in

Naik Gunung di Musim Hujan? Ini Nih Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Hujan bagi sebagian pendaki adalah pantangan untuk nggak melangkahkan kaki. Tapi, bagi sebagian yang lain momen ini justru yang sangat ditunggu. Memang sih mendaki saat hujan lebih berat, tapi nuansa dan sensasinya itu lho, benar-benar beda. Merasakan terpaan hujan di tengah hutan-hutan gunung. Hal semacam ini nggak bisa didapatkan dengan mudah.

Baca juga : Ternyata Ini yang Membuat Permohonan Paspor Kita Ditolak

Adalah fakta kalau mendaki ketika hujan itu lebih berat plus bahayanya juga nambah sedikit, tapi bukan sesuatu yang mustahil kok untuk dilakukan. Tapi, untuk merealisasikannya, kita juga butuh banyak persiapan. Nggak hanya fisik yang harus lebih kuat dari biasanya, tapi juga aspek-aspek lainnya.

Lalu, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat mendaki di kala musim hujan? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Persiapkan Fisik dengan Baik karena Perjalanan akan Lebih Berat

Mendaki saat hujan itu agak lebih berat jika dibandingkan dengan musim kemarau. Alasannya nggak lain karena medannya bakal lebih menantang. Mulai dari trek yang licin, nuansa dingin yang lebih menggigil, serta masih banyak lagi yang lain. Lantaran lebih berat dan menantang, maka wajib hukumnya untuk mempersiapkan badan.

Perkuat fisik dengan olahraga [Image Source]
Perkuat fisik dengan olahraga [Image Source]
Tentu ada banyak cara untuk membuat badan lebih fit. Selain berolahraga bisa juga dengan mengonsumsi vitamin c biar badan makin seger. Oh iya, usahakan benar-benar sehat ya sebelum memutuskan untuk mendaki. Karena ambruk saat mendaki ketika hujan itu nggak enak banget rasanya.

Pilih Tempat yang Paling Familiar

Menentukan tempat adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan kala memutuskan mendaki di musim hujan. Sarannya sih, pilih tempat yang paling familiar. Tujuannya tentu biar memudahkan kita saat di  jalan nantinya. Lantaran sudah familiar setidaknya kita nggak buta arah ketika mendaki.

Pilih tempat yang familiar [Image Source]
Pilih tempat yang familiar [Image Source]
Bagaimana kalau bagi para pendaki baru? Jika kondisinya seperti itu, tips terbaiknya adalah pilih gunung yang paling mudah trekkingnya. Bisa yang jalannya nggak terjal atau semacamnya. Hal ini juga menghindari risiko di perjalanan nantinya.

Packing dengan Cara yang Beda

Hal penting selanjutnya yang harus kita perhatikan tentang mendaki saat musim hujan adalah tahu cara packing yang benar. Ya, packing untuk muncak ketika hujan itu beda dari yang biasanya. Poin penting yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan kantong plastik untuk menaruh semua barang yang kita bawa, terutama peralatan elektronik.

Packing bawaan dengan plastik [Image Source]
Packing bawaan dengan plastik [Image Source]
Nggak hanya kantong plastik, kita juga harus memilih baju yang sesuai saat hujan, yakni yang bahannya dry fit. Dry fit dipilih karena lebih cepat kering dan juga ringan, sehingga packingnya akan lebih mudah. Kembali ke kantong plastik, kita bisa menggunakan lebih dari satu plastik untuk membungkus barang-barang yang dibawa. Hal tersebut akan memberikan proteksi ganda.

Pakaian dan Atribut Harus Serba Waterproof

Membuat tubuh tetap kering adalah hal yang juga nggak kalah penting saat mendaki ketika hujan. Badan yang nggak basah akan lebih nyaman sehingga kita tetap aktif, mulai dari melakukan perjalanan sampai bikin tenda. Tapi, untuk membuat badan tetap kering butuh trik-trik khusus. Salah satunya adalah memakai segala hal yang berbau waterproof.

Pakai jas hujan pun nggak masalah [Image Source]
Pakai jas hujan pun nggak masalah [Image Source]
Waterproof itu bisa jaket dan sepatu. Kalau celana sih mungkin akan basah ya, tapi pilih yang dry fit saja biar cepat kering. Oh ya, soal celana, jangan menggunakan jeans karena akan susah kering dan bikin nggak enak di badan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mendaki

Setelah soal prepare selesai, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah prosesi naik gunungnya sendiri. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Misalnya adalah dengan berdekatan satu sama lain alias nggak terpisah. Ini akan membuat satu grup aman dan nyaman. Seumpama ada satu anggota yang jatuh atau mengalami kedinginan, maka yang lain akan cepat tanggap. Tetap dekat juga menguntungkan secara visibilitas.

Tetap dekat ketika mendaki [Image Source]
Tetap dekat ketika mendaki [Image Source]
Selain tetap dekat, usahakan satu grup ini berjalan agak lebih cepat. Diterpa hujan terus menerus akan menurunkan kekuatan dan ketahanan. Jadi, ketika berjalannya lebih cepat, hal tersebut bisa diminimalisir. Tapi, meskipun cepat, harus juga berhati-hati karena jalannya jelas nggak lebih mudah dari biasanya.

Mendaki saat hujan memang nggak mudah. Tapi, apa yang bakal didapatkan nanti akan sangat menyenangkan. Nggak hanya sensasi basah-basahan bersama grup, tapi juga nuansa syahdu rintik hujan di gunung yang nggak akan mudah untuk didapatkan. Sekali lagi, jika ingin melakukan hal tersebut harap catat ya poin-poin penting di atas. Biar naik gunung lebih menyenangkan dan aman. Next

ramadan

Kuliner Jogja yang Mantap di Lidah, Makanan dengan Citarasa Khas Jawa

Cottonwood, Guest House di Bandung yang Lucu dan Shabby Chic