in

RMK Energy Rangkul Warga Petani Hadapi Turunnya Produksi Hasil Pangan

el nino RMK Energy dukung petani

Jeritan hati para petani yang terdampak langsung El Nino jadi perhatian RMK Energy. Sebagai industri yang juga hidup berdampingan, PT RMK Energy Tbk (RMKE) mewujudkan harapan agar warga masyarakat sekitar wilayah operasional industri tersebut bisa lebih tangguh di tengah hantaman iklim ekstrem kali ini. 

Baca juga : Kenali Perkampungan Cantik di Atas Teluk Tomini

El Nino memang bukan hal baru, tetapi semakin tahun, isu lingkungan dan iklim ini makin memberi pengaruh besar pada hasil tani dan ketersediaan air. Tentu saja hal tersebut jadi momok mengerikan bagi masyarakat petani di daerah. 

Grafik hasil produksi pangan nasional menunjukkan tren penurunan. Kendati tidak di semua wilayah, tapi setidaknya sebagai pelaku usaha, RMK Energy bisa memberikan dukungan pada lingkungan warga masyarakat terdekat di lingkungan warga RT 025 dan RT 026 Selat Punai Kel. Pulokerto, Kec. Gandus, Kota Palembang

Bantuan alat berat dan peralatan cocok tanam meningkatkan harapan petani

Sebagai wujud nyata kontribusi terhadap masyarakat petani di sekitar wilayah operasionalnya, RMK Energy telah mendatangkan alat berat seperti traktor dan peralatan bertani yang mumpuni. Sebab berpacu dengan kondisi iklim yang makin ekstrem ini, perlu dibarengi dengan percepatan seperti aplikasi teknologi. 

Bantuan ini sangat dirasakan oleh para warga yang diwakili oleh Lili, Ketua Kelompok Tani Suka Maju 2. Di mana mesin traktor secara fungsi bisa berguna untuk kegiatan yang juga menjadi sumber penghidupan mereka. Saat ini, warga tani di sana tengah menghadapi tantangan dalam optimalisasi hasil pangan dari varian sayuran. Di antaranya cabai dan terung yang sulit produksinya karena curah hujan rendah. 

Oleh karena itu, selain bantuan fasilitas ini, pihak warga sangat antusias setelah mengetahui akan ada program selanjutnya. Sebab mesin pertanian makin ke sini juga semakin upgrade dan pengetahuan ini masih belum tersosialisasikan dengan baik kepada petani di pelosok

RMK Energy akan bekali petani dengan pengetahuan berbasis teknologi

Berpacu dengan kondisi iklim yang makin ekstrem, penanganannya pun harus lebih cepat dan canggih. RMK Energy berkomitmen untuk membantu warga masyarakat melalui program lanjutan edukasi seputar teknologi dan inovasi pertanian ini. 

Tujuan jangka pendek dan menengahnya tentu dengan menjaga kestabilan produksi hasil pangan di tengah gempuran El Nino atau kondisi ekstrem lainnya. Namun, secara tidak langsung hal ini juga menjadi anak tangga membantu warga masyarakat mengentaskan masalah kesejahteraannya. 

Dengan pengetahuan yang baik, bisa menghasilkan teknik bertani yang mumpuni dan memberi hasil optimal. Harapannya akan bisa membangun kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Selain bersama RMKE dan komunitas tadni, juga akan ada kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang melalui UPTD Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Gandus.

Mewakili perusahaannya, William Saputra selaku Direktur Operasional menyebutkan bahwa program ini akan dilakukan secara konsisten. Dengan demikian bisa memberikan manfaat secara langsung dan berkelanjutan pada warga sekitar. Salah satunya adalah dari kemandirian ekonomi. 

Permasalahan iklim ini memang cukup signifikan dampaknya pada harga bahan pokok. Menjadi sebuah ironi karena petani sendiri berusaha survive menjaga dapur tetap mengepul, tetapi ladang yang menjadi sumber pencaharian mereka tidak produktif. 

BACA JUGA: Viral Tugu Lilin di Solo Meleleh karena Cuaca Panas, Ternyata Ditabrak Truk Pengangkut Ayam

Oleh karena itu dukungan PT RMK Energy Tbk (RMKE ini bisa membantu secara materiil dan non materiil, sehingga melengkapi amunisi petani menghadapi masa sulit ini. Dengan sinergi tersebut, tentunya berdampak juga menekan laju kenaikan harga bahan pokok yang gila-gilaan belakangan ini. Di samping itu, aksi serupa juga bisa menjadi contoh bagi industri lainnya untuk membangun hubungan yang lebih mutual dengan warga sekitar, di bidang positif yang potensial di daerah masing-masing.  Next

ramadan
Tugu Lilin Solo Meleleh

Viral Tugu Lilin di Solo Meleleh karena Cuaca Panas, Ternyata Ditabrak Truk Pengangkut Ayam

Tips Cimol Tidak Meledak

Nggak Usah Takut Bikin Sendiri di Rumah, Ini Tips Cimol Agar Tidak Meledak