in

7 Tempat di Dunia yang Tidak Boleh Dikunjungi Wanita

Di Tempat-tempat berikut ini, hanya pria yang boleh datang sedangkan wanita dilarang keras berkunjung meskipun warga lokal. Alasannya beragam, mulai dari menjaga kesucian tempat hingga alasan keamanan dan keselamatan. Dilansir Travelingyuk dari Telegraph inilah 9 tempat di dunia yang terlarang bagi kaum hawa.

Baca juga : 7 Museum Kedokteran Terkenal Di Dunia

Gunung Omine, Jepang

Gunung Omine [image source]
Gunung Omine termasuk tempat suci bagi umat Shinto. Untuk menjaga kesucian tersebut, maka dibuatlah aturan bahwa hanya pria saja yang boleh datang. Pun demikian, bukan berarti semua wilayah gunung terlarang. Lebih tepatnya hanya bagian Nara.

Gunung Omine [image source]

Kuil Lord Ayyappa, India

Kuil Ayappa India [image source]
Kuil Lord Ayyappa adalah tempat ibadah umat Hindu yang terletak di Sabarimala. Pengelola kuil menerapkan aturan wanita dengan rentang umur 10-50 tahun dilarang berkunjung dengan alasan mereka tidak suci lantaran masih mengalami menstruasi. Aturan ini telah diberlakukan sejak tahun 1991.

Kuil Ayappa India [image source]

Gunung Athos, Yunani

Gunung Athos [image source]
Gunung Athos terletak di utara Yunani di mana ada sekitar 2.000 biksu yang menjalani pertapaan dan bagian dari 20 biara Ortodoks Timur. Sebenarnya hanya para biksu saja yang boleh datang ke sini, tapi orang luar tetap bisa berkunjung dengan meminta izin khusus terlebih dahulu. Syaratnya tamu tersebut bukan perempuan. Tradisi larangan perempuan ke Gunung Athos telah berlangsung selama ribuan tahun.

Gunung Athos [image source]

Masjid Haji Ali Dargah, India

Masjid Haji Ali Dargah [image source]
Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai juga menerapkan larangan berkunjung bagi wanita, tapi bukan untuk semua bagian masjid. Di dalam lingkungan masjid terdapat sebuah makam yang sangat disucikan sampai-sampai wanita dilarang menginjakkan kaki di kawasan makam tersebut. Menurut kepercayaan warga setempat bahwa kehadiran wanita di makam laki-laki muslim yang suci dianggap sebagai sebuah dosa besar.

Masjid Haji Ali Dargah [image source]

Kuil Jain, India

Kuil Jain India [image source]
Masih di India, Kuil Jain juga terlarang untuk wanita. Aturan ini tentu membuat para wanita merasa terdeskriminasi sehingga banyak protes muncul. Ada juga tempat ibadah lain yang menerapkan larangan serupa. Diantaranya Patbausi Satra di Assam, kuil Sree Padmanabhaswamy di Kerala, hingga kuil Lord Kartikeya di Pushkar.

Kuil Jain India [image source]

Pemakaman, Arab Saudi

Pemakanan di Madinah [image source]
Arab Saudi adalah salah satu negara di Timur Tengah yang menerapkan syariat Islam dengan sangat ketat. Sehingga nampak jelas sekat pemisah antara pria dan wanita bukan muhrim di negara ini. Salah satu buktinya adalah larangan wanita untuk masuk ke area pemakaman.

Pemakanan di Madinah [image source]

Stadion Sepakbola, Iran

Stadion Azadi [image source]
Jangan heran jika sebuah pertandingan sepakbola di Iran penontonnya hanya kaum Adam saja. Meski demikian, pemerintah Iran sedikit melonggarkan aturan dengan memberikan izin pada beberapa wanita menyaksikan pertandingan olahraga di dalam stadium setelah banjir aksi protes terhadap aturan tersebut.

Stadion Azadi [image source]
Baca Juga :15 Tempat Wisata Bandung, Kota Kembang Yang Selalu Dikenang

Itulah tempat-tempat di dunia yang terlarang bagi wanita. Apakah daerahmu juga punya tempat seperti itu? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

6 Makanan Khas Asli Lombok, Dijamin Nikmat

Traveling Menyusuri Jejak Islam di Yunani Lewat Tzistarakis Mosque