in ,

Makam Raja di Asia Tenggara, Persemayaman Akhir Sang Penguasa yang Menarik untuk Diulik

4 Makam Raja di Asia Tenggara, Cocok Buat Penggemar Wisata Budaya

Makam Raja di Asia Tenggara
Makam Raja di Asia Tenggara

Raja umumnya punya tempat khusus di hati keluarga maupun rakyatnya. Tidak heran, sekalipun sudah meninggal mereka tetap punya persemayaman khusus. Seperti makam-makam raja di beberapa negara Asia Tenggara ini, salah satunya ada di Bali. Mau tahu seperti apa makam penguasa tersebut? Langsung disimak ulasannya, ya.

Baca juga : Chocolate Cottage, Sensasi Tidur di Dalam 1,5 Ton Coklat! Penasaran?

Pura Gunung Kawi, Bali-Indonesia

Pura Gunung Kawi, Bali-Indonesia via Instagram @ivan.eremenko
Pura Gunung Kawi, Bali-Indonesia via Instagram @ivan.eremenko

Pura Gunung Kawi merupakan makam raja di Asia Tenggara, tepatnya di Bali. Berlokasi di daerah pegunungan wilayah Bankar Penaka, Desa Tampaksiring, Gianyar. Di sini terdapat 10 candi yang dipahat di tebing, tempat pemujaan arwah Raja Udayana dan keluarganya. Pura yang telah dibangun sejak abad ke-11 ini juga menjadi destinasi wisata budaya.

Terdapat aturan bagi pelancong yaitu pria memakai sarung, perempuan pakai kain yang diikat di pinggang. Pura ini bisa dicapai dari pusat Ubud dengan kendaraan bermotor, sekitar 30 menit perjalanan. Siapkan biaya untuk tiket kira-kira Rp15 ribuan, plus parkir Rp5 ribuan.

Royal Tombs of Oudong, Kamboja

Royal Tombs of Oudong, Kamboja via Instagram @k.atus
Royal Tombs of Oudong, Kamboja via Instagram @k.atus

Royal Tombs of Oudong merupakan makam raja di Asia Tenggara, tepatnya penguasa Kamboja. Pusara yang berlokasi di atas bukit Phnom Oudong ini berusia kurang lebih 200 tahun. Tempat ini dilengkapi stupa khas dan juga kuil. Para raja disemayamkan di Oudong, sebab kota ini dulunya merupakan ibu kota Kamboja sebelum pindah ke Phnom Penh.

Royal Tombs of Oudong ini cukup populer di kalangan pelancong, mengingat tempatnya bersejarah dan elok. Tiketnya pun terjangkau, sekitar Rp70 ribuan. Makam ini mudah dicapai dari Phnom Penh, dengan mobil atau motor sewaan. Perjalanan kurang lebih 1 jam. Ada juga bus umum yang berangkat dari ibu kota Kamboja menuju Oudong.

Wat Phra Si Sanphet Royal Tombs, Thailand

Wat Phra Si Sanphet Royal Tombs, Thailand via Instagram @so3n
Wat Phra Si Sanphet Royal Tombs, Thailand via Instagram @so3n

Wat Phra Si Sanphet ialah sebuah biara yang dibangun untuk makam raja di Thailand. Tempat ini dibangun di wilayah istana, pada abad ke-14 oleh Raja U-Thong. Di area ini terdapat kuil, pagoda berbentuk lonceng, dan tempat penyimpanan abu raja dan keluarganya. Wat Phra Si Sanphet dianggap sebagai simbol Provinsi Ayutthaya.

Salah satu makam raja di Asia Tenggara ini berlokasi di Distrik Phra Nakhon Si Ayutthaya, Provinsi Ayutthaya. Dapat ditempuh dengan sepeda maupun tuk-tuk dari pusat Kota Ayutthaya, memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Ongkosnya kurang lebih Rp15 ribuan. Siapkan juga uang tiket masuk, Rp25 ribuan per orang.

Tomb of Emperor Khai Dinh, Vietnam

Tomb of Emperor Khai Dinh, Vietnam via Instagram @cada_travels
Tomb of Emperor Khai Dinh, Vietnam via Instagram @cada_travels

Tempat ini merupakan makam Kaisar Khai Dinh dari Dinasti Nguyen. Sang raja sengaja membangun persemayaman akhir yang megah dan beda dari makam raja lainnya. Dibangun mewah layaknya istana di sisi gunung. Pusaranya saja terletak di bagian atas, harus ditempuh melewati sekitar 127 anak tangga.

Tomb of Emperor Khai Dinh berlokasi di Gunung Chau Chu, kira-kira 10 kilometer dari Kota Hue. Dapat dicapai dengan becak atau ojek, ongkosnya sekitar Rp170 ribuan. Lebih hemat lagi menyewa motor di hotel di Jalan Hung Vuong, biayanya Rp70 ribuan per hari. Sisihkan juga uang tiket masuk makam, senilai Rp35 ribuan per orang.

Teman Traveler yang tertarik wisata budaya, bisa singgah ke makam raja yang juga destinasi wisata tersebut. Apakah ada yang sudah pernah ke salah satunya? Mungkin yang di Bali? Next

ramadan
Bakmi Jawa Mbah Dingklik

Bakmi Jawa Mbah Dingklik, Rasa Melegenda di Utara Jogja

Lumos Cafe and Barbershop Malang

Lumos Cafe Malang, Kafe Plus Barbershop Bertema Harry Potter