in

Ngabuburit di Simpang Lima Gumul, Traveler Bisa Sambil Tukar Uang Buat Persiapan Lebaran

Ilustrasi Tukar Uang [image source]

Menukar uang saat bulan Ramadan untuk persiapan lebaran adalah salah satu tradisi yang dilakukan kebanyakan traveler muslim. Pada bulan yang suci ini pula banyak jasa penukaran uang yang menggelar lapak di tempat-tempat umum. Beruntung bagi traveler yang tinggal atau sedang berada di Kediri karena Bank Indonesia berencana membuka kas keliling selama bulan Ramadan.

Baca juga : Nggak Cuma Ayam dan Kambing, Ini 4 Sate yang Bikin Penasaran

Tradisi memberi angpao saat lebaran masih ada hingga sekarang. Untuk itu saat Ramadan atau menjelang lebaran banyak orang yang menukarkan uang dengan pecahan uang baru. Kebanyakan mereka menukarkan pada jasa penukaran uang tidak resmi yang banyak dijumpai di pinggir jalan dengan harga yang mahal. Kabar baiknya adalah, tahun ini Kantor BI Kediri menggelar kas keliling untuk melayani penukaran uang selama bulan puasa loh!

Ilustrasi Tukar Uang [image source]
Ilustrasi Tukar Uang [image source]
Menurut Kepala Kantor Bank Indonesia Kediri, Djoko Raharto, pelayanan kas keliling tersebut akan diberi tema “Nuker Uang Ngabuburit” dan mengambil lokasi di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul alias Arc de Triomphe Indonesia. Bagi warga yang ngabuburit di sana sambil nunggu waktu berbuka, bisa tuh sekalian tukar uang baru buat persiapan lebaran.

Layanan kas keliling dari Bank Indonesia ini juga dilakukan oleh 8 bank umum lainnya di tempat yang sama. Dari informasi yang beredar layanan penukaran uang tersebut sedianya akan dilakukan setiap hari Sabtu mulai tanggal 11 Juni hingga 2 Juli 2016. Ada ketentuan yang harus traveler penuhi saat mau menukarkan uang di layanan kas keliling ini.

Simpang Lima Gumul menjadi salah satu lokasi pembukaan kas keliling Bank Indonesia, via instagram
Simpang Lima Gumul menjadi salah satu lokasi pembukaan kas keliling Bank Indonesia, via instagram

Aturannya adalah setiap orang yang mau menukarkan uang baru hanya dibatasi hingga nominal Rp. 3,7 juta. Sedangkan pecahan uang baru yang disediakan antara lain pecahan Rp. 20 ribu, Rp. 10 ribu, Rp. 5 ribu dan Rp. 1 ribu. Menariknya layanan penukaran uang ini bukan disediakan untuk nasabah bank saja namun masyarakat umum yang tidak memiliki tabungan di bank juga bisa turut menukarkan uang.

Nah mulai sekarang catat tuh jadwal pembukaan kas keliling di Simpang Lima Gumul Kediri. Saat tanggal-tanggal tersebut silahkan ngabuburit ke sana sambil tukar uang di tempat yang resmi sehingga traveler bisa terhindar dari jumlah nominal tukar yang lebih rendah atau resiko mendapatkan uang palsu. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Menguak Potensi Wisata Kabupaten Lampung Timur

Nisa Pudu, Bukti Dompu Tak Kalah Indah Dari Lombok