in

Travel Like Local, Buat Anda yang Tak Ingin Jadi Turis di Negara Lain

Letakkan kamera dan gadget Anda [image source]
Letakkan kamera dan gadget Anda [image source]

Ada wisatawan yang ingin menikmati perjalanan serba mewah dengan pelayanan kelas satu saat mengunjungi sebuah negara. Tapi banyak juga traveler yang lebih ingin merasakan kehidupan sebagai penduduk lokal.

Baca juga : Begini Potret Pria yang Rela Jungkir Balik untuk Fotoin Pasangannya

Selain bisa mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan, travel like local juga memungkinkan Anda menghemat biaya liburan. Yuk, simak bagaimana caranya liburan ala penduduk lokal!

1. Pelajari bahasa setempat

Tak akan jadi masalah jika Anda mengunjungi negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Tapi kalau Anda berniat liburan ke negara yang tak mengenal bahasa Inggris, pastikan untuk mempelajari bahasa setempat sebelum berangkat. Tak perlu berusaha menguasai hingga benar-benar jago, cukup pahami beberapa kata kunci. misalnya saja untuk menyapa, berkenalan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf.

pelari bahasa setempat [image source]
pelari bahasa setempat [image source]

Penting juga menguasai beberapa kalimat untuk menanyakan arah dan menyebutkan harga saat menawar suatu barang. Jangan lupa hafalkan beberapa kalimat pujian yang bisa Anda lontarkan saat berinteraksi dengan masyarakat setempat. Anda akan lebih mudah berbaur dengan penduduk lokal ketika bisa berbicara bahasa mereka.

2. Jadilah Fleksibel

Jangan terikat dengan jadwal perjalanan yang terlalu ketat. Bebaskan diri Anda seolah sedang melakukan perjalanan di kota sendiri. Hindari hotel, dan pilih penginapan kecil yang terletak di tengah lokasi padat penduduk. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa home stay di rumah penduduk lokal.

Jadilah fleksibel [image source]
Jadilah fleksibel [image source]

Dan ketika Anda ingin berlibur layaknya penduduk lokal, hindari menyewa tour guide. Kalau ingin menemukan lokasi wisata menarik, mintalah rekomendasi dari penduduk lokal atau temukan sendiri saat Anda menjelajah.

3. Eat local food

Kadang, restoran yang biasa dikunjungi para turis justru tak akrab di lidah penduduk lokal. Karena resotran-restoran ini menyediakan masakan yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang asing. Kalau Anda ingin berbaur dengan penduduk setempat, carilah tempat makan yang banyak dikunjungi orang lokal.

Eat local food [image source]
Eat local food [image source]

Anda bisa blusukan ke pasar-pasar dan berhenti di penjual street food. Selain harganya lebih murah, Anda bisa merasakan cita rasa lokal yang tak ada duanya. Kalau memilih untuk masak sendiri, Anda juga lebih baik berbelanja di pasar tradisional daripada di supermarket.

4. Letakkan kamera dan gadget Anda

Mana ada penduduk lokal yang berkeliling dengan kamera besar tergantung di leher mereka? Kalau ingin merasakan jadi penduduk setempat dan segala pengalaman menakjubkan lainnya, batasi interaksi Anda dengan kamera dan gadget.

Letakkan kamera dan gadget Anda [image source]
Letakkan kamera dan gadget Anda [image source]

Perbanyak eksplorasi di daerah-daerah yang belum banyak didatangi wisatawan asing. Dekati penduduk lokal dan lakukan komunikasi secara hangat. Anda memang tak akan mendapatkan banyak foto bagus yang bisa dipamerkan di media sosial. Tapi pengalaman dan kenangan yang Anda rasakan di lokasi tersebut akan terekam selamanya dalam memori.

Perjalanan wisata sebagai penduduk lokal memang tak akan senyaman saat Anda melakukan liburan ala koper. Tapi percayalah, ada lebih banyak pelajaran dan pengalaman yang akan Anda dapatkan.Ketika kembali ke negara tersebut untuk ke dua kalinya, Anda seperti pulang ke kampung halaman karena sudah tahu seluk-beluknya dan tak lagi canggung berkomunikasi dengan penduduk lokal. Next

ramadan

Serba-Serbi Wisata Kota Batu, Destinasinya Lengkap Punya!

8 Tempat Paling Direkomendasi Untuk Melihat Gerhana Matahari