in ,

Bikin Merinding, Inilah 5 Museum yang Memajang Bagian Tubuh Manusia

Museum bagian tubuh manusia

Museum, umumnya adalah tempat di mana kamu bisa melihat barang-barang atau benda-benda yang bernilai sejarah. Di mana koleksi yang ada di dalam museum bisa memberikan nilai pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat.

Baca juga : Sistem Produksinya Begitu Mengerikan, Inilah Alasan Kenapa Makanan Hati Angsa Sangat Mahal

Namun, ada loh beberapa museum dengan barang koleksi yang unik, bahkan mengerikan. Pasalnya, yang dijadikan sebagai koleksi adalah potongan dan anggota tubuh manusia. Nah, penasaran enggak sih dengan penampakan museum-museum tersebut? Yuk, kepoin bersama Travelingyuk!

Koleksi rambut perempuan di Museum Avanos, Turki

Rambut adalah bagian tubuh yang tidak mudah hancur, karena di dalamnya terdapat zat keratin. Karena hal inilah, salah satu museum di Turki, Museum Avanos, mengumpulkan rambut dan menjadikannya koleksi. Museum ini dikelola oleh seniman lokal bernama Chez Galip pada tahun 1970-an.

Foto via Merdeka

Bukan tanpa sebab, Galip membuka museum ini karena ditinggal meninggal oleh sahabat karibnya. Salah satu kenangan yang tersisa adalah seikat rambut. Dari seikat rambut tersebut, Galip akhirnya mendirikan sebuah museum yang kini berisi 16.000 lebih ikat rambut. Rambut-rambut ini kebanyakan milik wanita yang berkunjung dan bersedia memberikan rambut mereka sebagai koleksi. Uniknya, dalam tiap ikatan rambut, ada kertas pesan dari para pemilik rambut.

Museum yang menyimpan ratusan otak manusia di India

Kalau kamu traveling ke India, ada sebuah museum yang berisi kurang lebih 600 otak manusia. Ya, museum ini merupakan bagian dari National Institue of Mental Health and Neuro Science (NIMHANS) di Bangalore. Para pengunjung enggak cuma bisa melihat saja, tetapi juga bisa memegang otak manusia.

Foto via Detik

Otak ini sebenarnya bisa menjadi bahan pelajaran, tentang kelainan penyakit yang dahulu diderita oleh sang pemilik otak. 600-an display otak yang diawetkan di museum ini merupakan otak dari pasien yang menderita gangguan mental atau kelainan otak. Contohnya, otak penderita Alzheimer, Parkinson, Schizofrenia, serta kelainan lain. Selain menjadi museum untuk umum, tempat ini merupakan tempat belajar para peneliti.

Museum Tuol Sleng dengan ratusan tengkorak di dalamnya

Kamboja tercatat mempunyai sejarah kelam selama masa pemerintahan Khmer Merah. Terbukti dari banyaknya orang yang meninggal dunia karena dihukum mati, atau dipaksa bekerja sampai mati. Dari kurun waktu  1975 hingga 1979, kurang lebih ada 1 juta orang yang meninggal dunia karena kekejaman Khmer Merah.

Foto via Bukalapak

Untuk mengenang hal tersebut, berdirilah sebuah museum, Tuol Sleng yang terletak di Phnom Penh. Sebelum menjadi museum, tempat tersebut adalah bangunan yang berfungsi sebagai penjara dan tempat penyiksaan. Sekarang, ada kurang lebih ratusan tengkorak manusia, bukti kejamnya Khmer Merah.

Museum berbagai alat kelamin ‘jantan’ di Islandia

Unik dan mengerikan bukan? Tapi ini memang benar-benar ada lho! Di Reykjavik, Islandia, terdapat sebuah museum yang memajang alat kelamin ‘jantan’ berbagai makhluk hidup. Di sana kamu bisa melihat alat kelamin pria, alat kelamin hewan, mulai dari anjing laut, beruang, bahkan kelamin paus jantan.

Foto via Suara

Salah satu penis ikan paus yang dipajang di museum ini setinggi orang dewasa (sekitar 170 cm). Alat kelamin tersebut disimpan dalam botol-botol kaca dan sudah diawetkan. Selain alat kelamin ‘jantan’, ada berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari alat kelamin hewan. Nah, bagi yang ingin menyumbangkan alat kelaminnya, museum ini membuka kesempatan untuk donor penis setelah seseorang meninggal.

Hand of Glory, tangan dari penjahat yang dihukum mati

Salah satu koleksi yang ada di Museum Whitby, Inggris, adalah Hand of Glory, merupakan tangan manusia yang diawetkan dan dijadikan sebagai pajangan. Bukan sembarang tangan ya, Hand of Glory adalah tangan dari para penjahat kelas kakap yang dipotong sesaat setelah penjahat tersebut dieksekusi mati.

Foto via The Whitby Guide

Tangan yang diambil merupakan tangan yang dipakai oleh mereka saat melakukan tindak kejahatan. Hand of Glory ini dipercaya bisa melindungi pemiliknya. Di Museum Whitby sendiri ada beberapa Hand of Glory yang merupakan koleksi dan sumbangan dari masyarakat.

Bagaimana, dari 5 jenis museum yang berisi potongan tubuh manusia di atas, mana nih yang paling seram dan bikin bulu kuduk berdiri? Next

ramadan
cafe mandalika sby

Mampir ke Mandalika Cafe, Suguhkan Nuansa Bali nan Instagramable di Surabaya

Jepang anjurkan wisatawan asing beli asuransi perjalanan

Biar Aman dan Nyaman Traveling di Jepang, Lakukan Hal-Hal Ini!