in

Wales, ‘Sempalan’ Inggris Raya yang Memesona

http://brightwallpapers.com/

Ditilik dari segi wilayah, sejarah, dan bahasa, Wales boleh jadi memang bertautan dengan Inggris Raya. Tapi dalam urusan wisata, Wales justru memiliki pesona yang tidak ada tandingannya di Inggris Raya belahan mana pun.

Baca juga : Laguna di Laut? Bukan, Laguna Ini Ada di Gurun Pasir!

Baik lanskap dari zaman ksatria sampai bangunan modern Wales masa kini, semuanya memiliki daya pikat tersendiri. Berikut adalah destinasi wisata terbaik yang ditawarkan oleh ‘sempalan’ Inggris Raya yang satu ini:

Caernarfon

Memiliki akar budaya Celtic, tak pelak menjadikan Wales sebagai negara yang dianugerahi banyak kastil. Salah satunya adalah kastil dari abad ke-13 di Caernarfon, sebelah utara Wales. Selain dibangun sebagai kediaman Raja Edward I, kastil Caernarfon juga menjadi benteng pertahanan militer terbesar di Wales.

Caernarfon
Caernarfon [Image Source]
Konon, salah satu kamar di kastil Caernafron merupakan tempat kelahiran putra Raja Edward I yang diberi nama Prince of Wales. Sayangnya, bagian dalam kastil telah ludes akibat perang dan pencaplokan wilayah, menyisakan lubang pertahanan, jembatan, menara, dan dinding-dinding benteng.

Brecon Beacons National Park

Bukan hanya kastil, ternyata Wales juga tersohor dengan taman nasionalnya. Brecon Beacons National Park merupakan satu dari sekian taman nasional yang ada negara berbendera naga ini. Dengan sepasang bukit setinggi 900 meter yang lantas dijadikan namanya, keasrian Brecon Beacons National Park juga disempurnakan oleh bentangan padang rumput, sungai berbatu, dan air terjun bernama Sgwd yr Eira.

Brecon Beacons National Park
Brecon Beacons National Park [Image Source]
Selain keindahan alam yang maha dahsyat, Brecon Beacons National Park juga memiliki berbagai peninggalan arkeologi dari berbagai zaman. Sebut saja Cairn dari zaman Neolithikum, bebatuan dari zaman Perunggu, benteng pertahanan dari zaman Besi, dan kastil-kastil Normandia.

 Hay-on-Wye

Sekilas lalu, Hay-on-Wye memang tampak sebagai kota kecil dengan nama ‘nyeleneh’ yang berbatasan langsung dengan Brecon Beacons National Park. Namun kalau disaksikan dengan saksama, di sela-sela deretan gedung batu yang ada Hay-on-Wye justru berdiri 12 toko buku legendaris. Tak ayal, Hay-on-Wye mendapatkan gelar terhormat sebagai The National Book Town.

Hay-on-Wye
Hay-on-Wye [Image Source]
Salah satu agenda tahunan yang digelar di Kota Buku Nasional ini bertajuk Hay Festival. Disponsori oleh koran kenamaan Guardian, Hay Festival telah dimulai dari tahun 1988 dan mampu menyedot perhatian 80.000 pengunjung setiap tahunnya. Di sini, pengunjung bisa mengikuti berbagai diskusi dengan para penulis, filosof, dan seniman.

Cardiff

Terletak di sebelah tenggara Wales dan menjabat sebagai ibu kota negara sejak tahun 1955, Cardiff telah melakukan berbagai proyek raksasa untuk memajukan potensi wisatanya. Dua di antaranya adalah Millennium Sports Stadium yang memiliki 74.200 kursi dan Wales Millennium Centre sebagai pusat pertunjukan seni.

Cardiff
Cardiff [Image Source]
Meskipun demikian, Cardiff juga tidak ‘melupakan’ peninggalan sejarahnya. Cardiff Castle yang dibangun pada abad ke-11 masih berdiri lestari sampai sekarang. Begitu juga dengan National Museum Cardiff yang menyimpan berbagai tembikar Romawi dan perhiasan emas dari zaman Perunggu.

Dengan keberagaman destinasi wisata yang unik dan penuh pesona tersebut di atas, tidak heran kalau Wales menjadi ‘sempalan’ Inggris Raya yang banyak diimpikan oleh wisatawan. Tertarik mengunjunginya?

  Next

ramadan

Written by andi

andi

Ternyata Tempat Wisata Banyak Dikunjungi Wisatawan ini Menyimpan Mitos yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Wajib Kunjungi 4 Tempat Ini Jika Anda yang Ingin Merasakan Manisnya Surga Cokelat