in ,

Stadion Bola Ikonik di Dunia, Ada yang Jadi Saksi Gol ‘Tangan Tuhan’

Stadion Bola Ikonik Dunia yang Pernah Jadi Saksi Piala Dunia

Stadion Bola Ikonik di Dunia
Stadion Bola Ikonik di Dunia

Kabar gembira di bidang sport tourism kembali mendatangi Indonesia. Setelah terpilih sebagai tuan rumah MotoGP 2021, rupanya Piala Dunia U-20 2021 pun akan diselenggarakan di Indonesia. Nah, sebelumnya terdapat stadion bola ikonik di dunia yang menjadi saksi pertandingan akbar tersebut. Di mana saja?

Baca juga : Sate Apaleh, Kuliner Aceh Legendaris Favorit Bulan Ramadan

Wembley Stadium, Inggris

Wembley Stadium via Shutterstock

Pecinta sepak bola tentunya sudah familiar dengan Wembley Stadium yang berada di London, Inggris. Stadion bola ikonik dunia ini beroperasi secara resmi mulai Maret 2007. Di tempat inilah beragam pertandingan sepak bola dilaksanakan seperti final Piala Dunia tahun 1966.

Wembley ini mempunyai beberapa keistimewaan salah satunya adalah mampu memuat sekitar 90 ribuan penonton, luasnya saja kira-kira 1 kilometer. Sehingga ia pun dinobatkan sebagai yang terbesar di Inggris dan terbesar kedua di Eropa.

Stadio Azteca, Meksiko

Stadion Bola Ikonik di Dunia
Stadio Azteca via Shutterstock

Stadio Azteca dipakai sebagai arena pertandingan final Piala Dunia tahun 1970 dan 1986. Nah, pada tahun 1986 itulah stadion di Meksiko ini menjadi saksi dari gol ‘tangan Tuhan’ yang dicetak oleh Diego Maradona. Tidak heran stadion ini menjadi salah satu yang ikonik di dunia.

Masih ada lagi kehebatan Azteca ialah ia mampu mempunyai kapasitas kurang lebih 87 ribuan kursi. Sehingga menjadikannya stadion yang terbesar di Meksiko.

Allianz Arena, Jerman

Allianz Arena via Shutterstock

Jerman pun punya stadion bola ikonik yaitu Allianz Arena yang menjadi terbesar kedua di negara ini dan terbesar ke-10 di Eropa. Arena ini merupakan salah satu tempat perhelatan Piala Dunia 2006.

Stadion yang berada di Munchen ini punya eksterior unik mirip perahu karet, maka ia pun mendapat julukan Schulauchboot. Keunikan lain Allianz adalah ia merupakan stadion pertama di dunia yang eksteriornya dapat berubah warna.

Old Trafford Stadium, Inggris

Old Trafford Stadium via Shutterstock

Old Trafford Stadium juga merupakan salah satu stadion bola ikonik yang berlokasi di Greater Manchester, Inggris. Arena ini pernah menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 1966.

Old Trafford yang punya julukan The Theatre of Dreams ini punya kapasitas sekitar 88 ribuan kursi. Sehingga ia menjadi stadion terbesar ke-2 setelah Wembley Stadium.

Maracana Stadium, Brazil

Maracana Stadium via Shutterstock

Selanjutnya adalah Maracana Stadium yang pernah menjadi salah satu arena Piala Dunia 1950. Stadion bola ikonik yang punya nama resmi Estadio Jornalista Mario Filho berlokasi di Rio de Janeiro, Brazil. Tempat ini mempunyai kapasitas sekitar 96 ribuan penonton.

Luzhniki Stadium, Rusia

Stadion Bola Ikonik di Dunia
Luzhniki Stadium via Shutterstock

Stadion bola ikonik berikutnya adalah Luzhniki Stadium di Moskow, Rusia yang memiliki daya tampung kira-kira 81 ribuan penonton. Tidak heran bila stadion ini menjadi yang terbesar di Rusia. Saat negara ini menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Luzhniki menjadi salah satu venue untuk pelaksanaan finalnya.

6 stadion bola ikonik di dunia tersebut telah menjadi saksi perhelatan pertandingan sepak bola akbar. Indonesia pun akan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2021. Teman Traveler sudah siap menyambut perhelatan akbar tersebut? Next

ramadan

Sabana 1 Gunung Merbabu, Mendaki Bukan Melulu Soal Puncak

Mie Ayam Klamud, Nikmati Mie di Dalam Kelapa Muda