yang terdiri dari buah, dicampur dengan gula merah, cabai, garam, serta air asam agar nendang di lidah. Tak lupa pula tambahan sedikit terasi agar rasa semakin nikmat. 

Rujak Bebeg
Rujak Bebeg [image source]
2. Di Pulau Dewata, ada rujak unik yang menggunakan olahan ikan pindang sebagai campurannya. Nama kuliner tersebut adalah Rujak Kuah Pindang yang memiliki cita rasa asam manis pedas. Tak perlu khawatir, makanan ini juga tak beraroma amis, lho!

Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang [image source]
3. Selain cingur, ada juga varian rujak yang menggunakan rumput laut atau bulung. Selain itu, ada juga tambahan kacang tanah, lontong, serta perasan jeruk nipis yang makin menambah kenikmatan. Kuliner ini dapat kamu temukan saat liburan ke Bali. 

Rujak Bulung
Rujak Bulung [image source]
4. Berencana ke kawasan Glodok? Kamu bisa mampir ke kedai Rujak Shanghai Encim. Di warung makan ini kamu bisa menyantap varian rujak unik dengan gurita dan ubur-ubur sebagai bahannya. Tak lupa pula kuah kental berwarna merah yang menggoda. 

Rujak Shanghai Incim
Rujak Shanghai Incim [image source]
5. Makanan enak satu ini bisa kamu temukan di Surabaya, meski kehadirannya semakin langka. Masih menggunakan campuran petis, rujak sayur asin menggunakan sawi yang telah direndam dengan bumbu spesial, tahu setengah matang, serta kerupuk. Rasanya menggugah selera, apalagi acar yang menjadi tambahannya. 

Rujak Sayur Asin
Rujak Sayur Asin [image source]
6. Rujak Selingkuh adalah kuliner unik yang ada di Sumenep. Bahan makanan ini mirip dengan rujak khas Jawa Timuran. Bedanya rujak selingkuh memiliki kuah gurih karena disiram dengan kaldu soto babat yang rasanya benar-benar juara. 

Rujak Selingkuh
Rujak Selingkuh [image source]
7. Liburan ke Jogja pasti tak akan ketinggalan untuk mencoba kuliner satu ini. Namanya Rujak Es Krim yang terdiri dari irisan buah segar, sambal, serta topping es krim tanpa pemanis buatan. Salah satunya yang terkenal adalah Es Krim Rujak Pak Paino di sebelah timur Pura Pakualaman, Jogja.

Rujak Es Krim Rujak Es Krim [image source]

8. Ambon ternyata punya versi rujaknya sendiri yang bernama Rujak Natsepa. Tak jauh beda dengan lainnya, irisan buah disajikan dengan sambal kacang yang sudah diuleg dengan gula aren, asam, dan garam. Menariknya, ada irisan ubi jalar di dalamnya.

Rujak Natsepa di Ambon
Rujak Natsepa di Ambon [image source]
9. Sudah pernah coba Rujak Gobet? Ya, kuliner ini mudah didapatkan ketika kamu liburan ke Surabaya. Dibandingkan lainnya, pembuatan makanan ini sangatlah mudah, yaitu hanya mencampurkan irisan buah dengan bumbu hingga merata. 

Rujak Gobet
Rujak Gobet [image source]
10. Hampir sama dengan Rujak Shanghai Encim, Rujak Juhi juga menggunakan cumi sebagai bahan utamanya. Bedanya ada pada kuah sambal yang berbumbu cokelat. Tak hanya cumi, kuliner ini juga terdiri dari sayuran seperti kol dan kentang serta tambahan mie basah. 

Rujak Juhi
Rujak Juhi [image source]
Nah, mana nih yang sudah kamu coba? Atau punya rekomendasi rujak enak lain di kota tercintamu? Tulis di kolom komentar, ya! Next

ramadan
Es Krim Enak

Es Krim Lucu, Bikin Kita Tahu Rasanya Makan Pokemon Hingga Hello Kitty

Hotel Indah Tengah Hutan, Kembali Akrab dengan Alam Meski di Kota Besar