in ,

Jalan-jalan di Pedesaan Korea Selatan, Serasa Berada di Masa Kerajaan Joseon

Jalan-jalan di Pedesaan Korea Selatan, Serasa Berada di Masa Kerajaan Joseon

Pedesaan Korea Selatan
Pedesaan Korea Selatan

Suasana pedesaan, di banyak tempat selalu menyenangkan. Begitu juga dengan yang ada di Korea Selatan. Mengunjunginya, akan membuat Teman Traveler seolah merasa dibawa ke era Joseon. Khusus penyuka drama-drama Korea, seru juga mengetahui bagaimana Negeri Gingseng di era Joseon. Nah, penasaran di mana Teman Traveler bisa berkunjung ke beberapa pedesaan Korea Selatan. Seperti apa ya?

Baca juga : Ada yang Sampai Seminggu, Ini 7 Rute Kereta Api Terpanjang di Dunia

1. Hahoe Folk Village

Salah Satu Bangunan Tradisional di Hahoe Folk Village
Salah Satu Bangunan Tradisional di Hahoe Folk Village via Instagram/caroliencba

Tempat pertama yang bisa memuaskan rasa penasaran Teman Traveler mengenai suasana di Joseon dulu adalah Hahoe Folk Village. Pedesaan Korea Selatan satu ini terletak di Provinsi Gyeongsang Utara, tepatnya di Andong. Hahoe Folk Village juga masuk dalam kategori warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO. Ini sebab masyarakat kampungnya masih sangat mempertahankan budaya, cara hidup, juga tradisi yang berlangsung di Era Joseon.

Di kampung wisata ini, Teman Traveler akan menemukan bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur yang masih sangat tradisional. Beberapa di antaranya yang cukup terkenal adalah Chunghyodang Manor dan Byeongsan Confucian Manor. Uniknya, desa ini masih dihuni oleh keturunan dari klan atau marga utama Pungsan Yu.

2. Seongeup Folk Village

Asrinya Suasana di Seongeup Folk Village
Asrinya Suasana di Seongeup Folk Village via Instagram/sabrinazaharaini

Pedesaan Korea Selatan ini letaknya di Pulau Jeju, lho. Di Seongeup Folk Village, Teman Traveler akan mendapati ribuan rumah tradisional dengan atap yang masih menggunakan jerami, dinding dari tanah liat atau batu. Persis seperti latar-latar tempat di drama bertema Joseon.

Di kampung ini, terdapat juga kantor pemerintahan yang tidak kalah tradisional bernama Hangkyo. Juga, Tolharubang yang merupakan kompleks pemakaman. Tanah di desa wisata ini sangat subur, Teman Traveler, sehingga banyak dimanfaatkan untuk menanam sayur dan buah-buahan.

3. Namsangol Hanok Village

Resort Musim Panas di Era Joseon Dulu Ada di Namsangol Hanok Village
Resort Musim Panas di Era Joseon Dulu Ada di Namsangol Hanok Village via Instagram/maksymilianus

Pedesaan Korea Selatan yang satu ini dikenal juga dengan nama A Village of Tradisional Houses in the Namsan. Pada masa Joseon dulu, terutama saat musim panas, tempat ini menjadi area resort yang banyak dikunjungi.

Unsur tradisional di dalamnya masih sangat kental. Bahkan, di tempat ini terdapat taman tradisional dengan sungai yang mengalir, khas yang ada pada era Joseon.

4. Jeonju Hanok Village

Rumah Tua di Kawasan Jeonju Hanok Village
Rumah Tua di Kawasan Jeonju Hanok Village via Instagram/nylonsg

Di antara pedesaan Korea Selatan, Jeonju Hanok Village adalah yang paling terjaga kelestariannya. Karena terletak di kawasan pusat Kota Jeonjo, desa wisata ini lebih tampak seperti kota dengan desain tradisional yang ada di tengah-tengah perkotaan. Rumah-rumah tradisional di kawasan ini benar-benar dibangun pada masa Joseon, Teman Traveler, yaitu pada 1392-1910. Meski berusia sudah sangat tua, semuanya masih sangat terjaga dengan baik.

5. Bukchon Hanok Village

Kawasan Bukchon Hanok Village Tempat Pejabat di Era Joseon Tinggal
Kawasan Bukchon Hanok Village Tempat Pejabat di Era Joseon Tinggal via Instagram/edamamebeanz

Satu lagi desa yang bisa Teman Traveler kunjungi saat ke Korea Selatan, yaitu Bukchon Hanok Village. Pada masa kerajaan Joseon, desa ini adalah kotanya. Ia berada di tengah-tengah antara Istana Gyeongbokgung dan Kuil Jongmyo Royal Shrine. Jangan heran jika saat datang ke sini, Teman Traveler melihat rumah-rumah dengan ukuran besar ya, karena memang di sinilah para bangsawan dan pejabat di era Joseon tinggal.

Suasana kerajaan Joseon yang baru bisa dilihat melalui drama-drama Korea yang Teman Traveler rasakan, bisa dirasakan sungguhan lho! Karena itu agendakan untuk liburan ke sini yuk! Dan rasakan sensasinya jalan-jalan ke masa lalu Korea Selatan. Next

ramadan

Mau Enteng Jodoh, Datangi Saja Goa-goa di Indonesia Ini, Percaya?!

Pesona Daya Meratus

Pesona Dayak Meratus di Desa Budaya Kepul, Bukti Kekayaan Nusantara