in , ,

Plecing Kangkung Khas Lombok, Dengan Taburan Kacang Tanah Sungguh Menggoda

Siapa yang tak mengetahui Lombok, dengan wisata alam yang indah dan menjadi primadona para hiking nasional maupun mancanegara meliriknya. Hingga Lombok pernah dinobatkan sebagai wisata halal terbaik dan tempat wisata halal bulan madu terbaik dalam ajang Internasional World Halal Travel Award 2015. Sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu juga tidak boleh dilewatkan untuk mencicipi makanan khas Lombok.

Baca juga : Bureau Coffee & Dine Malang, Makanan Memukau Harga Terjangkau

Plecing Kangkung khas Lombok dengan taburan kacang tanah dan sambal yang mantap. Foto via mediakom.kemkes.go.id

Masakan khas Lombok terkenal dengan cita rasanya yang khas, yaitu pedas dan berlemak. Cita rasa ini juga bisa ditemukan di menu sayuran khas Lombok yang satu ini, yaitu Plecing Kangkung khas Lombk. Meskipun saat ini resepnya bisa dicontoh dan menu masakan ini bisa didapatkan di luar Lombok, namun tentu saja tetap ada sensasi berbeda apabila bisa menikmatinya dari tempat asal.

Plecing Kangkung adalah kuliner Lombok yang sering menjadi pendamping kuliner Lombok lainnya yaitu ayam taliwang. Disajikan dengan tauge atau cambah, sambal dan pelengkap berupa kacang tanah goreng. Plecing Kangkung ini menjadi sayuran khas Lombok yang terkenal bukan hanya di rumah makan khas Lombok bahkan terdapat didaerah daerah luar Lombok. Sajian dengan bahan dasar sayur khas Indonesia ini hampir terdapat disegala penjuru dan pelosok negeri.

Plecing Kangkung disajikan dengan ayam taliwang yang menggoda selera. Foto via indosport.com

Karena sayuran ini memang nikmat dan memiliki banyak manfaatnya secara kesehatan. Namun setiap daerah memiliki ciri dan jenis masakan yang hampir-hampir berbeda meskipun berbahan dasar yang sama. Rasanya khas sebagaimana rasa menu kuliner Lombok yang identik dengan rasa pedas dan berlemak. Namun bahan kangkung dan sambal pada menu ini memberikan sensasi kesegaran tersendiri. Karena kangkung dan tomat yang terdapat pada sambalnya memiliki kadar air yang tinggi.

taburan kacang dengan kangkung yangs egar. Foto via travelkompas.com

Ditambah dengan sambal plecing yang mantap. Sambal khas Lombok ini memiliki komposisi yang berbeda dengan sambal-sambal khas Indonesia lainnya sehingga memiliki rasa yang berbeda dan cocok untuk sajian ini. Rasa pedas yang wangi dengan rempah rempah campuran jeruk limau yang membuat siapa saja tergoda. Sajian ini juga bisa ditambah dengan kacang panjang, urap dan pelengkap berupa jeruk limau dan bawang goreng. Next

ramadan

Kedung Kenthus, Green Canyon Ala Ponorogo Yang Bikin Takjub

fi kegiatan yg dilarang

Kegiatan yang Dilarang Selama PPKM Level 3 di Seluruh Indonesia dan Aturan Wisata