in , ,

Bukan Manis, Incip Sensasi Pedas Gudeg Solo Bu Mari

Gudeg Bu Mari
Gudeg Bu Mari

Seperti Jogjakarta, Kota Solo juga terkenal dengan kuliner khasnya, yakni gudeg. Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan untuk berwisata kuliner gudeg yakni di Warung Spesial Nasi Gudeg Bu Mari. Warung Gudeng yang berada di jalan Gatot Subroto ini merupakan warung gudeg yang cukup melegenda. Bahkan, warung ini sudah ada sejak 60 tahun silam. Tak heran, banyak wisatawan dari luar Solo yang mampir untuk mencicipi kelezatan gudeg ini. Di warung gudeg ini juga terdapat banyak pilihan lauk sebagai pendamping gudeng. Salah satunya ayam suwir.

Baca juga : Bukit Kanari, Tempatnya Para Jomblo Mencari Jodoh

Aneka pilihan gudeg di warung Bu Mari (c) Fisca/Travelingyuk

Salah satu ciri masakan gudeg di warung Bu Mari ini yaitu rasa pedas. Berbeda dengan selera kebanyakan orang Jogjakarta dan Solo yang lebih menyukai rasa manis. Rasa pedas makanan ini bukan berasal dari gudeg, melainkan dari kuah sambal goreng yang dibuat sangat pedas. Bila kurang pedas, bisa tambah cabe rawit utuh.

Aneka pilihan gudeg di warung Bu Mari (c) Fisca/Travelingyuk

Warung Spesial Nasi Gudeg Bu Mari ini dapat menjadi pilihan tepat untuk berwisata kuliner. Selain gudeg, menu makanan berupa bubur lemu juga disajikan di warung ini. Makanan itu cocok untuk menu sarapan. Berbeda dengan gudeg Jogjakarta, gudeg Bu Mari warnanya terlihat lebih pucat.

Aneka pilihan gudeg di warung Bu Mari (c) Fisca/Travelingyuk

Warung Spesial Nasi Gudeg Bu Mari ini mempunyai keunggulan lain, yakni warung ini buka 24 jam penuh. Rata-rata pengunjung yang datang berasal dari Jawa Timur. Namun, tidak sedikit yang datang dari luar pulau seperti Kalimantan, Tangerang, Jakarta, dan lain-lain.

Pembeli dapat memilih lauk-pauk apa pun di warung ini, namun harga setiap lauk-pauknya berbeda-beda. Untuk satu porsi gudeg dengan lauk ayam suwir, dibanderol dengan harga Rp 17 ribu. 

Aneka pilihan gudeg di warung Bu Mari (c) Fisca/Travelingyuk

Meski bukan tergolong makanan mewah, namun di warung ini, makanan tradisional berbahan nangka muda itu disulap menjadi makanan nikmat. Bahkan, selain masyarakat biasa, gudeg ini juga menjadi langganan para tokoh nasional dan artis.

warung Bu Mari (c) Fisca/Travelingyuk

Warung ini termasuk populer di kalangan tokoh dan artis nasional. Hal itu terlihat dari banyaknya foto-foto artis dan tokoh yang dipajang di atas meja besar. Tokoh-tokoh seperti Hatta Rajasa, Irfan Hakim, Amien Rais, hingga Megawati Soekarno Putri pernah mencicipi kenikmatan gudeg ceker ini

warung Bu Mari (c) Fisca/Travelingyuk

Selain warung yang berada di jalan Gatot Subroto ini, Warung Spesial Nasi Gudeg Bu Mari juga membuka cabang di jalan Dr Rajiman Laweyan, Solo tepatnya di samping Batik Krisna. Bila berkunjung ke Solo, jangan lupa mencicipi gudeg pedas bu Mari. Next

ramadan
fi 5 hal korsel

5 Hal Penting Saat ke Korea Selatan yang Perlu Diketahui

fi fenomena astronomi

Fenomena Astronomi Pada Maret 2021, Bulan Lebih Dekat Dengan Bumi