in

Dari Gereja Ortodoks sampai Klub Dugem, Semuanya Ada di Moskow

Berpredikat sebagai ibu kota Rusia, Moskow memang selalu tampak ramai dan sibuk. Masyarakatnya berjalan sebat dan cepat, bahkan nyaris berlari, di tengah lalu lintas yang padat dan macet. Meski demikian, Moskow juga memiliki berbagai sisi lain yang menarik untuk disimak lebih lanjut.

Baca juga : Laundry Terbesar di Dunia ada di India!

Apa saja sisi lain tersebut dan bagaimana daya pikatnya? Yuk, simak keberagaman kota Moskow berikut ini:

 1. Lanskap Berbagai Zaman

Hanya di Moskow Anda bisa berwisata melintasi zaman. Bukan dalam pengertian melintasi ruang dan waktu seperti dalam film science-fiction, melainkan melihat keberagaman lanskap yang dibangun dari berbagai abad. Syaratnya mudah, Anda hanya perlu berjalan kaki dan menyusuri trotoar yang terbentang di kota Moskow.

Kremlin
Kremlin [Image Source]

Dimulai dari Kremlin atau Museum Kolomenskoe, Anda bisa mendapati jejak arsitektur dari zaman Rusia kuno. Menuju ke The Moscow Estate, Anda akan dibuai oleh indahnya arsitektur zaman romantik dari abad ke-18. Kediaman Maxim Gorky justru menampilkan sesuatu yang lain, yakni gaya Art-Nouveau yang dibangun oleh F. Shechtel di awal abad ke-20. Berikutnya, Moscow Central Avenues dan Jalan Tverskaya merupakan tempat yang sarat akan rona Kekaisaran Uni Sovyet.

2. Taman Kota

Salah satu lanksap yang dibanggakan masyarakat Moskow adalah taman kota. Meskipun berada di tengah hiruk-pikuk ibu kota, taman-taman di Moskow justru membawa suasana asri yang alami. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berpiknik, jalan-jalan, olahraga, maupun menonton konser.

The Gorky Park
The Gorky Park [Image Source]
Taman kota yang paling banyak dikunjungi masyarakat adalah The Gorky Park. Tidak sekadar asri, taman yang namanya diambil dari tokoh kenamaan Rusia ini juga menjadi spot paling hijau yang ada di Moskow. Ada pula taman Sokolniki dan Fili yang tidak kalah asri dan hijau.

3. Gereja dan Biara

Tidak kurang dari 790 gereja ortodoks berdiri kokoh di Moskow. Di samping menjalankan fungsi sebagai tempat ibadah, gereja ortodoks di Moskow juga menjadi tempat pelestarian lukisan dan seni terapan yang telah berusia ratusan tahun. Selain itu, gereja ortodoks juga menjadi tempat bersemayam bagi tokoh politik dan militer Rusia.

Vysokopetrovsky
Vysokopetrovsky [Image Source]
Selain gereja ortodoks, Moskow juga memiliki biara yang tersebar di perbatasan kota. Menurut sejarah, biara –biara tersebut memiliki fungsi ganda sebagai tempat tinggal biarawan dan benteng pertahanan di zaman perang. Baik struktur maupun konstruksinya didesain dengan mengutamakan pertahanan, sehingga masyarakat Moskow bisa berlindung di dalamnya saat terjadi serangan. Beberapa biara yang masih bertahan sampai sekarang antara lain Vysokopetrovsky, Rogdestvensky, dan Sretensky.

4. Pusat Hiburan Malam

Bersaling kelindan dengan gereja dan biara, pusat hiburan malam juga tumbuh subur di Moskow. Anda bisa menemukan bar, klub dugem, konser, maupun pesta dengan berbagai tema yang Anda inginkan.

Noon Bar
Noon Bar [Image Source]
Kalau Anda ingin menghabiskan malam dengan suasana positif, ada baiknya Anda mengunjungi Noon Bar. Di sini Anda bisa menikmati cocktails dan snack yang dijamin menggugah selera. Sementara itu, hiburan malam yang lebih liar bisa Anda dapatkan di Propaganda. Diiringi oleh alunan musik menghentak dari DJ Sanches, Anda bisa mengikuti berbagai pesta, seperti dance party dan gay party.

Dengan keberagaman seperti tersebut di atas, tidak salah lagi kalau Moskow adalah kota yang memiliki berbagai sisi istimewa, tidak sekadar sibuk dan macet. Tertarik untuk mengunjunginya? Next

ramadan

Written by andi

andi

Eksplorasi 11 Tempat Wisata Paling Oke di Kabupaten Natuna

Traveling ke Pulau Penyengat, Ada Masjid Dibangun dengan Telur!