in ,

Manyambangi National Space Centre di Kota Juara Liga Inggris, Leicester

National Space Centre [image source]

Kota Leicester semakin mendunia setelah klub sepakbola kebanggaan kota tersebut berhasil mengunci gelar juara Liga Primer Inggris musim ini mengalahkan sejumlah klub top seperti duo Manchester, Arsenal, hingga Chelsea. Hal ini tentu sekaligus mendongkrak popularitas kota sebagai tujuan wisata.

Baca juga : Fenomena Mengerikan dan Langka, Jutaan Belalang dan Jangkrik ‘Serbu’ Makkah

Leicester adalah sebuah kota kecil di County Leicestershire yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari kota London menggunakan kereta. Meski kecil kota ini sangat modern sekaligus dikenal sebagai kota seni, sejarah dan budaya. Salah satu daya tarik kota ini disamping sepakbola adalah keberadaan National Space Centre di timur kota Birmingham.

National Space Centre [image source]
National Space Centre [image source]
National Space Centre adalah sebuah museum sekaligus planetarium terbesar dan terlengkap di Inggris. Museum ini menampilkan dunia antariksa yang paling komplit sebagai sarana belajar. Ditengok Travelingyuk dari situs Visit Leicester, keberadaan museum ini tidak lepas dari kerjasama antara Space Research Centre University of Leicester dan pemerintah kota Leicester yang kemudian disusul oleh Institute of Engineering Surveying and Space Geodesy University of Nottingham sebagai pengelolanya.

Melihat dari pengelolanya yang ditangani langsung oleh salah satu perguruan tinggi pastinya apa-apa yang disimpan di dalamnya sarat akan nilai edukasi. Dari halaman depan pengunjung akan disambut oleh patung astronot dengan latar belakang gedung museum yang berarsitektur unik. Setelah melewati pintu utama dari plat besi, pengunjung langsung dihadapkan dengan pesawat luar angkasa Soyuz bikinan Rusia.

Pesawat Soyuz [image source]
Pesawat Soyuz [image source]
Dari ruangan dimana pesawat Soyuz berada pengunjung bisa melanjutkan ke ruangan berikutnya dimana untuk masuk ke dalamnya harus membayar tiket. Menariknya sekali membayar tiket pengunjung bisa keluar masuk gratis ke dalam museum itu selama setahun. Aturannya bisa kalian baca sendiri di laman berikut.

Di dalam ruangan berikutnya ada bola dunia yang dikelilingi plat besi sebagai gambaran tebal atmosfir bumi. Besi ini sangat tipis sehingga pengunjung tahu bahwa atmosfir sebagai pelindung bumi ini sangat tipis dan rentan. Selain itu banyak lagi koleksi peraga peralatan ruang angkasa lengkap dengan deskripsi masing-masing koleksi.

Space Training di National Space Centre [image source]
Space Training di National Space Centre [image source]
Yang menarik adalah di salah satu sudut ruangan museum ini tersimpan meteorit bernama Henbury yang jatuh di Northern Territory, Autralia dan Barwell yang jatuh di Leicestershire tahun 1965. Setelah itu pengunjung juga bisa mengunjungi zona yang bernama The Planet dimana disana akan ada gambaran permukaan beberapa planet di luar bumi.

Masih banyak lagi koleksi yang berhubungan dengan luar angkasa di museum ini. Garis besarnya adalah apa yang dikoleksi National Space Centre adalah gabungan dari teknologi angkasa luar milik Rusia, Amerika dan Inggris. Tak heran jika museum ini disebut-sebut sebagai yang terbesar dan terlengkap di Inggris. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

4 Kota Paling Aman untuk Dikunjungi di Dunia

Fakta Unik Himalaya, Wisata ke Puncak Dunia