in ,

Salut! Kafe di Jepang ini Pekerjakan Orang Lumpuh Jadi Pelayan Robot

Kafe Pelayan Robot

Jepang dan kreativitasnya memang tak memiliki batas. Kamu pasti sudah sering menemukan berbagai inovasi dari negara asal Doraemon ini. Nah, salah satu yang paling baru dan menarik adalah kafe dengan pelayan yang berupa robot. Terdengar biasa untuk standar Jepang?

Baca juga : Hanya Dengan Lakukan Ini Kamu Bisa Dapat Tiket MRT Gratis di Singapura, Mau Coba?

Robot yang bekerja di sini bukanlah robot biasa, mereka dioperasikan oleh orang-orang lumpuh. Kok bisa? Begini ceritanya.

Kafe Pelayan Robot
Foto via Timeout

Saat melangkah masuk, kafe ini sibuk dengan staf robot. Ada robot yang menyapa pelanggan di pintu, satu untuk membantumu menemukan tempat duduk, dan satu lagi untuk merekomendasikan makanan spesial sehari-hari dan menerima pesanan mereka. Kemudian ada Tele-Barista yang populer, seorang seniman kopi humanoid yang akan mengurusmu.

Robot-Robot Dikendalikan oleh Orang Lumpuh

Kafe Pelayan Robot
Foto via Newlaunches

Kafe ini mempekerjakan pilot manusia yang hidup dengan disabilitas dan mungkin hanya bisa terbaring untuk mengendalikan robot di kafe. Mereka disebut sebagai ‘veteran yang terbaring di tempat tidur’, dapat menggunakan mouse, iPad, atau remote yang dikendalikan oleh mata untuk mengontrol robot dari kursi roda atau tempat tidur.

Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi

Kentaro Yoshifuji, salah satu pendiri dan CEO Ory Laboratory, perusahaan rintisan teknologi naungan kafe ini. Dulu ternyata ia pernah harus dirawat di rumah sakit beberapa kali selama masa sekolah. Kentaro tidak dapat bersekolah untuk jangka waktu yang lama dan merasa pengalaman tersebut mengilhami dia untuk mempelajari robotika.

Foto via Atlasofthefuture

Ia juga terinspirasi untuk “menggunakan teknologi untuk memudahkan kehidupan orang-orang yang tidak dapat berpartisipasi dalam lingkungan sosial normal, baik itu bekerja maupun bersosialisasi.”

Ternyata tidak semua robot mencuri pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Dengan sedikit ilmu pengetahuan, kreativitas dan simpati, Jepang mulai menginisiasi dalam membuat kafe yang mempekerjakan mereka yang lumpuh (dan mungkin butuh banyak biaya pengobatan dan hidup) untuk bekerja dan menghasilkan uang. Salut! Next

ramadan
Salah satu resort mewah di Pulau Bintan yang menggunakan bangunan layaknya Kapal Bersejarah MV Doulos Phos

Resort Mewah Diatas Kapal Bersejarah MV Doulos Phos, Sajiannya Memikat Pengunjung

Desa Hilisimaetano

Hilisimaetano, Salah Satu Desa Adat Tertua di Kabupaten Nias dengan Tradisi yang Unik