in

Berakhir Pekan di Kota Sendiri, ini Hal-Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Jalan-jalan di taman kota [image source]

Hampir semua orang selalu antusias untuk melakukan liburan. Entah sendiri atau bersama orang lain. Melepas lelah dengan mengunjungi tempat wisata adalah solusi yang ampuh agar kita mendapatkan kembali semangat dalam menjalankan aktivitas rutin sehari-hari. Namun karena masalah jarak dan waktu, kadang niatan liburan tersebut jadi terhalang. Mau bagaimana lagi, terutama untuk seseorang yang berstatus sebagai karyawan, tentu dia tidak bisa seenaknya mengambil cuti atau libur. Kadang hanya bisa mengandalkan tanggal merah. Pergi ke luar kota, bahkan sampai ke luar pulau dalam satu hari saja, akan sulit dilakukan.

Baca juga : Dawet Suronatan, Kuliner Madiun Enak untuk Takjil Ramadan

Kalaupun bisa, pasti menyita banyak tenaga dan biaya. Urungkan niatmu untuk bertandang ke tempat-tempat yang jauh meski terkenal dengan keindahannya. Sebagai gantinya, kamu masih bisa berakhir pekan dan menikmati liburan di kotamu sendiri. Karena tak jauh dari tempatmu tinggal, maka kamu bisa lebih leluasa menghabiskan waktu untuk santai dan seru-seruan. Berikut ini adalah beberapa ide menarik tentang aktivitas yang bisa kamu lakukan di kota sendiri. Apa ya? Langsung saja ini ulasannya.

1. Bersantai di Taman Kota atau Alun-alun

Kota yang baik tentu memiliki kriteria tersendiri, salah satunya bisa dilihat dari ketersediaan fasilitas umum untuk masyarakat. Tidak hanya sarana transportasi, tapi juga taman-taman terbuka atau dalam bentuk alun-alun. Saat ini di sebagian kota-kota di Indonesia sudah memiliki alun-alun. Beberapa di antaranya bahkan sudah ada sejak zaman dulu. Di tempat itulah, berbagai kegiatan masyarakat dilakukan. Saat ini mungkin disediakan sebagai tempat liburan dan bersantai. Namun dulu, alun-alun biasa digunakan oleh penguasa untuk berkomunikasi dengan rakyatnya. Jika kamu tinggal di Malang, pasti tahu keberadaan alun-alun dengan pepohonan rindang serta air mancur di tengahnya. Di Yogyakarta juga ada alun-alun yang cukup bersejarah.

Jalan-jalan di taman kota [image source]
Jalan-jalan di taman kota [image source]
Namun, ada sebagian kota yang selama ini terkenal tidak memiliki alun-alun, tapi cukup membanggakan karena terdapat taman-taman kota yang indah dan keren. Sebut saja Surabaya yang memiliki Taman Bungkul, Taman Mundu, Taman Flora, hingga Taman Mpu Tantular. Semuanya dilengkapi dengan fasilitas umum. Jadi para pengunjung bisa lebih senang dan betah berlama-lama. Kamu bisa mengajak keluarga atau pasangan untuk ngobrol menikmati makanan dan berbagai hal seru lainnya. Namun ingat, buanglah sampah pada tempatnya ya!

2. Berburu Kuliner

Setiap daerah pasti memiliki ciri khas yang membedakan dengan wilayah lain. Baik dalam segi tradisi, maupun kuliner. Jika kamu bingung mau ngapain saat akhir pekan nanti, coba saja untuk berburu makanan tradisional. Hal itu bisa menjadi nostalgia tersendiri. Coba ingat-ingat tentang jajanan yang kamu sukai sewaktu kecil dulu, setelah itu cari informasi di mana tempat yang menjualnya, beberapa mungkin sulit ditemukan. Namun, jika memang ada kenapa sesekali kamu tidak mencobanya.

berburu kuliner [image source]
berburu kuliner [image source]
Kulinerannya nggak harus yang tradisional sih. Sesuaikan saja dengan selera dan keinginanmu. Jika kamu memang ingin makanan luar negeri juga nggak ada salahnya. Dengan perkembangan media sosial saat ini, nggak sulit mendapatkan rekomendasi tempat makan lengkap dengan informasi seputar menu dan harganya. Kamu bisa berburu masakan Jepang, Eropa, hingga India. Mencicipi rasa yang unik tentu adalah cara yang tepat untuk berakhir pekan. Lidah jadi puasa dan perut juga kenyang.

3. Menginap di Hotel Bertema Resort

Nah loh kan ada rumah, kenapa mesti menginap di hotel? Pertanyaan seperti itu mungkin akan langsung ada di benakmu. Memang sudah ada tempat tinggal, entah itu masih ngontrak, ngekos atau sudah milik sendiri. Bagi sebagian orang, akan lebih baik jika tinggal di rumah daripada menginap di hotel dan membuang-buang uang. Jangan dulu berpikir buruk, karena ada sisi positif dan manfaat tersendiri yang akan kamu dapatkan. Berakhir pekan di rumah pasti sudah sering kamu lakukan. Saat kamu memiliki banyak pikiran dan membutuhkan tempat untuk menenangkan diri yang tak jauh dari rumah, maka hotel atau resort terdekat adalah pilihan yang tepat.

Menginap di hotel [image source]
Menginap di hotel [image source]
Memang dalam segi keuangan bisa termasuk pemborosan, tapi kamu juga nggak melakukannya sering-sering kan? Sesekali bolehlah memanjakan dirimu dengan fasilitas hotel berkonsep resort dengan interior dan bangunan yang indah. Biasanya ada fasilitas kolam renang, manfaatkan saja dengan baik untuk berenang. Olahraga tersebut bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga bisa merilekskan pikiran.

4. Mengunjungi Keluarga

Terkadang kesibukan sehari-hari membuat kita jadi tidak memiliki waktu banyak untuk keluarga. Jangankan berkunjung ke rumah saudara yang lokasinya jauh, ngobrol dengan orang serumah pun kadang juga jarang. Padahal, dengan berinteraksi dengan keluarga, kamu bisa membicarakan banyak rencana dan menemukan hal baru yang seru. Kamu bisa mengadakan liburan bersama suatu saat nanti. Jika saat akhir pekan , kamu belum memiliki rencana apa-apa, sebaiknya memanfaatkan waktu itu untuk mengunjungi keluargamu.

Mengujungi keluarga [image source]
Mengujungi keluarga [image source]
Jika kamu masih memiliki orang tua, akan lebih baik jika kamu datang ke rumah mereka. Kehadiranmu yang sudah lama dinanti, pasti akan memberikan kebahagiaan. Nggak perlu membawa banyak barang, karena kebersamaan adalah sesuatu yang paling berharga bagi sebuah keluarga.

Itulah beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan di kota sendiri. Tentu masih ada kegiatan lain yang nggak kalah menantang. Seperti jalan-jalan di kebun binatang, melihat isi museum atau bahkan menyegarkan pikiran dengan membaca buku di perpustakaan umum. Pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berakhir pekan ya guys! Next

ramadan

Wisata Kuliner di Prawirotaman, Rasa Mantap ala Kampung Bule Jogja

Ini Loh Penyebab Kenapa Rencana Perjalanan Bisa Berantakan di Tengah Liburan