in , ,

Tradisi Idul Adha di Beberapa Negara, Ada yang Menghias Hewan Kurban

fi tradisi idul adha beberapa negara

Sebentar lagi umat muslim seluruh dunia akan merayakan hari raya kurban, berikut ini ada tradisi Idul Adha di beberapa negara. Berbeda dengan Indonesia bahkan ada yang menghias hewan kurban sebagai kebiasaan menyambut hari raya suci umat Islam. Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Januari Liburan ke Malaysia? Bakal dapat Bonus Festival Thaipusam di Batu Caves

1. China

china
Ilustrasi via pexels RODNAE Productions

Pertama ada China yang merayakan Hari Raya Idul Adha dengan berkumpul bersama keluarga dan saling berbagi bingkisan. Kemudian mengumandangkan takbir serta salat di masjid, perayaan ini berlangsung selama empat hari.

2. Bangladesh

bangladesh
Ilustrasi via pexels RODNAE Production

Selanjutnya di Bangladesh akan mudik ke kampung halaman merayakan Idul Adha, beramai-ramai pergi ke masjid untuk beribadah dan mengaji juga dilakukan. Selain itu makan-makan berkumpul bersama keluarga merupakan tradisi turun temurun di sana.

3. Maroko

maroko
Ilustrasi via instagram delightofsisters

Maroko juga memiliki kebiasaan sama seperti Bangladesh yaitu beribadah dan mengaji di masjid kemudian seperti Indonesia, masyarakatnya menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada keluarga kurang mampu.

Perbedaannya masyarakat Maroko akan menyantap hidangan khas Idul Adha bernama Mrouzia dan Boulfaf yang terbuat dari rempah-rempah diolah bersama daging domba menciptakan cita rasa daging yang manis dan asin.

4. Uni Emirat Arab

uea
Ilustrasi via pexels Mehndi Training Center

Kemudian di Uni Emirat Arab mempunyai tradisi Hari Raya Idul Adha memakai pakaian baru, tangan anak-anak dan wanita akan dihiasi henna. Lalu para wanita akan mengecat rambut mereka dan menggunakan parfum. Seperti umat Islam lainnya masyarakat UEA juga menyembelih hewan kurban serta memberikannya kepada keluarga yang kurang mampu.

5. Turki

turki
Ilustrasi via instagram ohaordu

Berikutnya ada Turki yang memiliki tradisi unik yaitu menghias hewan kurban sebelum disembelih. Hewan kurban ini akan dimandikan sampai bersih, dicat dengan henna dan dipasangkan pita warna-warni. Setelah itu akan disembelih serta dimasak untuk dimakan bersama keluarga dan tetangga terdekat.

Sebelum itu akan dilaksanakan salat Idul Adha kemudian mengunjungi makam keluarga, mendatangi tetangga dilanjutkan menyembelih hewan kurban dan makan bersama.

Demikian ulasan tradisi Idul Adha di beberapa negara sebagai perayaan hari suci umat Islam. Di Indonesia apa saja tradisinya Teman Traveler? Next

ramadan
fi booba glamping cisarua

Booba Glamping Cisarua, Menginap di Alam Ala Jepang

fi tradisi menyambut Idul Adha di Indonesia

Tradisi Menyambut Idul Adha di Indonesia, Unik dan Sakral Ada Jemur Kasur