in ,

Mau Enteng Jodoh, Datangi Saja Goa-goa di Indonesia Ini, Percaya?!

Mitos Goa-goa di Indonesia Ini Bikin Enteng Jodoh Lho, Percaya?!

Goa Tetes yang Unik dan Dipercaya Mendekatkan Jodoh

Indonesia dan segala keanekaragaman budayanya, tidak asing dengan mitos-mitos atau legenda. Beragam tempat, semakin berwarna dengan kehadiran mitos-mitos tersebut. Salah satu tempat yang lekat dengan hal itu, adalah goa. Keberadaan mereka lekat dengan mitos enteng jodoh yang beredar dan dipercaya dari zaman ke zaman. Penasaran? Gak sabar pengen membuktikan? Simak dulu ulasan tentang goa-goa di Indonesia dengan mitos ini kalau begitu!

Baca juga : Pilihan Destinasi Wisata Vania Herlambang, Wakil Indonesia di Miss International 2018

1. Goa Tetes, Lumajang

Goa Tetes yang Unik dan Dipercaya Mendekatkan Jodoh
Goa Tetes yang Unik dan Dipercaya Mendekatkan Jodoh via Instagram/ziccohudyoro

Goa Tetes yang terletak di Lumajang, Jawa Timur ini, memiliki mitos yang dipercaya dapat mengentengkan jodoh bagi pengunjungnya. Goa dengan tampilan unik karena berada di bawah air terjun ini sungguh eksotis. Teman Traveler akan dibuat kagum dengan kontruksi stalagmit dan stalaktit yang menjulur dan terbentuk secara alami. Belum lagi tetesan air terjun dari sana yang membuat suasana semakin berbeda.

Masyarakat sekitar percaya, siapa pun yang mandi menggunakan air dari kawasan Goa Tetes, akan dimudahkan dalam mendapat jodoh. Juga hubungan yang sedang tidak harmonis akan kembali baik setelah mandi menggunakan air tersebut. Siapa yang mau coba?

2. Goa Hawang, Kepulauan Kei

Kejernihan Air Goa Hawang Mengandung Mitos
Kejernihan Air Goa Hawang Menyimpan Mitos via Instagram/berangan_trip

Goa di Indonesia dengan mitos enteng jodoh selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Goa Hawang. Goa ini terletak di Kepulauan Kei. Membasuh muka menggunakan airnya yang jernih, dipercaya dapat memancarkan aura, yang kemudian dapat melancarkan jodoh. Air dari Goa Hawang ini memang sejernih kristal, Teman Traveler. Di atasnya, cetakan stalaktit menjuntai seperti lelehan batu. Keindahan Goa Hawang pun berjalan beriringan dengan mitos-mitos yang disandangnya.

3. Goa Nagaraja, Banyumas

Kemegahan Batu Alam di Goa Nagaraja
Kemegahan Batu Alam di Goa Nagaraja via Instagram/asagienpitsu

Goa yang dipercaya dapat membuat pengunjungnya lebih enteng jodoh ini terletak di Gunung Selok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selain itu, goa ini juga merupakan salah satu tempat pesugihan. Konon, Goa Nagaraja merupakan tempat persinggahan Ratu Sekar Jagad sekaligus petilasan Bung Karno dan Soeharto. Menurut cerita, agar memudahkan jodoh untuk segera datang, Teman Traveler hanya perlu mandi di dalam goa.

4. Goa Kelanggengan, Cirebon

Siapa Tahu di Dalam Goa Kelanggengan Ada Jodohmu
Siapa Tahu di Dalam Goa Kelanggengan Ada Jodohmu via Instagram/darsono_osonoso24

Selain memang karena keindahannya, tempat-tempat dengan mitos enteng jodoh memang mudah menarik hati. Jika mau mencoba peruntungan mengenai hal ini, tempat wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Goa Kelanggengan di Cirebon. Uniknya, goa ini berada satu kawasan dengan Goa Peteng yang memiliki mitos berlawanan. Hayo, mau coba yang mana?

5. Goa Gunung Putri, Bandung Barat

Keindahan Lanskap di Sekitar Goa Gunung Putri
Keindahan Lanskap di Sekitar Goa Gunung Putri via Instagram/smooth.advesia

Letak tepatnya berada di kawasan wisata alam Cililin, Bandung Barat. Pintu goa cukup rendah, tetapi airnya dipercaya dapat mendekatkan jodoh. Jika goa yang lain mengharuskan Teman Traveler untuk mandi agar enteng jodoh, goa ini tidak. Namun, Teman Traveler harus meminum air dari goa di Indonesia yang satu ini. Tertarik?

Mitos enteng jodoh pada goa-goa di Indonesia tersebut kembali pada kepercayaan Teman Traveler semua. Mau sungguhan mencoba dan percaya, atau sekadar mengunjunginya sebagai salah satu tempat wisata, bebas lho. Bagaimana, tertarik untuk membuktikan sendiri? Next

ramadan
Soto Lenthok Pak Mul

Soto Lenthok Pak Mul, Kuliner Berkuah dengan Rasa Juara di Jogja

Pedesaan Korea Selatan

Jalan-jalan di Pedesaan Korea Selatan, Serasa Berada di Masa Kerajaan Joseon