in , ,

5 Hal Penting Saat ke Korea Selatan yang Perlu Diketahui

Tips saat pergi ke Korea Selatan

fi 5 hal korsel

Setelah pandemi ini apa rencana liburan Teman Traveler? Jika salah satunya adalah mengunjungi Negeri Ginseng, ada beberapa tips bisa memudahkan perjalanan. Berikut 5 hal penting saat ke Korea Selatan yang perlu diketahui. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga : Bukan Tempat Wisata, 5 Lokasi di Korea Selatan Ini Instagram-able Banget

1. Ketahui Musim dan Pakaian yang Dibawa

pakaian yang dibawa
Ilustrasi via pexels Ketut Subiyanto

Teman Traveler harus mengetahui musim yang sedang berlangsung sebelum mengunjungi Korsel. Karena dengan itu bisa mempersiapkan pakaian yang pas untuk dipakai dan dibawa. Selain itu menghindari salah kostum juga lho!

Negara terkenal dengan Hallyu Wave ini memiliki 4 musim yaitu dimulai dari musim semi pada bulan Maret sampai Mei. Musim panas pada Juni hingga Agustus, kemudian bulan September dan November adalah musim gugur. Sedangkan musim dingin berlangsung di bulan Desember sampai Februari.

2. Menggunakan Transportasi Umum

transportasi umum
Ilustrasi via pexels Pixabay

Selanjutnya saat berencana berkeliling pada daerah di Korsel, sebaiknya Teman Traveler menggunakan transportasi umum. Seperti Korean Train Express atau KTX, kapal feri, bus, dan taxi. Hampir seluruh Kota memiliki jalur subway, kereta bawah tanah ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Perlu diperhatikan adalah kebiasaan lokal atau etika saat menaiki kereta ini, karena diujung gerbong biasanya dikhususkan untuk ibu hamil, lansia dan para difabel. Jadi jangan sembarangan duduk saat di kereta ya!

3. Punya Kartu Transportasi

kartu transportasi
Ilustrasi via pexels Keira Burton

Kemudian jika berencana menggunakan transportasi umum ada baiknya memiliki kartu transportasi. Kartu ini memudahkan Teman Traveler dalam melakukan transaksi pembayaran angkutan umum. Ada tiga opsi utama yaitu kartu tur (Korean Tour Card), T-money dan cashbee.

Kartu ini biasanya tersedia pada bandara, toko swalayan dan pada stasiun kereta bawah tanah. Setelah memiliki kartunya, Teman Traveler bisa mengisi dengan sejumlah uang.

4. Peak Season di Musim Panas

peak season
Ilustrasi via pexels Ethan Brooke

Teman Traveler juga harus mengetahui peak season di musim panas saat memasuki bulan Juni hingga Agustus. Akan terjadi lonjakan jumlah turis lokal yang meredakan suhu panas dengan menghabiskan waktu di pantai, pegunungan dan pulau-pulau. Biasanya harga akomodasi juga akan melonjak dua kali lipat.

Sebaiknya Teman Traveler merencanakan perjalanan pada bulan September hingga Oktober, karena cuaca yang panas menjadi lembab. Sehingga bisa bepergian dengan nyaman.

5. Hati-hati Saat Ada Demonstrasi

demonstrasi
Ilustrasi via pexels Kelly Lacy

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah di Korsel sangat sering terjadi aksi demonstrasi. Kerumunan ini bisa berujung pada kerusuhan, maka Teman Traveler sebaiknya menghindari dan berhati-hati. Selalu memperbarui berita demo di sekitar, biasanya kerap terjadi di dekat pangkalan militer AS.

Demikian 5 hal penting saat ke Korea Selatan yang perlu diketahui, tips berguna saat mempersiapkan liburan di Negara asal Lee Min ho ini, Teman Traveler! Next

ramadan
Tahu Gimbal Dilla

Tahu Gimbal Dilla, Kuliner Semarang yang Terkenal

Gudeg Bu Mari

Bukan Manis, Incip Sensasi Pedas Gudeg Solo Bu Mari