in

Peralatan Glamping yang Wajib Dimiliki Generasi Kekinian, Kamu juga Harus Punya!

Karpet [image source]

Liburan memang selalu menarik untuk dilakukan, berbagai kalangan suka melakukan hal itu untuk menyegarkan pikiran membuat tubuh dan mental jadi lebih sehat serta banyak tujuan lain. Ya benar, menikmati keindahan memang selalu menantang. Bukan keindahan wanita lho ya, tapi alam dengan pemandangan mengagumkan. Kadang totalitas dalam berwisata itu perlu, jika kamu berencana ingin lebih dekat dengan alam ya harus meninggalkan bangunan-bangunan tinggi dengan segala kemewahan dan fasilitasnya menuju penginapan sederhana seperti tenda. Namun saat membayangkan aktivitas berkemah, kamu mungkin akan berpikir bagaimana sulitnya hal itu.

Baca juga : Amankah Bayi Diajak Liburan?

Harus mendirikan tenda, tidur tanpa kasur, makan harus menyalakan api dulu serta masih banyak alasan lain yang langsung membuat nyalimu ciut. Padahal, berkemah itu adalah kegiatan menarik asal kamu tahu caranya. Jika kamu termasuk orang yang nggak mau jauh-jauh dari fasilitas nyaman, maka glamping adalah solusi yang paling tepat. Apa itu glamping? Istilah tersebut digunakan untuk kemah yang mewah atau glamorous camping. Kamu nggak perlu khawatir akan repot, karena dengan teknologi dan peralatan serba modern kamu masih bisa bersantai dengan nyaman dan sensasi berkemah juga nggak hilang lho.

Nah ada beberapa peralatan yang harus kamu miliki terlebih dahulu sebelum melakukan glamping. Memang ada banyak tempat yang sudah menyiapkan tenda untuk glamping lengkap dengan isinya. Bahkan di dalamnya sudah ada perabotan seperti tempat tidur dan TV, termasuk juga telepon dan wifi. Namun jika kamu bisa menyiapkan peralatannya sendiri, akan lebih enak. kamu bisa memilih tempat yang keren sesuai seleramu. Langsung saja, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Alat Penerang 

Mungkin camping biasa hanya perlu mengandalkan senter, namun glamping membutuhkan peralatan yang lebih cangih dan keren lagi. Saat malam hari, kondisinya bisa sangat gelap. Penerangan yang minim, justru akan membuat kamu tidak nyaman. Percuma saja ada fasilitas dan peralatan lain yang keren, tapi nggak kelihatan karena remang-remang atau gelap. Saat ini ada banyak sekali alat penerang yang multifungsi. Bahkan pasak tenda saja, ada yang sudah dilengkapi dengan penerang. Saat malam pasak itu akan menyala, jadi kamu nggak perlu khawatir tersandung pasak atau tali tenda.

Alat penerang [image source]
Alat penerang [image source]
Selain itu, cahaya yang terang juga bisa mengusir hewan-hewan liar, untuk bagian dalam tenda, gunakan saja lampu gantung yang bisa memancarkan berbagai warna. Alam yang indah saat malam hari, akan semakin cantik saat kamu lihat dari dalam tendamu itu. Minimal kamu memiliki dua alat penerang, satunya buat cadangan untuk jaga-jaga kalau ada yang rusak kamu nggak gelap-gelapan.

2. Matras Udara

Di mana saja kamu berada, pasti ingin tidur dengan nyaman bukan? Entah itu di dalam rumah atau di atas rumput sekalipun. Yang pasti kamu nggak perlu membawa kasur lengkap dengan tempat tidurnya juga saat melakukan glamping, kamu cuma akan bersantai sejenak, bukannya pindahan rumah. Cukup andalkan peralatan seperti matras udara. Beda dengan matras yang biasa dibawa para pendaki  karena matras tersebut bisa membesar setelah diisi dengan udara.

Matras udara [image source]
Matras udara [image source]
Ukurannya bermacam-macam, kamu bisa memilih yang cukup untuk sendirian atau dua orang. Dengan matras udara, kamu bisa tidur dengan nyaman tanpa khawatir kedinginan atau badanmu jadi sakit-sakit karena tidur di permukaan yang keras. Saat selesai, tinggal ciutkan kembali dengan mengeluarkan udaranya. Dijamin, kamu nggak akan menemukan banyak perbedaan dengan tidur di kamarmu sendiri dalam hal kenyamanan.

3. Selimut dan Bantal

Sama seperti matras udara, ada juga bantal udara. Kamu tidak perlu lagi menggunakan tas atau baju-baju yang ditumpuk sebagai bantal saat glamping. Tidak bisa dimungkiri jika keberadaan bantal ini sangat penting. Kadang seseorang akan kesulitan tidur jika tidak meletakkan kepalanya di atas bantal yang empuk dan nyaman. Namun, sekali lagi membawa bantal biasa akan membuatmu kerepotan.

Bantal udara [image source]
Bantal udara [image source]
Sebagai solusi agar kamu tetap merasa nyaman, maka sebaiknya mengandalkan bantal udara. Jika ingin menggunakannya tinggal tiupkan udara hingga membesar seperti bantal pada umumnya. Jika ingin pulang ya tinggal dikempesi saja. Kamu bisa membawa satu atau dua bantal agar glampingmu makin seru dan nyaman.

4. Karpet

Karpet [image source]
Karpet [image source]
Kemewahan tenda dan kenyamanan suasananya akan semakin terpampang jika kamu menggelar karpet sebagai alas. Meski tendamu besar dan mewah, tapi jika bagian lantainya tidak kamu beri alas, maka akan terlihat kurang keren. Selain itu, udara di dalam tenda juga bisa lebih dingin lagi. Untuk mengatasi hal itu, gunakan karpet atau matras. Nggak perlu tebal agar kamu mudah membawanya.

5. Toilet Portable

Toilet portable [image source]
Toilet portable [image source]
Tempat tidur udah keren, alamnya juga nyaman. Lalu bagaimana jika kamu ingin buang air kecil, mandi dan lain sebagainya? Sebagian orang mungkin cukup dengan menggali tanah atau menggunakan sungai untuk mandi. Tapi jika kamu tidak bisa melakukan hal semacam itu, gunakan saja toilet portable. Saat ini ada perangkat toilet yang bisa dibongkar pasang dan dibawa ke mana-mana.

Itulah beberapa peralatan glamping yang harus kamu miliki, masih ada banyak item lain sebenarnya, seperti tenda hingga peralatan memasak. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membuat kegiatan kemah mewahmu jadi lebih seru. Next

ramadan

Pulau Keren di Sumenep Madura, Suguhan Alam yang Memesona

Tempat Menginap di Yogyakarta yang Simple dan Instagram-able