in , , ,

Air Terjun Kembar Denalo, Salah Satu Wisata di Riau

Salah satu objek wisata yang menjadi andalan bagi kabupaten indragiri hulu atau Inhu yaitu air terjun kembar denalo, yang sudah lumayan terkenal. Dan menjadi salah satu tempat wisata yang sangat indah di Inhu. Tak jarang wisatawan yang datang berbondong-bondong untuk menikmati  keindahan alam tersebut. Sebenarnya bukan hanya air terjun denalo saja, melainkan ada Goa kambing, dan Juga Arung jeram dengan pajang sungai sekitar 13Km dengan arus yang deras.

Baca juga : 15 Tempat Wisata Populer yang Wajib Traveler Kunjungi Saat Liburan ke Jakarta Pertama Kali

Air terjun kembar Denalo yang indah dan asri. Foto via wisataindonesia.com

Namun minimnya pengelolaan pemerintah terhadap objek wisata tersebut, menjadikan potensi alam yang tersedia juga menjadi mubazir. Seperti Goa kambing, yang jarang sekali pengunjung mengetahui lokasi wisata tersebut. Jika di maksimalkan, sudah tidak mungkin tempat tersebut tidak terjamah. Dengan ketiga objek wisata tersebut, jika di kelola dengan baik pasti akan menambah minat pengunjung untuk datang ke lokasi tersebut, bukan hanya terfokus pada air terjun saja, melainkan arung jeram juga menjadi salah satu bidikan wisatawan.

Air terjun seperti kolam dengan warna toska yang indah. Foto via instagram @aldiansyah07_

Terlebih lagi, di Riau ini tidak memiliki objek wisata yang seperti itu, dan pastinya dengan pengelolaan yang benar dan cepat, serta promosi yang gencar di lakukan akan cepat tersebar ke seluruh riau, atau malah seluruh indonesia. Air terjun Denalo beradadi Desa Alim Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Jarak dari ibu kota kabupaten Inhu ini sekitar 100 Km, memang cukup jauh untuk perjalanan kesana.

Jika anda dari Rengat, maka anda harus melewati jalan litas timu menuju arah seberida, setelah sampai di simpang Blok E , simpang 3 SMP seberida, masuk saja melewati jalan lintar samudra, kemudian menuju ke arah kecamatan batang cenaku, dan kemudian ke desa Alim. Jika masih bingung anda bisa menanyakan warga setempat agar tidak tersesat, atau bisa anda manfaatkan GPS untuk ke arah desa alim.

air terjun delano dengan perjalanan yang butuh perjuangan. Foto via instagram @andrsfbrt_

Dari desa alim, jarak ke air terjun kembar denalo masih sekitar 25 Km, 15 Km pertama bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda empat maupun roda 2, namun 10 Km terakhir hanya bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda 2. Anda juga bisa memanfaatkan tour gaet yang sudah tersedia, seperti PokDarWis ( Kelompok Sadar Wisata ), di seluruh denalo.

Sebaiknya bagi para pengunjung yang ingin datang ke lokasi tersebut, disaat musim penghujan, karena saat musim hujan debit air terjun sebakin besar. Dengn ketinggian air terjun sekitar 20 meter ini sudah bisa anda dengarkan di jarak sekitar 100 meter sekitar. Dan sangat di larangbagi pengunjung untuk lompat dari ketinggian air terjun, di karenakan dalam muara air terjun hanya sekitar 10 meter, dan banyak bebatuan cadas di dasarnya. Ini di maksudkan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan di lokasi tersebut. Next

ramadan

Puncak Batu Walet, Wisata Ciamis yang Menakjubkan

Indahnya Waduk Bajul Mati di Situbondo yang Begitu Sejuk dan Asri