in ,

Nanjing City Wall, Tembok Besar Lain di Tiongkok yang Ditempel Pakai Ketan

Tembok Besar di Tiongkok Tidak Cuma Satu, Masih Ada Nanjing City Wall

Nanjing City Wall, Tiongkok
Nanjing City Wall, Tiongkok

Selama ini kita lebih mengenal The Great Wall of China dengan tinggi sekitar 5-8 meter dan panjang kira-kira 20 ribu kilometer. Ternyata masih ada satu lagi tembok besar di Tiongkok, yaitu Nanjing City Wall. Sejarah dibaliknya tidak kalah menarik untuk disimak. Seperti apa cerita dan bentuknya kini? Jangan nunggu lama-lama, langsung baca ulasan berikut.

Baca juga : Best Places to Shop Arts in Ubud

Dibangun Antara Tahun 1366 dan 1386, Melindungi Ibu Kota Dinasti Ming

Demi Melindungi Ibu Kota Dinasti Ming via Shutterstock
Demi Melindungi Ibu Kota Dinasti Ming via Shutterstock

Nanjing City Wall berlokasi di Kota Nanjing atau dulu disebut Nanking, ibu kota Provinsin Jiangsu. Didirikan atas komando dari Kaisar Zhu Yuanzhang dari Dinasti Ming. Tembok ini dibangun antara tahun 1366 sampai 1386, demi melindungi pusat pemerintahan Dinasti Ming. Kurang lebih 200 ribu orang dipekerjakan untuk membangun tembok ini.

Garis Keliling Sekitar 35 Kilometer

Garis Keliling Mencapai 35 Kilometer via Shutterstock
Garis Keliling Mencapai 35 Kilometer via Shutterstock

Nanjing City Wall punya garis keliling sekitar 35 kilometer, melingkari sekitar 54 kilometer persegi bagian dalam Kota Nanjing. Menjadikan tembok ini sebagai “The World’s Longest Circular City Wall”. Hingga saat ini bagian tembok yang masih berdiri sekitar 21 kilometer, dengan tinggi kira-kira 12 meter dan lebar kurang lebih 7 meter. Di bagian pinggir tembok, terdapat setidaknya 13 ribuan celah atau lekukan berbentuk persegi panjang.

Menghabiskan 350 Juta Batu Bata

300 Batu Bata, Ditempel Pakai Beras Ketan via Shutterstock.jpg
300 Batu Bata, Ditempel Pakai Beras Ketan via Shutterstock.jpg

Nanjing City Wall terbuat dari hampir sekitar 350 juta batu bata, yang masing-masing diukir oleh karakter-karakter Hanzi alias huruf dalam Bahasa Mandarin. Cetakan dari kaligrafi tersebut pun tidak bisa sembarangan, tergantung siapa yang memberi tanda, pejabat atau pengrajin.

Kemegahan Nanjing City Wall via Instagram @sassyshifsays
Kemegahan Nanjing City Wall via Instagram @sassyshifsays

Ukiran tersebut menggambarkan perkembangan karakter Tionghoa dari waktu ke waktu. Uniknya, batu bata tersebut ditempel menggunakan campuran jeruk nipis, minyak tung, dan pasta beras ketan. Adonan ini terbukti kuat seperti campuran semen.

Berkunjung Melalui 6 Gerbang

Punya 6 Gerbang Dibuka untuk Umum via Shutterstock
Punya 6 Gerbang Dibuka untuk Umum via Shutterstock

Pengunjung yang ingin masuk ke area Nanjing City Wall dapat melewati 6 gerbang yang dibuka untuk umum. Di antaranya Zhonghua Men, Zhong Shan Men, Dong Shui Guan, Qing Li Mountain, Ding Huai Gate, dan Zhong Fu Road. Zhonghua Men atau the Gate of China, terletak di sebelah utara Sungai Qinghua, merupakan pintu masuk utama ke setiap tur ke City Wall.

Walaupun tidak semegah dan sepopuler The Great Wall of China, Nanjing City Wall patut disinggahi ketika liburan di Tiongkok. Menyusuri tembok, mengetahui sejarahnya, sembari menikmati panorama Kota Nanjing. Bagaimana cukup menarik, bukan? Next

ramadan

Sermo and Kalibiru, a Lovely Pair in a National Park

Sate Khas Senayan

Sate Khas Senayan yang Sudah Melegenda Sejak 1974, Populer dan Suguhkan Citarasa Nendang