in

5 Makanan Khas Temanggung yang Fenomenal dan Wajib Kamu Incip

Kota Temanggung dengan ikonnya yang sentrik. Foto via www.javatravel.net

Temanggung salah satu kota di Jawa Tengah ini selain terkenal dengan tembakau srintil dan kopinya, juga terkenal dengan kulinernya yang memiliki nama yang unik dan nyentrik. Meskipun memiliki nama yang unik dan nyentrik, rasa dari makanan khas Temanggung ini tidak bisa diragukan lagi dan bikin nagih lho. Berikut ulasan beberapa makanan khas Temanggung yang aduhai.

Baca juga : Instagenic Alert! Empat Kafe Berwarna Pastel di Jakarta

Sogo Gono

Sego Gono salah satu makanan khas Temanggung. Foto via twitter.com

Sego ini merupakan salah satu makanan khas Temanggung yang terbuat dari nasi, dicampur dengan daun lembayung, kacang panjang, kelapa dan ikan teri. Karena racikannya, tampilan Sego Gono memang terlihat kurang menarik, tapi jangan salah, rasanya yang lezat dan gurih dari Sego Gono, membuat Sego Gono selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang ke kota Temanggung. Sego Gono sangat lezat jika disajikan dengan kentang dan jeroan sebagai lauknya. Biasanya disajikan dengan alas daun pisang sehingga aroma sangat khas. Buat kamu yang belum mencoba nikmatnya rasa dari Sego Gono, dijamin akan ketagihan saat kamu mencobanya.

Empis Empis

Empis Empis tempe yang lezat. Foto via Foodnesia.Net

Belum lengkap rasanya jika sedang berkunjung di kota Temanggung tidak mencicipi kuliner yang satu ini, yaitu empis-empis. Makanan ini adalah masakan berbahan dasar tahu, tempe, sayuran, cabe hijau, dan tetelan daging yang diolah dengan santan menggunakan bumbu komplit tanpa diulek (dirajang). Secara tampilannya empis-empisĀ ini mirip dengan sayur lodeh.

Bagi yang suka makanan pedas, menu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin makan dengan bercucuran keringat. Rasa pedas gurihnya empis-empis siap memanjakan lidah dan bikin kamu ketagihan. Kenikmatan rasanya akan semakin bertambah jika disantap bersama nasi hangat. Selain rasanya yang nikmat, tempe yang digunakan untuk membuat empis-empisĀ bukan tempe biasa lho. Masyarakat Temanggung biasanya menggunakan tempe bongkrek, yaitu tempe yang terbuat dari kedelai dan ampas kelapa.

Endas Borok

Jangan sentimen dulu, namanya memang terkesan aneh dan lebih terbesit suatu penyakit, tetapi tidak jika di kota Temanggung. Ndas Borok adalah makanan khas enak dan lezat dari kota Temanggung. Jika kamu artikan dalam bahasa Indonesia, maka artinya Kepala Borokan. Dinamakan Ndas Borok karena tampilannya seperti kepala yang borok. Ndas borok adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa dan singkong yang di atasnya ditaburi gula jawa yang meleleh ketika dikukus.

Kudapan Manis nan Enak khas Temanggung. Foto via Kabartravel.com

Meskipun tampilan dan namanya terdengar kurang menyenangkan, Ndas Borok menjadi makanan favorit masyarakat Temanggung karena rasanya yang nikmat. Singkong dan gula jawanya yang lumer saat dikukus menciptakan rasa yang gurih dan manis. Sekali coba, rasanya mau lagi dan lagi. Ndas Borok biasanya disajikan sebagai camilan bapak-bapak yang bekerja di sawah.

Ketan Gudig

Ketan dengan tampilan bintik bintik seperti gudig. Foto via restaurantguru.com

Ketan Gudig biasanya disajikan ketika acara hajatanatau perayaan tertentu. Namun saat ini sudah banyak yang menjual karena peminat Ketan Gudig sangatlah banyak. Makanan ini terbuat dari kacang gelandang dan beras ketan. Seperti namanya, makanan ini memiliki bentuk dan warna yang bertotol-totol hitam seperti kulit yang terkena penyakit gudig. Meskipun namanya unik dan terkesan menjijikkan, Ketan Gudig banyak disukai karena rasanya yang sedap, manis, gurih menjadi satu dimulut dan juga Ketan Gudig menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan.

Bajingan

Bajingan makanan khas temanggung terbuat dari singkong. Foto via idntimes.com

Ekstrem sekali ya Bun makanan satu ini, yaitu Bajingan. Tapi jangan salah, nama tersebut salah satu nama makanan khas Temanggung yang sangat lezat. Bajingan ini terbuat dari singkong yang dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan. Sebagai bahan utama Bajingan, singkong yang digunakan adalah singkong yang berkualitas dengan tekstur halus dan empuk serta cita rasa yang manis lembut. Next

ramadan

Glamping di Curug Cipamingkis, Keluar Tenda Langsung Pemandangan Tepi Sungai

Jamboo Kingdom Hotel & Resort Tulungagung, Selangkah Langsung Ada Waterpark