in , ,

Replika Rumah Rasulullah di Museum Nabi Muhammad di Madinah

Melihat replika rumah Nabi Muhammad di Madinah

fi replika rumah Rasulullah

Saat mengunjungi tanah suci, Teman Traveler bisa berwisata religi dan sejarah dengan mendatangi museum Nabi Muhammad di Madinah. Melihat replika rumah Rasulullah, mengetahui seperti apa sejarah serta yang ada di dalamnya. Yuk simak perjalanan berikut.

Baca juga : Grammichele, Kota Unik Bentuk Segi Enam di Italia

Dahulu Satu Area Dengan Masjid Nabawi

satu area masjid nabawi
Ilustrasi via instagram islamic__dpz_

Masjid Nabawi salah satu dari tiga masjid yang agung di muka bumi, selain sebagai tempat ibadah, ziarah makam nabi dan sahabat dekatnya Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Dahulu rumah Rasulullah berdekatan dengan Nabawi, sekarang rumah sudah menyatu dan satu area dengan masjid Nabawi. Lokasinya tepat pada makam Rasulullah.

Replika Rumah di Museum Nabi Muhammad

museum-nabi
Ilustrasi via [image source]

Namun Teman Traveler masih bisa mengetahui bentuk kediaman Rasulullah seperti apa pada masanya. Dengan mengunjungi Museum Nabi Muhammad yang memiliki replika rumah Rasulullah.

Museum Nabi Muhammad berlokasi di depan gerbang 8 Masjid Nabawi, Madinah. Tepatnya berada di Al Haram, 42311 Al Madinah al Munawwarah, Saudi Arabia. Dari masjid Nabawi bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 7-10 menit, melalui Jalan Abi Thar Al Ghefari.

Museum Kehidupan Nabi Muhammad SAW

museum kehidupan nabi
Ilustrasi via [image source]

Museum ini berisi segala hal tentang sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, mulai dari silsilah, peristiwa hijrah, dan biografi. Kemudian untuk pembuatan replika rumah didasarkan kepada al-quran, hadist, serta penelitian.

Saat melihat replika tempat tinggal Rasulullah tampak sederhana, berukuran 8×4 meter berbentuk persegi panjang. Dinding terbuat dari tanah liat, pintu hanya ditutupi gorden, sedangkan atapnya dari pelepah kurma.

Tempat Tinggal yang Sederhana

replika
Ilustrasi via [image source]

Selanjutnya, rumah dibagi menjadi dua ruangan, ruang pertama berukuran 5×4 meter berfungsi sebagai tempat istirahat sekaligus ruang serbaguna. Sisanya digunakan untuk halaman rumah yaitu 3×4 meter.

Di dalam juga terdapat tombak, busur, panah, dan ada tongkat beliau yang digunakan untuk berjalan, bersandar, serta memberikan khutbah. Selain itu ada panci air terbuat dari kulit dan turban, lalu bantal yang digunakan Rasulullah terbuat dari batu bata.

Demikian perjalanan wisata religi Museum Nabi Muhammad di Madinah, bisa dijadikan referensi tujuan wisata Teman Traveler saat di tanah suci. Next

ramadan
fi spot instagenic di jakarta

Ngabuburit Hunting Spot Foto Instagenic di Jakarta, Gratis lho!

Asiatique

Mengunjungi Asiatique, Wisata yang Wajib Didatangi Saat ke Bangkok