in

Ini Loh Penyebab Kenapa Rencana Perjalanan Bisa Berantakan di Tengah Liburan

Liburan itu nggak bisa dilakukan setiap waktu. Sekali kamu dapat kesempatan, maka harus dimanfaatkan dengan baik. Tidakkah kamu ingin keliling Indonesia atau dunia? Melihat keindahan dari tempat-tempat asing akan membuat hidupmu jadi lebih berwarna. Dunia ini luas, ada begitu banyak hal menarik di luar sana. Bukan hanya di atas daratan, tapi juga di kedalaman lautan. Naik ke puncak-puncak tertinggi atau melewati jalan-jalan kuno di kota juga bisa jadi rekreasi yang seru banget. Perencanaan yang matang sangat diperlukan agar liburanmu bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga : Liburan Akhir Tahun Anti Mainstream, Kunjungi 5 Tempat Ini!

Kadang yang sudah diatur saja bisa berantakan karena berbagai hal, apalagi jika kamu main berangkat dan nekat. Bukannya kesenangan yang kamu dapatkan, tapi malah kesusahan. Biar kamu tidak mengalaminya, sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebab rencana perjalanan bisa berantakan di tengah liburan berikut ini. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi masalah tersebut. Langsung saja, ini ulasan selengkapnya.

1. Tidak Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan [image source]
Perencanaan Keuangan [image source]
Uang adalah masalah utama yang harus kamu perhatikan. Tanpa uang yang cukup, kamu tidak akan bisa liburan dengan nyaman dan tenang. Bahkan jika kamu mendapatkan liburan yang gratis pun tetap harus membuat perencanaan keuangan. Perhitungkan biaya yang harus kamu keluarkan untuk transportasi dan penginapan. Alokasikan juga untuk makan, kamu nggak mau kan kelaparan di tempat orang? Dengan membuat perencanaan keuangan uangmu tidak akan terkuras. Tentu saja, kamu masih harus menyambung hidup setelah liburan. Jika uangmu habis saat itu juga, kamu sendiri yang akan repot.

2. Tidak Membuat Jadwal Sejak Awal

Perencanann perjalanan [image source]
Perencanann perjalanan [image source]
Biasakan untuk tidak nekat dan membuat perencanaan dengan matang, terutama saat kamu akan melakukan perjalanan ke suatu tempat yang jauh dari rumah. Bahkan ke lokasi yang dekat pun juga harus diatur. Bukan hanya dalam hal keuangan saja, tapi juga jadwal kegiatan selama perjalanan. Jika kamu tidak melakukannya, maka siap-siap saja menghadapi banyak masalah. Misalnya saja, dalam sehari harusnya bisa bertandang ke lima tempat. Namun karena tidak ada perencanaan, kamu hanya bisa pergi ke satu tempat saja. Tentukan terlebih dahulu waktu liburannya, setelah itu tempat yang ingin dituju lengkap dengan durasinya. Kamu akan terhindar juga dari kelelahan atau perjalanan sia-sia karena tempatnya tutup.

3. Kesasar

Tersesat [image source]
Tersesat [image source]
Namanya saja berada di tempat yang asing, wajar jika kamu masih bingung dengan nama tempat dan jalanan yang harus dilalui untuk sampai ke tujuan. Terkadang, saking bingungnya kamu sampai kesasar. Menghabiskan waktu di jalanan tanpa tahu arah dan tujuan adalah hal yang menyebalkan. Jadwal yang sudah kamu atur susah payah juga berantakan. Jika sudah begitu, kamu mungkin harus mengorbankan beberapa aktivitas. Akan lebih baik jika kamu membekali diri dengan alat navigasi seperti gps atau smartphone yang mendukung aplikasi peta.

4. Kehilangan Barang

Kehilangan barang [image source]
Kehilangan barang [image source]
Jaga barang-barangmu dengan baik saat melakukan perjalanan. Entah untuk liburan atau bisnis. Meski musibah bisa datang kapan saja tanpa bisa ditolak, kamu tidak boleh sembrono. Yang berhati-hati saja masih bisa kehilangan, apalagi kamu yang ceroboh. Masalahnya bisa lebih rumit jika kamu kehilangan barang yang penting seperti dompet dan paspor. Tanpa barang-barang itu, kamu bisa terkena masalah. Jika tertangkap tanpa paspor di luar negeri, bisa-bisa kamu ditahan. Saat mengetahui paspor dan surat-surat berhargamu hilang, maka segeralah untuk lapor. Untuk paspor bisa lapor ke kedutaan. Jika di dompetmu yang hilang terdapat kartu kredit, segera hubungi pihak bank untuk mengamankannya.

5. Masalah di Lokasi Liburan

Kerusuhan [image source]
Kerusuhan [image source]
Masalah kadang tidak datang dari dalam dirimu sendiri. Kamu mungkin sudah berusaha keras merencanakan perjalanan dan mengamankan barang-barangmu. Namun, apakah masalah akan hilang begitu saja? Tentu saja tidak, misalnya saja saat terjadi kerusuhan di tempat yang kamu tuju. Kerusuhan akan membuat kamu berada dalam tempat yang tidak aman. Jika kamu berada di tengah-tengah kerusuhan, segera cari tempat perlindungan. Kalau perlu batalkan liburanmu dan menghubungi pihak keamanan.

6. Ditipu Orang

Penipu [image source]
Penipu [image source]
Kamu mungkin tidak bisa menyangkal jika dunia ini tidak selalu diisi oleh orang-orang yang baik saja. Ada sebagian orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan, meski dengan cara menipu atau menyakiti orang lain. Hampir di semua kota terdapat perampok atau penipu. Siapapun bisa menjadi target penjahat, termasuk juga kamu. Maka dari itu, bekali dirimu dengan cara-cara pertahanan diri. Kalau perlu bawa barang-barang yang bisa dijadikan senjata kalau mendesak, seperti semprotan lada dan lain sebagainya. Kemampuan bela diri juga akan sangat membantu.

7. Bencana Alam

Bencana Alam [image source]
Bencana Alam [image source]
Sebelum terjadi tsunami tahun 2014, Aceh adalah daerah dengan pantai-pantai dan keindahan alam mempesona. Namun dalam sekejap, Kota Serambi Mekah itu porak-poranda karena gelombang. Jangankan melihat tempat indah, kamu hanya akan melihat tangisan dan reruntuhan bangunan. Siapa yang bisa menolak bencana alam? Meski kecil, tapi cukup membuat rencana liburanmu tidak berjalan dengan semestinya.

Itulah beberapa penyebab kenapa liburanmu tidak bisa berjalan dengan lancar. Perhatikan juga kondisi tubuhmu, karena semua perencanaan akan sia-sia jika kamu dalam kondisi sakit. Next

ramadan

Berakhir Pekan di Kota Sendiri, ini Hal-Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Berenang Bareng Whale Shark di Derawan dan Maratua