in ,

Serba-Serbi Wisata Kota Batu, Destinasinya Lengkap Punya!

Alun-Alun Kota Batu, via instagram

Traveler yang punya rencana traveling di kawasan Jawa Timur tentu tidak boleh melewatkan Kota Batu sebagai salah satu destinasinya. Daerah yang secara resmi menjadi kota otonom lepas dari Kabupaten Malang per tanggal 17 Oktober 2001 ini memiliki segudang destinasi yang patut untuk kalian sambangi.

Baca juga : Hostel di Bali dekat Wisata Belanja, Puas Borong Buah Tangan Untuk Keluarga

Layak memang jika Kota Batu mendapatkan julukan De Kleine Zwitserland atau Swiss kecil di tanah Jawa. Hampir seluruh wilayahnya memancarkan aura yang keren sekalipun alun-alun kota. Lantas apa saja destinasi yang wajib dikunjungi di Kota Batu? Berikut Travelingyuk rangkum 15 tempat di Batu yang wajib traveler buru.

1. Sebelum Menjelajahi Kota Batu Singah Dulu ke Songgoriti Buat Men-Charge Energi

Ada baiknya mengumpulkan energi sebelum menjelajahi keberagaman destinasi wisata di Kota Batu yang bakal menguras tenaga. Salah satu tempat yang pas untuk dikunjungi adalah Wisata Songgoriti Batu yang terletak di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, tepat berada di kaki Gunung Banyak.

Wisata Songgoriti Batu, via instagram
Wisata Songgoriti Batu, via instagram

Tempat ini menawarkan suasana pegunungan yang sejuk, kolam renang, outbond, pemandian air panas, taman- taman mempesona, danau air panas serta Pasar Wisata Songgoriti Batu yang menjual beberapa kerajinan tangan/souvenir yang dibuat sendiri oleh penduduk kawasan Songgoriti. Jam operasional obyek wisata ini antara pukul 07.00 – 17.00 WIB.

2. Mampir ke Alun-Alun Kota Batu yang Paling Keren se-Indonesia

Obyek wisata di Kota Batu memang banyak dan bagus-bagus. Buktinya tempat rekreasi gratisannya saja bisa sekeren ini. Yap, buat traveler yang mencari tempat murah, gratis tapi tidak murahan bisa berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu. Alun-alun ini menjadi sangat mewah setelah mengalami renovasi dan disebut-sebut sebagai salah satu yang paling kece di negeri ini.

Alun-Alun Kota Batu, via instagram
Alun-Alun Kota Batu, via instagram

Alun-alun Kota Batu memang didesain berbeda dengan kota lainnya. Di kawasan tamannya terdapat bianglala permanen yang menjadi ciri khasnya. Selain itu alun-alun ini juga dilengkapi dengan playground anak-anak, ruang informasi berbentuk strawberry, serta patung bentuk apel yang menjadi ikon daerah tersebut.

3. Omah Kayu, Penginapan Keren di Atas Pohon Menghadap Kota Batu

Traveler yang suka sekali bernostalgia masa kecil perlu berkunjung ke Omah Kayu. Dijamin akan puas dengan suguhan yang ada di sana. Ada rumah pohon di bibir jurang yang menghadap ke Kota Batu sehingga jika menginap di dalam satu rumah pohon ini para tamu akan disuguhi dengan gemerlap lampu kota.

Omah Kayu, via instagram
Omah Kayu, via instagram

Biaya menginap di Omah Kayu ini sekitar Rp.250.000-Rp.300.000 per malam. Tapi jika hanya mau foto-foto di terasnya saja juga bisa dengan membayar beberapa ribu rupiah. Lokasinya yang berada di atas sebuah bukit membuat udara di kawasan ini sangat sejuk apalagi dari kejauhan terlihat hamparan area persawahan serta jajaran bangunan di tengah kota. Tidak sulit kog menemukan tempat kece ini, traveler tinggal berkunjung ke kawasan Gunung Banyak.

4. Spot Paralayang Gunung Banyak, Destinasi Untuk Adrenaline Junkie

Gunung Banyak yang menjadi lokasi keberadaan Omah Kayu nyatanya juga sangat bersahabat untuk para adrenaline junkie alias pecinta kegiatan ekstrim pemacu adrenalin. Pasalnya di kawasan ini pula digunakan sebagai lokasi start paralayang. Paralayang di Kota Batu ini adalah salah satu yang paling keren di Indonesia dengan pemandangan alam dan perkotaan yang begitu serasi.

Paralayang Gunung Banyak, via instagram
Paralayang Gunung Banyak, via instagram

Makanya jangan sampai tidak memasukkan Paralayang di Gunung Banyak sebagai salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi di Kota Apel. Atraksi menantang “maut” bisa kamu cicipi saat berada di lokasi. Kegiatan ini bisa dicicipi oleh mereka yang sudah profesional maupun mereka yang cuma bermodal nekad. Jika memang punya cukup nyali tapi belum berpengalaman bisa melakukan olahraga ekstrim ini dengan cara tandem dengan pemandu profesional. Tentu butuh dana sekian ratus ribu untuk mencoba aktivitas ini.

5. Jatim Park 1, Dufan-nya Kota Batu

Traveler yang tinggal di Jawa Timur jika mau liburan ke taman rekreasi seperti di Dufan tinggal datang ke Jatim Park 1. Taman rekreasi ini berada di Kota Batu atau di lereng timur Gunung Panderman sehingga punya udara yang sangat sejuk. Di dalamnya terdapat 56 wahana permainan baik yang bertujuan untuk senang-senang maupun wahana sarat edukasi.

Jatim Park 1, via instagram
Jatim Park 1, via instagram

Jatim park 1 menjadi ikon dan kebanggaan provinsi Jawa Timur yang mana taman bermain ini pernah dinobatkan sebagai juara 1 kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beberapa wahana seru yang bisa pengunjung coba antara lain kolam renang raksasa, spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, Volcano, Galeri Nusantara, Science Center, Flumride and Mythologies, dan miniatur beragam candi di Indonesia. Tiket masuk ke dalam Jatim Park 1 sekitar Rp. 55 ribu pada hari biasa dan Rp. 75 ribu pada akhir pekan dan hari libur nasional. Tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

6. Jatim Park 2 Tempatnya Secret Zoo dan Museum Satwa

Di Kota Batu terdapat dua Jawa Timur Park (Jatim Park). Setelah puas bermain-main di Jatim Park 1 yang memang dibuat sebagai sarana rekreasi yang penuh dengan wahana permainan, traveler bisa melanjutkan untuk mengunjungi saudaranya yaitu Jatim Park 2 yang didesain lebih pada keperluan edukasi.

Jatim Park 2, via instagram
Jatim Park 2, via instagram

Jatim Park 2 terdiri dari Museum Satwa, Secret Zoo dan juga Hotel Pohon Inn. Di dalam Museum Satwa traveler bisa melihat aneka koleksi hewan langka yang telah diawetkan termasuk fosil binatang purba yang didatangkan dari berbagai negara. Sedangkan Secret Zoo memelihara aneka satwa dari berbagai dunia dengan konsep modern dimana kandang satwa dibikin menyerupai habitat aslinya. Tiket masuk ke dalam obyek wisata ini untuk weekday 70.000 Rupiah sedangkan untuk weekend dan hari libur 100.000 Rupiah.

7. Taman Selecta, Destinasi di Kota Batu Yang Seperti di Eropa

Tahun lalu dunia per-travelingan digegerkan oleh aksi selfie dan perusakan taman bunga amarilis di Gunung Kidul. Tentu aksi serupa diharapkan tidak terjadi di taman-taman bunga lainnya termasuk di Taman Wisata Selecta di desa Tulungrejo, Kota Batu. Ini adalah destinasi wisata yang paling banyak digandrungi oleh kaum hawa.

Taman Selecta, via instagram
Taman Selecta, via instagram

Meskipun Taman Wisata Selecta memiliki wahana seperti taman wisata hiburan, kolam renang dan juga area outbond tapi yang paling terkenal dan paling banyak disinggahi traveler adalah taman bunganya. Taman bunga di Selecta ini mengoleksi berbagai jenis bunga berwarna-warni yang mengubah suasana sekitar menjadi seperti di Eropa.

8. Taman Bunga Matahari yang Mirip Seperti di Hokkaido, Jepang

Salah satu destinasi wajib kunjung traveler yang berada di Jepang adalah daerah di pulau Hokkaido yang memiliki taman bunga matahari yang sangat luas. Nah, pemandangan seperti itu juga bisa traveler jumpai di Kota Batu kalau mau berkunjung ke kawasan peternakan kuda Starmega di dalam komplek Panderman Hill.

Taman Bunga Matahari, via instagram
Taman Bunga Matahari, via instagram

Traveler yang masuk ke dalam taman ini tidak dipungut biaya hanya saja mekarnya bunga matahari tidak setiap hari traveler jumpai. Butuh timing yang tepat jika mau foto-foto keren di tengah taman bunga matahari seperti yang tengah hits dilakukan traveler di instagram. Kalau kebetulan datang dan bunga matahari sedang tidak berbunga traveler masih bisa jalan-jalan di area peternakan kuda dan foto-foto bareng hewan lambang kejantanan ini.

9. Melihat Kendaraan Jadul yang Keren-Keren di Museum Angkut

Siapa bilang wisata ke museum itu membosankan? Coba dulu deh masuk ke Museum Angkut yang ada di Kota Batu. Image membosankan dari sebuah museum akan sirna seketika saat traveler melihat koleksi kendaraan antik dari berbagai negara. Yap, museum ini menawarkan sesuatu yang berbeda, bukan benda-benda purbakala melainkan kendaraan jadul yang mempesona.

Museum Angkut, via instagram
Museum Angkut, via instagram

Tiket masuk ke dalam museum memang terbilang mahal sekitar Rp.60.000 untuk weekdays dan Rp.80.000 untuk weekend, belum lagi traveler yang membawa kamera profesional akan dikenakan biaya tambahan. Selain pajangan kendaraan jadul mulai dari mobil yang dipakai Presiden Soekarno dan kendaraan jadul lain di dunia ternyata museum ini juga memiliki kawasan yang didesain menyerupai kawasan di luar negeri. Dijamin deh tidak akan bosan seharian berkeliling ke Museum Angkut.

10. Pemandian Air Panas Cangar, Buat Kamu yang Mau Merelaksasi Otot Tubuh

Selain Songgoriti, Kota Batu masih punya pemandian air panas lainnya yang wajib traveler singgahi yaitu Pemandian Air Panas Cangar. Menurut beberapa informasi pemandian Cangar ini airnya mengandung belereng yang sangat baik untuk merilekskan otot-otot tubuh yang tegang serta menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, hingga penyakit kulit.

Pemandian Air Panas Cangar, via instagram
Pemandian Air Panas Cangar, via instagram

Pemandian Air Panas Cangar sangat pas dikunjungi saat kamu sudah seharian penuh jalan-jalan mengelilingi Swiss Kecil ini. Tiket masuknya yang tidak sampai sepuluh ribu rupiah tergolong sangat murah mengingat banyak manfaat yang akan traveler dapatkan. Selain menyehatkan setelah berendam di air panasnya tubuh dijamin akan segar bugar kembali.

11. Coban Rais, Pecinta Petualangan Wajib Tandang Ke Destinasi Ini

Kota Batu tercatat memiliki sejumlah air terjun keren. Hal ini dipengaruhi oleh lokasinya yang berada di daerah pegunungan. Salah satu air terjun cantik tersebut bisa traveler jumpai di  Dusun Dresel, Desa Oro-Oro ombo, Kota Batu. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Coban Rais.

Coban Rais, via instagram
Coban Rais, via instagram

Coban Rais memiliki pemandangan yang indah meski untuk menuju ke lokasi traveler harus menyiapkan stamina yang prima lantaran treknya yang cukup jauh dan menantang. Tapi sesampainya di lokasi traveler akan disuguhi pemandangan alam yang begitu menawan apalagi jika berada di lokasi saat petang. Langit malam penuh bintang di temani suara gemercik air terjun main membuat suasana kian adem. Air terjun lain yang bisa traveler singgahi adalah Coban Talun dan Coban Putri.

12. Predator Fun Park, Sarana Wisata Yang Menyediakan Wahana Hiburan, Edukasi Hingga Kuliner Ekstrim Dalam Satu Paket

Luangkan waktu untuk datang ke alamat Jalan Raya Tlekung Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Di sana ada destinasi wisata seru bernama Predator Fun Park, taman wisata yang baru dibuka pertengahan 2015 lalu yang menggabungkan tiga pengalaman wisata mulai dari Wahana Hiburan, Edukasi hingga Kuliner Ekstrim dalam satu paket.

Predator Fun Park, via instagram
Predator Fun Park, via instagram

Di dalamnya terdapat penangkaran buaya sebagai wahana wisata bertemu predator. Untuk hiburannya traveler ditawarkan untuk menikmati kegiatan memancing di kolam pemancingan. Sedangkan wisata ekstrimnya berupa warung-warung makan yang menyajikan aneka olahan daging buaya mulai dari sate hingga soto. Jam buka obyek wisata ini mulai pukul 08.30-16.30 WIB. Tiket masuk ke dalam obyek wisata ini adalah Rp. 25 ribu per orang.

13. Wisata Edukasi di Museum Tubuh Bagong Adventure, Belajar Mengenal Anggota Tubuh

Satu lagi destinasi yang tidak boleh terlewatkan saat liburan di Kota Batu yaitu Museum Tubuh bagong Adventure. Museum ini terletak di Jalan Kartika No 2 Kota Wisata Batu atau masih satu kompleks dengan obyek wisata Jatim Park 1. Museum Tubuh ini memiliki bangunan yang unik menyerupai karakter bagong dan terdiri dari 6 lantai di dalamnya.

Museum Tubuh Bagong Adventure, via instagram
Museum Tubuh Bagong Adventure, via instagram

Di dalam museum tubuh terdapat 13 zona diantaranya Zona Otak, Gigi, Mata, Telinga, Mulut, Hidung, Tulang, Jantung, Hati, Paru-paru, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, dan beberapa zona-zona bagian tubuh lainnya. Pengunjung juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi cek gula darah, cek kolesterol, cek asam urat, tensi darah, cek berat badan ideal, cek tinggi badan ideal, cek osteoporosis dan cek kesehatan mata. Museum Tubuh ini buka setiap hari mulai pukul 8.30 sampai dengan pukul 16.30 WIB.

14. Wisata Malam di Kota Batu? Bisa! Datang ke Batu Night Spectacular

Buat kamu yang tinggal di area Malang atau pernah kuliah di sana tentu tidak asing dengan obyek wisata satu ini. Batu Night Spectacular (BNS) tempat yang paling asyik untuk menghabiskan malam di kota yang terkenal memiliki udara yang dingin. Obyek wisata ini pun memang tersedia khusus pada sore hingga malam hari. Jam operasionalnya saja baru dimulai pukul 3 sore.

Batu Night Spectacular, via instagram
Batu Night Spectacular, via instagram

Di dalam Batu Night Spectacular terdapat banyak wahana permainan yang bisa dicoba pengunjung, beberapa di antaranya adalah sepeda terbang, taman lampion, trampolin dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menjadi surga belanja sebab di sepanjang jalan menuju pintu keluar terdapat deretan toko suvenir hingga food court. Biaya masuk ke BNS sendiri berkisar antara Rp.20.000 untuk weekdays dan Rp.25.000 saat weekend, biaya ini belum termasuk biaya untuk menaiki wahana-wahana yang ada di dalamnya.

15 Tidak Afdol Jika Liburan di Kota Apel Tapi Tidak Berkunjung ke Wisata Petik Apel

Liburan di Malang apalagi Kota Batu sangat tidak afdol jika tidak mengunjungi Agrowisata Petik Buah Apel. Banyak perkebunan apel yang dibuka untuk wisata agro adalah satu yang menjadi pilihan adalah wisata petik apel Agro Rakyat yang ada di daerah Bumiaji, desa Agrowisata.

Wisata Petik Apel, via instagram
Wisata Petik Apel, via instagram

Lokasi agrowisata petik buah apel ini tidak jauh dari Jatim Park dan Batu Secret Zoo. Dari Malang dapat ditempuh selama 40 menit berkendara. Perkebunan apel ini bisa traveler jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sebelumnya traveler harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 20 ribu per orang. Dengan dana itu traveler bisa memetik buah apel dan memakan sepuasnya. Tapi jika mau membawa pulang maka harus membayar lagi sesuai bobot apel yang dipetik.

Rasanya terlalu mini jika membahas potensi wisata Kota Batu dan hanya menyebutkan 15 destinasi diantaranya. Travelingyuk yakin masih banyak destinasi lain yang tersimpan di secuil tanah Swiss ini. Kamu yang punya rekomendasi lainnya bisa menuliskannya di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Ingin Liburan Lebih Berkesan, Museum-Museum Terbaik Ini Layak Masuk Daftar Kunjungan!

Letakkan kamera dan gadget Anda [image source]

Travel Like Local, Buat Anda yang Tak Ingin Jadi Turis di Negara Lain