in ,

Wisata di Pedalaman Australia, Melihat Kanguru dan Melintasi Savana

Benua Australia yang dekat dengan Indonesia tidak saja dikenal dengan wisata modern di pusat-pusat kota besarnya saja. Negara ini menyimpan kekayaan alam dan budaya yang menakjubkan. Apa saja wisatanya? Simak ulasannya.

Baca juga : Museum of Failure Swedia, Gudangnya Barang Gagal

1. The Pinnacles

The Pinnacles.
The Pinnacles. [image source]
Ribuan pilar batu kapur purba setinggi satu sampai empat meter ini tersebar di hamparan gurun pasir di Taman Nasional Nambung. Tepatnya di pesisir samudra Hindia tiga jam berkendara ke utara Perth. Pilar-pilar batu ini ada yang ujungnya bergerigi, ada pula yang memiliki kubah bundar menyerupai batu nisan sehingga menciptakan bentang alam yang menakjubkan. The Pinnacles sudah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu di zaman ketika pasirnya masih berada di bawah laut.

The Pinnacles
The Pinnacles. [image source]

2. Taman Nasional Karijini

Taman Nasional Karijani.
Taman Nasional Karijani. [image source]
Lokasinya di pegunungan Hammersley Ranges, dekat kota kecil Tom Price, yang paling cocok diakses melalui tur 4WD. Bentang alamnya masih asri dengan pemandangan air terjun, rawa-rawa yang hijau dan beragam flora serta fauna liar. Di sini disediakan jalur perjalanan yang menakjubkan, mulai dari yang mudah hingga yang berat dengan berkelok-kelok melintasi pemandangan indah. Saat malam tiba, pengunjung juga bisa berkemah di tengah hutan.

Taman Nasional Karijani.
Taman Nasional Karijani. [image source]

3. Pulau Kanguru

Pulau Kanguru.
Pulau Kanguru. [image source]
Berjarak 13 kilometer lepas pantai Australia Selatan, pulau ini bisa ditempuh dengan pesawat dari Adelaide 30 menit perjalanan. Banyak hewan lokal yang sulit ditemukan di daerah lain, terutama Kanguru hidup liar di sini. Sepertiga pulau ini kawasan cagar alam, sedangkan sisanya lahan pertanian subur dan perkotaan kecil. Di sini kanguru-kanguru hidup bebas di alam liar. Pulaunya dibagi menjadi tujuh wilayah dengan empat pusat kota, di antaranya Kingscote ibu kota pulau yang santai, Penneshaw tempat pemberangkatan kapal feri, American River, dan Parndana. Kebanyakan kawasan utama dihubungkan dengan jalan aspal dan beberapa jalan berbatu.

Pulau Kanguru.
Pulau Kanguru. [image source]

4. Alice Springs

Aborigim Alice Springs.
Aborigim Alice Springs. [image source]
Kota pedalaman ini dikenal dengan hamparan gurun pasir merah yang terbentang ratusan kilometer ke semua arah. Di sini pengunjung bisa berinteraksi dengan suku asli Australia, yakni Abrorigin yang memiliki seni budaya yang khas. Pengunjung juga bisa berkeliling gurun pasir dengan menunggangi onta.

Onta Alice Springs.
Onta Alice Springs. [image source]

5. Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen.
Pegunungan Alpen. [image source]
Sebagian besar benua Australia kering dan datar, tetapi di kawasan pegunungan Alpen, sebelah tenggara Australia, kawasannya tertutup salju. Di sini pengunjung bisa mendaki Gunung Kosciuszko, puncak gunung tertinggi Australia, di Snowy Mountains. Ada pula dataran tinggi Victoria dengan lereng saljunya yang bisa dijelajahi atau menjelajah hutan dan bersepeda di Taman Nasional Namadgi. Bisa juga menyusuri Alpen dari ujung ke ujung melintasi semak hutan pakai ski salju di Australian Alps Walking Track.

Pegunungan Alpen.
Pegunungan Alpen. [image source]
Tempat-tempat wisata yang jauh dari perkotaan di Australia ini bisa kamu coba kunjungi. Tertarik? Next

ramadan

Belanja Kuliner di Pasar Ini Serasa Kembali ke Tempo Dulu

Madinah

Madain Saleh, Peninggalan Kaum Tsamud yang Diazab Tuhan