in

BESOK! Ratusan Lampion Bakal Menghiasi Langit Malam di Gumuk Pasir Parangtritis

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul DIY akan menggelar acara festival lampion di Gumuk Pasir Parangtritis pada hari Sabtu 7 Oktober 2023 pukul 22.30 WIB.

Festival Lampion di Gumuk Pasir Parangtritis

Akhir pekan di awal bulan Oktober tahun 2023 ini akan disambut dengan keindahan malam di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Festival lampion akan digelar oleh Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul DIY di Gumuk Pasir Parangtritis. Acara yang akan digelar besok, tepatnya Sabtu 7 Oktober 2023 ini, berjudul Lanterna Festival de Paris (LF de Paris).

Baca juga : Mie Dan Nasi Goreng Bardi, Cita Rasa Bumbu Nusantara Khas Aceh

Dinpar akan mengajak serta pengunjung yang berada di Gumuk Pasir Parangtritis di hari itu untuk menerbangkan lampion. Terdapat 700 lampion yang akan diterbangkan bersama. Kegiatan penerbangan lampion akan dimulai pukul 22.30 WIB. Ratusan lampion akan menghiasi langit malam Jogja.

Festival Lampion di Gumuk Pasir Parangtritis
Ilustrasi penerbangan lampion via Abby Kihano/Pexels

Suasana syahdu akan tercipta, pemandangan indah pun dapat dinikmati dan diabadikan para pengunjung. Sebelum penerbangan lampion, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan musik. Dinpar Kabupaten Bantul menghadirkan Re Entertainment Band, Teko Mlaku, Fire Dance, Astroni, tari Montro, dan Jikustik sebagai puncaknya.

Tujuan digelarkan LF de Paris di Gumuk Pasir Parangtritis adalah untuk memperkenalkan wisata andalan Kabupaten Bantul. Perlu diketahui bahwa Gumuk Pasir Parangtritis memiliki sisi unik dan menjadi kebanggaan tersendiri untuk kota Jogja, khususnya Kabupaten Bantul.

Festival Lampion di Gumuk Pasir Parangtritis
Ilustrasi lampion via Leon Contreras/Unsplash

Gumuk Pasir Parangtritis menjadi satu-satunya gumuk pasir jenis barchan yang ada di Asia Tenggara. Barchan adalah tipe gumuk yang terbentuk terus berulang secara alami terbuat dari material pasir lembut dari gunung. Ekosistem ini sangat penting untuk dilestarikan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Penerbangan lampion akan dilaksanakan sesuai prosedur dan telah mendapat izin dari Pengatur Lalu Lintas Udara. Dipilihnya pukul 22.30 WIB karena sudah tidak ada aktivitas penerbangan di langit Jogja. Selain itu, Dinpar Kabupaten Bantul juga menggandeng pemadam kebakaran (damkar) dan tim kebersihan untuk kegiatan ini.

Gumuk Pasir Parangtritis
Gumuk pasir via GNFI

Demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan, damkar akan mengerahkan beberapa mobil damkar. Area Gumuk Pasir Parangtritis juga akan segera dibersihkan oleh para tim kebersihan setelah acara selesai. Pengunjung juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan.

Jangan lewatkan malam akhir pekanmu saat berada di Jogja. Kunjungi Gumuk Pasir Parangtritis dan terbangkan lampion untuk meriahkan acara. Next

ramadan
Taman Bambu Jakarta Timur

Taman Bambu Jakarta Timur, Tempat Melepas Penat Warga Ibu Kota

Dresin Kereta Mungil

Viral Video Kereta Api Mungil yang Sangat Imut, Ternyata Dresin Punya Fungsi Vital