in ,

Madain Saleh, Peninggalan Kaum Tsamud yang Diazab Tuhan

Madinah
Madinah

Ibadah umroh kurang lengkap jika tidak sekalian berkunjung ke objek wisata bersejarah di Arab Saudi. Selain Jabal Uhud yang menjadi saksi bisu Nabi Muhammad berperang melawan kafir Quraisy, ada destinasi lain yang tak kalah menakjubkan. Apalagi kalau bukan Madain Saleh, sebuah kota tua yang yang dulunya pernah di azab.

Baca juga : Kasus Corona Memburuk, Indonesia ‘Dilockdown’ 59 Negara

Dalam sejarah, kota ini pernah menjadi tempat tinggal kaum Tsamud (kaum Nabi Saleh) sekitar 3.000 tahun sebelum masehi. Kaum ini dikenal angkuh dan sombong sehingga menolak ketika diperintahkan mengikuti ajaran Nabi Saleh. Tak hanya itu,, mereka juga mengingkari dan membunuh seekor unta betina. Karena sifatnya mereka akhirnya diazab.

Keindahan Madain Saleh
Keindahan Madain Saleh [image source]
Bukan hanya itu, semua bangunan kota Madain Saleh juga dihancurkan hingga berkeping-keping. Kisah keangkuhan dan juga azab Kaum Tsamud tersebut diceritakan dalam kitab suci Alquran. Meski pernah hancur, ternyata pemandangan Madain Saleh atau juga dikenal dengan nama Al-Hijr (bukit bebatu) tetap memesona. Tak heran jika banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan tempat bersejarah ini.

Bangunan Bersejarah di Arab Saudi
Bangunan Bersejarah di Arab Saudi [image source]
Sejauh mata memandang, pengunjung dapat melihat bangunan super unik yang mirip dengan Mesir. Ketika mendekati bangunan bersejarah tersebut terdapat pahatan, ukiran, menara serta saluran dan baik air yang menakjubkan. Belum lagi 132 kamar dan kuburan yang membuat wisatawan penasaran untuk datang ke Madain Saleh.

Madain Saleh
Madain Saleh [image source]
Keajaiban inilah yang membuat Madain Saleh masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2008 lalu. Menariknya lagi, destinasi bersejarah ini menjadi Situs Warisan Dunia pertama di Arab Saudi. Perjalanan untuk dapat melihat keindahan Madain Saleh bukanlah hal yang mudah. Dari Madinah, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 450 km atau sekitar 4 jam melewati gunung serta gurun bebatuan.

Bangunan di Madain Saleh
Bangunan di Madain Saleh [image source]
Bagiamana, sudah berencana untuk melaksanakan ibadah umroh di tahun ini? Jangan lupa untuk berkunjung ke Madain Saleh ya! Kamu bisa menyewa kendaraan sekaligus pemandunya agar tetap aman selama perjalanan. Setuju bukan? Next

ramadan

Wisata di Pedalaman Australia, Melihat Kanguru dan Melintasi Savana

Ternyata, Dulu Ada Trem di Indonesia Seperti di Eropa