in

7 Tempat di Dunia dengan Tarif Parkir Setara harga Sebuah Mobil Sport

fiparkir
fiparkir

Beberapa waktu lalu, di Indonesia ada satu hal yang cukup menghebohkan, khususnya di dunia maya. Yaitu perihal masalah tanda larangan berhenti dan larangan parkir. Permasalahan tersebut sempat menjadi viral dan bermunculan meme-meme terkait hal itu.

Baca juga : Memanjakan Pendaki, Gunung Fuji Siap Dipasangi WiFi

Bukan mengulas masalah tanda larangan parkir atau berhenti di Indonesia, namun di berbagai negara di dunia pastinya memiliki regulasi khusus tentang parkir kendaraan. Walaupun caranya berbeda dengan yang ada di Tanah Air, yaitu tidak adanya tukang parkir yang akan senantiasa menjaga kendaraan di pinggir jalan. Jika di Indonesia, tarif parkir untuk kendaraan bermotor dapat dikatakan murah dan dapat terjangkau, berikut ini ada beberapa tempat di dunia yang tarif larangan parkirnya justru setara dengan harga sebuah mobil, bahkan lebih.

1. Di sekitar area Trafalgar Square, London

Dengan total populasi penduduk yang hampir mencapai 8,3 juta jiwa dan termasuk kota metropolis yang berisikan berbagai kepentingan di dalamnya, London juga termasuk salah satu negara dengan jumlah mobil yang tidak sedikit di dunia. Ketika Anda berjalan-jalan ke Kota London, maka disarankan untuk tidak memarkirkan kendaraan di sekitar area Trafalgar Square. Hal ini dikarenakan tarif parkir di sekitar daerah tersebut sangat mahal.

Di sekitar area Trafalgar Square, London [image source]
Di sekitar area Trafalgar Square, London [image source]
Menurut laporan yang pernah dipublikasikan CNN, untuk tarif parkir bulanan, seseorang dapat menghabiskan uang sekitar USD 1,084. Sedangkan jika diparkirkan di garasi khusus, maka tarifnya juga lebih tinggi atau sekitar USD 62,25 per harinya. Jadi dapat dikatakan bahwa, rata-rata dalam setiap tahunnya, seseorang yang parkir di sekitar area Trafalgar Square akan menghabiskan dana sekitar USD 22,700 atau Rp 314, 16 juta lebih. Jumlah yang banyak bukan.

2. Bandara Chicago, Chicago

Untuk parkir di sebuah bandara, ada tarif khusus yang akan dikenakan kepada pemilik kendaraan yang pada  memang cukup mahal dibandingkan tarif parkir reguler pada umumnya. Dan hal tersebut juga berlaku di seluruh bandara di dunia.

Bandara Chicago, Chicago [image source]
Bandara Chicago, Chicago [image source]
Akan tetapi, Anda akan dibuat terperanjat jika mengetahui tarif parkir yang ditetapkan di sekitaran area Bandara Chicago. Di tempat tersebut, hanya untuk berhenti dan mengantar atau menjemput seseorang, pemilik kendaraan tidak boleh dengan sembarangan memarkirkan mobilnya. Karena sudah tersedia lahan khusus untuk itu.

Dan tarif yang dikenakan untuk satu mobil, baik itu hanya sebentar atau lama, cukup mahal. Tarif parkir yang dikenakan untuk satu mobil jika dihitung dalam satu tahun adalah sebesar USD 105,761 atau sekitar Rp 1,46 miliar lebih per tahunnya. Gila!

3. GM Building, New York

New York adalah kota yang sangat terkenal di dunia dan memiliki jumlah populasi yang sangat banyak. Selain karena jumlah populasinya, di tempat ini juga merupakan salah satu pusat perdagangan dan terdapat banyak sekali bangunan serta real estate tersohor di dunia. Bagi yang pernah berkunjung ke Kota New York, pastinya mengerti ada satu bangunan megah dan tersohor di sana, yaitu GM Building.

GM Building, New York [image source]
GM Building, New York [image source]
Untuk memarkirkan kendaraan di GM Building, maka Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karena memang di tempat ini tarif parkirnya sangat mahal. Semua orang yang menempati bangunan ini harus mengeluarkan dana sekitar USD 316,800 per tahunnya atau sekitar Rp 4,38 miliar lebih, hanya untuk parkir saja per tahunnya.

4. Hong Kong, Hong Kong

Di negara yang telah memisahkan diri dari Cina beberapa tahun lalu ini juga merupakan salah satu sentra bisnis dunia. Banyak alur perdagangan yang keluar masuk Hong Kong setiap harinya. Selain itu, di kota ini juga terkenal dengan populasi penduduknya yang sangat banyak, tentu saja hal tersebut membuat seseorang yang memiliki mobil akan kesulitan ketika harus memarkirkan kendaraannya.

Hong Kong, Hong Kong [image source]
Hong Kong, Hong Kong [image source]
Untuk mendapatkan tempat parkir di Hong Kong adalah gampang-gampang susah. Dibilang susah karena lahan parkirnya terbatas dan dikatakan mudah atau gampang karena ada lahan parkir khusus namun harganya gila-gilaan. Untuk memarkirkan kendaraan di Hong Kong di tempat biasa, Anda harus mengeluarkan dana kurang lebih USD 9,000 per tahunnya. Sedangkan di tempat yang sangat eksklusif dan terjamin keamanannya, maka uang yang harus dikeluarkan juga tergolong besar, yaitu USD 460,000 per tahun atau sekitar Rp 8,85 miliar lebih.

5. Barclays Center, Brooklyn

Kembali ke Negara Paman Sam. Ada sebuah tempat di Brooklyn bernama Barclays Center yang dimiliki oleh seorang selebritis terkenal Amerika Serikat, Jay-Z. Di tempat ini merupakan basecamp dari tim bola basket yang ikut dalam gelaran NBA, yaitu Nets.

Barclays Center, Brooklyn [image source]
Barclays Center, Brooklyn [image source]
Dikarenakan ada sisi bisnis yang menempel di Barclays Center. Tentu saja usaha dalam bidang jasa apapun juga akan menguntungkan, salah satunya adalah dalam hal penyediaan lahan parkir. Untuk memarkirkan kendaraan di Barclays Center, seorang pemilik kendaraan harus mengeluarkan dana sebanyak USD 1 juta per tahun hanya untuk parkir saja atau setara Rp 13,84 miliar lebih.

6. Ritz Hotel, Paris

Paris memang salah satu kota yang menjadi favorit para turis karena memiliki banyak keunikan dan keindahan baik di dalam atau di pinggiran kotanya. Selain menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di dunia, Paris juga merupakan sentra bisnis di Perancis yang tentu saja segala hal yang ditawarkan di tempat tersebut akan sangat mahal.

Ritz Hotel, Paris [image source]
Ritz Hotel, Paris [image source]
Di Paris ada satu hotel yang sangat mewah dan terkenal, yaitu Ritz Hotel. Dikarenakan kemewahannya itu, tarif menginap satu malam saja kurang lebih sebesar USD 22 ribu. Bahkan jika ada seseorang yang menyewa kamar hotel dalam waktu setahun, maka ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk memarkirkan kendaraannya yang dikalkulasi dalam satu tahun akan mencapai USD 7,9 juta atau setara dengan Rp 109,3 miliar lebih.

7. Hamilton Scotts, Singapura

Di Asia Tenggara, Singapura adalah salah satu pusat perdagangan yang selalu ramai setiap harinya. Dikarenakan tidak semua orang atau pebisnis atau juga para pelancong yang akan langsung pulang ke negara asalnya, maka mau tidak mau harus menginap di hotel atau rumah singgah di Singapura. Ada satu tempat yang sangat spesial dan mewah di Singapura bernama Hamilton Scotts yang memiliki 30 lantai. Selain memiliki sisi kemewahan, di tempat ini Anda juga mendapatkan tempat parkir khusus yang berada persis di dalam kamar tempat Anda menginap.

Hamilton Scotts, Singapura [image source]
Hamilton Scotts, Singapura [image source]
Untuk menaikkan kendaraan sampai tingkat paling atas pun juga bukan suatu masalah, karena ada lifter khusus yang digunakan oleh pihak pengelola. Tentu saja karena kemewahan dan fasilitasnya tersebut, biaya parkirnya juga tergolong mahal dan tidak menjadi satu dalam tarif sewa kamarnya, yaitu sebesar USD 24 juta atau lebih dari Rp 332,16 miliar.

Pusing bukan? Jika hampir semua tempat di Indonesia memiliki tarif parkir seperti tempat-tempat di atas, dipastikan akan banyak pemilik kendaraan yang kebingungan untuk memarkirkan kendaraannya. Bahkan mungkin dapat menekan populasi kendaraan yang menjadi salah satu penyebab macet dan polusi suara juga udara di Tanah Air. Next

ramadan

Di Cafe-cafe Ini, Para Pelayannya Berpakaian Super-Minim Sampai Topless

13 Destinasi Wisata Purbalingga Ini Akan Membuatmu Takjub