in ,

5 Tradisi di Jepang Ini Bikin Kamu Melongo

Menambah daya tarik Negeri Sakura

Jepang adalah negara dengan budaya dan keindahannya yang menakjubkan. Tidak hanya itu, ternyata ada beberapa tradisi di Jepang yang unik, bahkan bisa bikin Teman Traveler melongo saking takjubnya. Berikut ulasannya!

Baca juga : Pasangan Ini Buat Foto Prewedding di 5 Benua Hanya Dengan Bantuan Tripod!

1. Kebiasaan Umum Mengadopsi Anak Laki-Laki

Ilustrasi Ibu dan anak via Shutterstock

Kebiasaan mengadopsi anak laki-laki di negara ini sudah berlangsung sejak abad ke-13. Anak laki-laki dalam keluarga memegang peranan penting dalam tradisi Jepang. Mereka selalu dipercaya memimpin atau memegang usaha keluarga. Kalau hanya memiliki anak perempuan? Mengadopsi anak jadi alternatif terbaik.

2. Punya Taman Artistik dan Instagramable

Kuil Daigo-Ji di Kyoto, Jepang via Shutterstock

Kualitas tanah di Jepang disebut-sebut menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan terdapat ungkapan, “Apa saja yang jatuh di tanah Jepang bisa jadi tanaman”. Hal ini yang juga sesuai dengan prinsip hidup warganya yang ingin hidup harmonis dengan alam.

Hasilnya, beragam taman dengan bentuk dan warna yang cantik dibangun. Beberapa di antaranya bahkan terlihat sangat indah saat musim gugur.

3. Loyalitas Tanpa Batas di Tempat Kerja

Seorang wanita Jepang sedang melayani konsumen via Shutterstock

Sudah menjadi tradisi di Jepang bahwa loyalitas nomor satu. Tidak hanya pada keluarga, tapi juga pada tempat bekerja. Ketika ‘tradisi’ pindah-pindah pekerjaan sudah sangat umum di negara lain, di sini kalian tidak akan menemukan hal semacam itu.

Sebaliknya, Teman Traveler akan menjumpai orang-orang yang sudah puluhan tahun mengabdi di 1 pekerjaannya. Hal ini terkait dengan pola pikir orang Jepang yang merasa kesejahteraan hidupnya sangat bergantung pada kesuksesan perusahaannya.

4. Bikin Pesta Pernikahan Bertemakan Pokemon

Post image
Lucunya pernikahan bertema anime Jepang via Reddit

Orang Jepang dikenal kreatif dan inovatif. Tak hanya memengaruhi kehidupan sehari-hari, namun juga tradisi warganya. Maka jangan heran, banyak sekali hal unik ditemukan di negara ini, salah satunya adalah pesta pernikahan bertemakan anime populer Jepang.

5. Orang-Orangnya Panjang Umur, Bahkan Bisa di Atas 100 Tahun!

Elderly people work out with wooden dumbbells in Tokyo
Lansia Jepang sedang berolahraga via Bloomberg

Orang Jepang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia, yaitu 84 tahun. Saat ini saja, sudah ada lebih dari 30.000 orang yang berusia di atas 100 tahun. Ada beberapa alasan kenapa hal itu bisa terjadi.

Pertama, fasilitas kesehatan di Jepang sudah semakin maju. Kedua, kualitas hidup warga sendiri sangat baik karena terbiasa mengonsumsi hidangan organik. Ketiga, kaum lansia di Jepang sangatlah dihargai dan dihormati. Hal ini membuat tingkat stres mereka menurun sehingga hidup jadi lebih produktif.

Demikian ulasan singkat mengenai tradisi dan hal unik di Jepang. Semakin bikin penasaran kita buat berwisata ke sana, bukan? Next

ramadan
Berfoto di Cemara Besar

Cemara Besar, Surga Tak Berpenghuni di Karimunjawa

Bakso Priangan Mang Yayat

Bakso Priangan Mang Yayat, Kuliner Malang dengan Rasa Dewa