in ,

Qigu Salt Mountains, Gunung Garam di Taiwan Dilengkapi Maskot Lucu

Bekas Tambang Garam di Taiwan Ini, Telah Menjelma Menjadi Qigu Salt Mountains yang Diminati Pelancong

Qigu Salt Mountains
Qigu Salt Mountains

Berwisata di Taiwan, tidak hanya bisa jelajah Taipei. Namun cukup jauh dari pusat ibu kota, yaitu di wilayah Pantai Barat Daya, terdapat objek wisata yang patut dikunjungi. Tepatnya di kota Tainan yang cukup terkenal akan pariwisata serba garam sebab kawasan ini dulunya penuh pertambangan garam. Salah satunya adalah Qigu Salt Mountains, gunung di Taiwan yang dipenuhi garam. Seperti apa sih serunya jalan-jalan ke tempat ini?

Baca juga : 13 Pulau Ini ‘Dikuasai’ Hewan, Bukan Manusia

Dahulu Tambang Garam

Salt Mountains Dulunya Tambang Garam via Instagram @cheriselife
Qigu Salt Mountains Dulunya Tambang Garam via Instagram @cheriselife

Qigu Salt Mountains dulunya merupakan pertambangan garam laut paling luas di Taiwan, memasok kebutuhan untuk pertanian domestik dan sektor industri. Namun seiring berjalannya waktu, garam laut sudah tidak terlalu layak secara ekonomi. Qigu Salt Field pun menghentikan produksi pada tahun 2002, mengakhiri sejarah garam laut Taiwan selama 338 tahun. Dari sinilah muncul Qigu Salt Mountains dengan luas 1 hektar, yang sampai kini menjadi daya tarik wisata di Tainan.

Puluhan Ribu Ton Garam Menjadi Daya Tarik Wisata

Menjadi Daya Tarik Wisata via Instagram @travelling_key
Menjadi Daya Tarik Wisata via Instagram @travelling_key

Tempat ini pun berbenah sehingga menjadi magnet wisata, menikmati objek pariwisata serba garam di kawasan ini. Terdapat 2 gunung garam di area Qigu Salt Mountains, gundukan utama dan sebelah utaranya. Bukit garam utama terdiri dari sekitar 60 ribuan ton garam sisa Qigu Salt Field, dengan tinggi kira-kira 20 meter. Tiba di puncak, Teman Traveler akan melihat gundukan lain yang lebih pendek di dekatnya. Bahkan pengunjung boleh icip es krim asin yang dijual di toko terdekat.

Terbentuk dari Ribuan Ton Garam via Instagram @travelswithourdaughter
Terbentuk dari Ribuan Ton Garam via Instagram @travelswithourdaughter

Atraksi di Qigu Salt Mountains

Maskot Burung Hantu di Atas Gunung Garam via Instagram @jackso_nyeo
Maskot Burung Hantu di Atas Gunung Garam via Instagram @jackso_nyeo

Demi menarik perhatian pelancong, patung maskot binatang dipasang di puncak bukit sesuai dengan tema yang berganti-ganti. Mulai dari burung hantu, fortune cat, penguin, malaikat, dan lainnya. Diletakkan secara bergantian di atas gunung garam, ada juga yang diletakkan di sekitar area tersebut. Tidak hanya sekedar melihat-lihat bukit garam, pengunjung dapat menjajal wahana perahu bumper, go-kart, dan kereta Doo-doo. Setelah puas main di Qigu Salt Mountains, melipir saja ke Taiwan Salt Museum yang berlokasi di sebelahnya. Mengetahui sejarah industri garam Taiwan, cara pembuatan, dan lainnya.

Cara Mencapai Qigu Salt Mountains

Dibangun Maskot di Sekitar Area via Instagram @masakoniuniu
Dibangun Maskot di Sekitar Area via Instagram @masakoniuniu

Qigu Salt Mountains berlokasi di distrik Qigu, kota Tainan, Taiwan. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Tainan selama kira-kira 40 menit. Dapat pula ditempuh dengan bus umum menuju terminal Qigu Salt Mountain. Tempat ini buka mulai dari Senin sampai Jum’at, buka mulai pukul 9.00. Tiket masuk sekitar Rp22 ribuan per orang kalau membawa motor, sepeda, maupun jalan kaki. Sedangkan jika menggunakan mobil, dikenakan biaya Rp46 ribuan per orang.

Teman Traveler sudah mencatat informasi pentingnya? Supaya dapat menyiapkan diri apabila mau singgah ke gunung garam. Siap nih liburan ke Taiwan? Next

ramadan
Gereja dengan Catacombs di Eropa

Unik atau Menyeramkan Gereja di Eropa Ini Punya Catacombs Penuh Tengkorak, Dibutuhkan Keberanian Lebih untuk Masuk

Bali Spirit Festival 2019

Bali Spirit Festival 2019, Buat Kamu yang Suka Yoga, Dance, dan Musik