in ,

Fenomena Mengerikan dan Langka, Jutaan Belalang dan Jangkrik ‘Serbu’ Makkah

Terdapat Fenomena Langka dan Mengerikan, Invansi Ribuan Serangga di Makkah

Kolase Travelingyuk
Kolase Travelingyuk

Fenomena yang begitu langka terjadi di Arab Saudi, tepatnya di Masjidil Haram, Tanah Suci, Makkah. Ribuan belalang dan jangkrik yang enta datang dari mana seakan ‘menyerbu’ Masjidil Haram dan rumah-rumah warga yang berada di sekitarnya. Tentu saja serangga di Makkah ini menjadi hal yang sangat meresahkan banyak orang. Terlebih lagi bagi mereka yang ingin menjalankan ibadah Umrah atau yang lainnya.

Baca juga : Pesawat Delay 15 Jam Gara-gara Pilot Salah Bawa Paspor

Informasi Menyebar Melalui Video dan Foto di Media Sosial

Penampakan serangga di Makkah, via Twitter
Penampakan serangga di Makkah, via Twitter

Hal tersebut pertama kali menyebar luas lantaran diketahui melalui foto da video yang viral di media sosial. Terlihat jangkrik dan belalang berwarna hitam tersebut berada di berbagai tempat. Mulai dari tembok, tiang masjid, lantai. Bahkan tak sedikit serangga tersebut yang merayap ke pakaian para jamaah yang lalu lalang ataupun yang sedang melaksanakan ibadah.

Dalam beberapa video yang beredar, suara-suara jangkrik tersebut mendominasi dan terdengar begitu nyaring. Namun seakan tak terganggu dengan keberadaan serangga-serangga tersebut, ada beberapa orang yang duduk- duduk di lantai masjid, sebagian ada pula yang beribadah.

Tanggapan Pemerintah Kota Makkah Mengenai ‘Invansi’ Serangga

Serangga yang menempek di baju jamaah, via Twitter
Serangga yang menempek di baju jamaah, via Twitter

Melihat fenomena yang tidak biasa tersebut, akhirnya Pemerintah Kota Makkah membenarkan hal yang sekarang ini menyebar di media sosial. Di dalam pernyataanya, Pemkot Makkah menyebutkan jika serangga hitam tersebut sebagai belalang hitam dan jangkrik tersebut sedang tahap migrasi.

Tindakan yang Diambil oleh Pemerintah Kota Makkah

Tindakan yang diambil Pemerintah Makkah, Twitter Makkah Government Official
Tindakan yang diambil Pemerintah Makkah, Twitter Makkah Government Official

Guna membersihkan ribuan serangga tersebut, pihak Pemkot Makkah telah membentuk 22 tim dengan rincian 138 orang guna membasminya. Mereka membawa sekitar 111 alat pembasmi. Terlihat di dalam beberapa foto yang bereda, tim ‘pembersih’ serangga itu menyemprotkan asap di Masjidil Haram dan juga di sekitarnya supaya serangga-serangga tersebut mati.

Ada pula di beberapa foto sejumlah petugas yang mengenakan seragam hijau dan biru membersihkan bangkai-bangkai serangga tersebut. Pemkot Makkah sejauh ini serius membasmi serangga-serangga di beberapa tempat reproduksi dan berkembang biak, di areal selokan ataupun juga sumber air terbuka. Hal ini lantaran serangga hidup dalam lokasi yang lembab.

Fenomena yang Begitu Langka di Makkah

Seperti yang dikutip dari The National, seorang warga yang tinggal di sekitaran Ka’bah bernama Abdulwhab Soror (64) menjadi salah satu saksi mata yang melihat banyaknya serangga dimana-mana, tidak hanya di pekarangan dan di sekitaran Ka’bah juga. “Saya telah hidup di Makkah seumur hidup dan tidak pernah menyaksikan hal seperti ini,” papar Abdulwhab Soror.

Sampai berita ini diturunkan belum diketahui apakah serangga-serangga tersebut sudah berhasil dibersihkan sepenuhnya atau belum. Next

ramadan

Mural di Surabaya, Gambar-gambar Penuh Kreasi di Kota Pahlawan Bisa Jadi Spot Foto Mengasyikan!

Tempat bermalam Instagenci di Bogor

Tempat Menginap Instagenic di Bogor, Penggila Sosmed Wajib Merapat!