in , ,

8 Kuliner khas Palu Menjadi Incaran Para Traveler

Bawang Goreng Palu yang gurih dan lezat
Bawang Goreng Palu yang gurih dan lezat

Palu menjadi pusat perekonomian wilayah Sulawesi Tengah dan sebagai kota kaya akan wisata kuliner. Berbabagi hidangan khas Palu menjadi favorit para traveler yang singgah dikota dengan julukan Lima Dimensi ini. Nah, apa saja si daftar makanan khas Palu yang selalu ramai diminati banyak pelanggan. Simak ulasan berikut ini

Baca juga : Nggak Cuma Religi, Banyak Wisata Demak yang Hits Abis!

Kacang Goyang

Kacang Goyang khas Palu yang begitu unik
Kacang Goyang khas Palu yang begitu unik. Foto via kebaca.com

Kacang Goyang menjadi paling populer di tanah Palu. Kacang ini seperti kacang telur namun memiliki aneka ragam warna sehingga lebih terlihat unik dan meriah. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai camilan dan pastinya oleh-oleh khas Palu

Labia Dange (Sagu Dange)

Labia Dange atau yang bisa disebut juga dengan Sagu Dange. Bahan dasar Labia Dange terbuat dari sagu. Kamu bisa mengunjungi Taman Ria untuk melihat proses pembuatan makanan ini secara langsung.

Labia Dange (Sagu Dange) makanan unik khas Plau
Labia Dange (Sagu Dange) makanan unik khas Palu. Foto via keepo.me

Teman traveler bisa langsung melihat berbagai macam tungku dan wajan yang digunakan untuk memasak terlihat di sepanjang jalan tersebut. Tidak sampai lima menit setelah memesan, Anda pun bisa menikmati olahan khas kota Palu yang berasal dari sagu ini.

Bawang Goreng Palu

Bagi yang demen mencari oleh oleh khas Palu. Pilihan bawang goreng menjadi primadona para traveler. Bawang goreng yang dikemas berbagai kemasan seperti toples dan packing plastik ini siap kamu bawa pulang untuk keluarga ataupun sahabat dikampung.

Bawang Goreng Palu yang gurih dan lezat
Bawang Goreng Palu yang gurih dan lezat. Foto via informazone.com

Perbedaan bawang goreng Palu dengan yang lain adalah terletak dari tekstur kerenyahannya serta mempunyai wangi yang begitu tajam. Sedangkan rasa yang dihasilkan oleh bawang goreng ini pun juga begitu gurih hingga kamu bakal ketagihan.

Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa menjadi pilihan sambal terlezat di kota Palu
Sambal Ikan Roa menjadi pilihan sambal terlezat di kota Palu. Foto via tribunjatim.com

Sambal ikan roa merupakan salah satu kuliner wajib ketika mengunjungi kota Palu. Sambal ini pun juga bisa untuk kamu jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Warga Palu pun selalu mengkonsumsi sambal ini dimakanan kesehariannya. Selain memiliki harga yang murah, smabal ikan roa pun juga mempunyai rasa yang khas sehingga dapat membuat orang ketagihan untuk mencobanya.

Banua Cokelat

Namanya juga cokelat, pastinya terbuat dari biji Kakao namun diolah dengan proses yang modern. Rasa cokelat yang dihasilkan sangat unik, sedikit pahit terlihat dari bahan utamanya hampir 100 persen asli dari biji cokelat dan pastinya manis sebagai tambahan agar ketika di makan sangat nikmat.

Banua Cokelat Khas Palu yang legit dan pastinya asli dari biji cokelat
Banua Cokelat Khas Palu yang legit dan pastinya asli dari biji cokelat. Foto via rumah-bumn.com

Selain sebagai camilan, Banua Cokelat ini mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama kaya akan antioksidan agar tubuh lebih tahan terhadap virus disekitar.

Kue Paranggi

Kue Paranggi yang lucu dan unik
Kue Paranggi yang lucu dan unik. Foto via youtube.com

Kue paranggi adalah hidangan sederhana yang cara pembuatannya pun cukup mudah. Akan tetapi, tentu saja rasa dari kue satu ini juga tidak akan kalah dengan kue khas Sulawesi yang lain. Sehingga tak heran jika kue paranggi merupakan kue yang begitu populer sehingga banyak dikenal oleh banyak orang, baik dari dalam ataupun luar negeri.

Tabore Donge

Tabore Donge merupakan kuliner yang terbuat dari kelapa parut dan sagu yang diberi isian di dalam adonannya. Makanan satu ini pun masih dibuat dengan cara yang tradisional yakni memakai tungku dan belanga. Untuk isiannya sendiri, makanan ini biasanya terdiri dari dua isian yakni ikan ataupun gula merah.

Duo Sale

Duo Sale makanan khas Palu yang terbuat dari ikan teri
Duo Sale makanan khas Palu yang terbuat dari ikan teri. Foto via tokopedia.com

Duo Sale salah satu makanan khas Palu yang terbuat dari ikan teri yang dibumbuhi dengan aneka ragam rempah rempah kemudian dikeringkan dan menghasilkan rasa yang begitu lezat dan pastinya pedas. Keringan ikan teri ini digunakan sebagai campuran sambal. Sehingga kuliner ini pun akan sangat cocok dihidangkan dengan nasi hangat yang masih mengepul. Next

ramadan
Empal Gentong makanan khas Cirebon paling populer

Lezatnya Makanan Khas Cirebon Tanpa Udang

Sunset indah di pantai Logpon Gorontalo

Pesona Sunset Memukau di Pantai Logpon Gorontalo